Solusi Rambut Rontok Yang Mudah Dilakukan

admin_ireztia

Kerusakan rambut adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh kita. Kerusakan rambut ini dapat disebabkan karena terlalu banyaknya bahan kimia yang mengenai rambut.  Rambut kering dapat mudah dikenali dengan tanda ujung bercabang, patah, kusam, dan kasar. Ya, sebenarnya, rambut kering terjadi karena kurangnya minyak dan kelembapan yang dibutuhkan rambut. Lalu seperti apa solusi rambut rontok yang gampang dilakukan?

Solusi rambut rontok yang akan dijelaskan berikut ini sangatlah mudah. Seperti apa saja solusi rambut rontong yang bisa kamu lakukan? Simak dibawah ini!

 

Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok atau alopesia adalah penurunan jumlah rambut pada kulit kepala. Sebagian besar orang pernah mengalami rambut rontok. Merupakan suatu hal yang normal untuk kehilangan 100 helai rambut per harinya. Namun jika berlebihan, terkadang ada alasan medis yang menjadi penyebab kerontokan.

Perubahan Hormon

Pola kerontokan rambut akibat hormon dikenal dengan istilah medis sebagai alopesia androgenik. Kerontokan ini biasanya terjadi pada pria berusia di atas 50 tahun, atau pada wanita setelah melewati masa menopause.

Hormon yang diduga berperan dalam proses perontokan rambut adalah dihydrotestosterone (DHT). Hormon ini dihasilkan oleh hormon progesteron. DHT akan menyebabkan folikel rambut menyusut sehingga lama kelamaan rambut akan rontok.

Pada pria, pola kerontokan akibat hormon ini bersifat khas, yakni membentuk lengkungan khas pada kedua sisi pelipis. Seiring berjalannya waktu, garis rambut akan berbentuk seperti huruf “M”. Selain di pelipis, puncak kepala juga akan mengalami kerontokan, sehingga menjadi rontok rambut total.

Bentuk kerontokan yang berbeda akan terjadi pada wanita. Kerontokan akibat hormon pada wanita akan terjadi di seluruh bagian rambut, tidak terpusat di daerah tertentu saja. Kerontokan pada wanita juga jarang sekali menimbulkan penipisan rambut di bagian-bagian tertentu.

Penyebab lain :

Selain karena perubahan hormon, kerontokan rambut juga bisa terjadi akibat kondisi-kondisi tertentu, seperti:

1. Pengaruh gizi. Asupan gizi yang buruk dapat menyebabkan helai rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan rapuh.
2. Zat kimia. Rambut yang terlalu sering menjalani proses kimia di salon juga lebih rentan mengalami kerontokan. Sering mewarnai rambut dan meluruskannya secara permanen membuat batang rambut menjadi lebih rentan patah.
3. Diabetes, sindrom Down, dan hipertiroidisme. Ketiga kondisi ini bisa menyebabkan kerontokan yang disebut alopesia areata yang ditandai dengan pitak seukuran koin besar. Kerontokan ini biasanya terjadi pada remaja serta kalangan dewasa muda. Namun sebagian besar rambut penderitanya akan kembali tumbuh setelah satu tahun.
4. Efek samping obat-obatan. Kerontokan rambut juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang biasa digunakan untuk menangani arthritis, depresi, gangguan jantung, serta tekanan darah tinggi.
5. Tekanan psikologis. Tekanan psikologis (misalnya stres).
6. Penyakit kulit dan autoimun tertentu.
7. Pengobatan Kanker.

Solusi rambut rontok yang bisa kita lakukan adalah memberi nutrisi rambut dengan cara membuat masker. Selain hemat, membuat masker sendiri akan membuat rambut kita lebih sehat karena berasal dari bahan alami.

Alpukat

Kupas alpukat matang dan tumbuk. Masukkan ke dalam mangkuk, kocok dengan minyak zaitun. (Catatan: Jangan tambahkan minyak zaitun jika rambut diwarnai. Minyak zaitun memiliki kecenderungan untuk mencerahkan warna rambut. Jadi, dalam hal ini, kita dapat menggantinya dengan minyak almond atau minyak jojoba).

solusi rambut rontok

Basahi rambut sebelum menggunakan masker rambut. Oleskan masker ke kulit kepala hingga ujung rambut. Setelah sekitar 25 hingga 30 menit, pijat kulit kepala. Bilas dan nikmati rambut lembut dan mudah diatur. Kandungan serat tinggi dari buah alpukat ini membuat aplikasinya mudah pada rambut.

Alpukat matang adalah pelembap yang bagus untuk kulit dan rambut, dan mengandung banyak nutrisi dan vitamin. Minyak alami buah ini bertindak sebagai deep conditioner untuk rambut kusam.

Telur

Banyak orang suka memecahkannya di kepala mereka karena telur membuat rambut ekstra berkilau dan halus. Telur adalah obat sederhana untuk rambut yang rusak dan kering. Kandungan protein tinggi yang ditemukan di dalamnya berguna untuk menguatkan folikel rambut. Nutrisi dalam telur bertindak sebagai deep conditioner yang membantu menambah kilau dan tekstur pada rambut kusam.

Meluruskan rambut sepanjang waktu dengan menggunakan bahan kimia yang keras, masker rambut dari telur dan minyak zaitun ini akan membantu merapikan rambut kita dan bisa menjadi solusi rambut rontok.

solusi rambut rontok

Ambil dua butir telur dan 4 sendok makan minyak zaitun dan aduk rata. Oleskan ke rambut selama 20 hingga 25 menit. Pastikan kita mengenakan shower cap setiap kali menerapkan masker rambut, karena pembungkus plastik membantu memerangkap kelembapan dan sebagai hasilnya rambut mendapatkan hidrasi yang lebih baik.

Bilas maskernya dan rambut benar-benar akan berkilau. Jangan menggunakan air panas untuk mencuci rambut. Air panas membuat telur sulit untuk dibilas dari rambut.

Pisang

Untuk menambah banyak kelembapan pada rambut yang rusak, kusam, dan kering, kita dapat mencoba masker pisang sebagai salah satu solusi rambut rontok. Lakukan ini seminggu sekali untuk rambut yang sehat dan berkilau.

Ambil satu atau dua pisang matang (sesuai dengan panjang rambut) dan campurkan. Jika ampasnya terlalu tebal, tambahkan satu sendok makan susu ke dalamnya. Bubur harus halus tanpa potongan atau gumpalan di dalamnya. (kita juga dapat menambahkan satu sendok makan minyak zaitun). Basahi rambut sebelum mengaplikasikan masker. Oleskan campuran tumbuk ke akar, kulit kepala, rambut, dan ujung rambut.

solusi rambut rontok

Ini lebih efektif daripada perawatan mahal di spa dan salon. Sifat pelembap pisang bermanfaat untuk rambut kering dan kasar. Buahnya kaya mineral dan vitamin membantu memperkuat rambut yang rusak.

Ini juga memberikan kelembaban yang dibutuhkan untuk rambut, yang membantu mencegah kerusakan dan bercabang. Aplikasi teratur ini pada rambut meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan. Bahkan, masker pisang juga dapat membantu dalam mengobati ketombe.

Ternyata bahan yang digunakan sangatlah mudah ya. Jika dilakukan dengan rutin pasti bisa menjadi solusi rambut rontok yang sangat ampuh. Selagi murah dan mudah gak ada salahnya kita lakukan. Selain itu baca juga manfaat air kelapa untuk rambut rontok.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply