Apa Saja Manfaat Air Kelapa Untuk Tubuh?

admin_ireztia

Jika membahas tentang air kelapa pasti langsung terbayang segarnya air kelapa saat memasuki tenggorokan dan diminum saat cuaca panas. Terbayang nikmat sekali ya. Nah kali ini kita akan membahas manfaat air kelapa untuk tubuh. Seperti apa saja kandungan yang ada di air kelapa dan apa kah kelebihan dan kekurangan dari air kelapa ini?

Mau tahu tentang manfaat dan kandungan yang terdapat di dalam air kelapa ini? Simak manfaat air kelapa untuk tubuh berikut ini ya.

Kekayaan alam Indonesia, banyak memberi manfaat yang baik, salah satunya buah kelapa. Air kelapa adalah isotonik alami, rendah karbohidrat dan mengandung gula alami. Air kelapa juga memiliki mineral dan serat tinggi, serta rendah kalori dan kolesterol. Minuman air kelapa adalah salah satu minuman yang paling dicari, terutama saat cuaca terik. Selain menghilangkan dahaga, air ini juga mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang.

manfaat air kelapa

Kandungan Air Kelapa

Kelapa kaya nutrisi dan serat yang tinggi sehingga melancarkan sistem pencernaan. Selain itu mengandung banyak vitamin C dan banyak elektrolit seperti kalsium, magnesium, kalium yang menyusun darah. Normalnya, konsumsi air kelapa dalam satu hari yaitu hingga 240 mililiter. Dalam 240 mililiter air kelapa itu mengandung 46 kalori dan 9 gram karbohidrat.

Air dari buah tropis ini juga baik untuk meremajakan kulit, mengeluarkan racun dalam tubuh dan bahkan melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV). Namun tak hanya itu, berkat kemajuan teknologi pangan dan kesadaran masyarakat akan kesehatan, air kelapa kini juga dimanfaatkan sebagai minuman pendamping yang bisa membuat Anda segar bugar.

Sebuah produsen minuman kesehatan, Nutrifood, menambahkan zat bernama L-Carnitine dalam produk terbarunya WRP Coco Splash. Zat ini diklaim mampu berperan sebagai pembakar lemak saat beraktivitas seperti olahraga.

Penambahan zat ini membuat tubuh membakar lemak lebih cepat saat beraktivitas. Tak hanya itu, manfaat pengganti ion tubuh pada air kelapa meningkat dua kali lipat. Rasa khas air kelapa masih kental terasa, namun rasa asam yang berasal dari kandungan vitamin C di minuman ini masih terasa. Sebaiknya konsumsi minuman satu ini dalam keadaan dingin agar terasa lebih segar.

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Kandungan air kelapa terbukti banyak memberi manfaat baik untuk tubuh. Tapi, tidak sedikit yang mengkhawatirkan bahaya air kelapa yang bisa menimpa ibu hamil. Mitos seputar air kelapa untuk ibu hamil, sudah banyak beredar di telinga masyarakat. Salah satunya, air kelapa disebut-sebut dapat memicu keguguran akibat kontraksi pada rahim.

Air kelapa mengandung elektrolit yang bisa memicu kontraksi otot. Jika diminum segelas sehari atau kurang lebih 240 mililiter per harinya itu tidak akan menyebabkan keguguran.

Selain itu  air kelapa juga mengandung vitamin C, serat, dan elektrolit untuk tubuh ibu hamil. Akan tetapi nutrisi lengkap harus dipenuhi untuk kebutuhan ibu hamil selama masa tumbuh kembang janin di rahimnya melalui jenis makanan lainnya.

Manfaat Air Kelapa Untuk Rambut

Manfaat air kelapa untuk rambut dan kulit kepala sehat. Kalian punya masalah dengan rambut? ketombe sering muncul. Uban sudah mulai terlihat. Sudah bosan dengan produk lainnya. Saatnya anda mencoba manfaat air kelapa untuk rambut sehat dan cantik.

Air kelapa memiliki banyak kandungan yang berguna untuk menyehatkan rambut dan kulit kepala anda sehingga tetap sehat. Peneliti menekankan kandungan asam laurat dalam air kelapa mampu merangsang pembelahan sel dan meregenerasi sel.

manfaat air kelapa

Begitu juga dengan sitokinin. Sitokinin adalah hormon tumbuhan yang berguna dalam merangsang pembelahan sel. Sitokinin juga berlaku untuk rambut dan menutrsi kulit rambut dan tunas rambut untuk tetap tumbuh.

Gunakan air kelapa hijau dengan garam. Lakukan di malam hari,  Siapkan garam dan satu biji kelapa hijau. Bocor kelapa hijau dibagian atasnya, lalu masukkan satu sendok garam halus.

Kemudian tutup dengan kain (jangan  terlalu rapat). Setelah beberapa jam ambil air kelapa hijau tersebut, lalu simpan dalam wadah botol. Keramaslah menggunakan air kelapa tersebut, dan jangan bilas. Bungkus kepala anda denga handuk. Biarkan hingga pagi hari lalu bilas.

Bila tidak merasa nyaman tidur menggunakan handuk dikepala, bisa juga mendiamkan handuk tersebut selama 1 jam dikepala, kemudian bilas rambu. Ulangi beberapa hari dan lihat hasilnya.

Mengurangi Uban dan Mencegah Uban

Uban juga dapat dikurangi menggunakan cara diatas, akan tetapi lebih efektif menggunakan minyak kelapa perawan alias VCO (virgin coconut oil).

manfaat air kelapa

Membantu Rambut Panjang

Air kelapa hijau dan juga air kelapa tua (coconut milk) sangat bagus untuk membilas rambut yang ingin panjang dan bersinar. Kandungan asam laurat  dan sitokinin dan nutrisi vitamin, elektrolit dalam air kelapa mampu menutrisi kulit kepala dan rambut sendiri agar tumbuh lebat dan sehat.

Baca Juga : Apa Sih Yang Menjadi Penyebab Jerawat?

Mengurangi dan Mencegah Rambut Retak/Rontok

Rambut sering rontok sudah menjadi masalah awam sepertinya, khususnya bagi wanita. Gunakan secara teratur air kelapa tua untuk dijadikan kondisioner setelah anda mandi, biarkan tanpa dibilas selama lebih dari 30 menit, lakukan 2 kali sehari selama 15 hari, dan liat hasilnya. Rambut jadi kuat, sehat dan kerontokan berkurang.

Demikianlah info seputar manfaat air kelapa untntuk tubuh. Seharusnya kita bersyukur ya, kita berada di negara yang kaya akan hasil alamnya. Sehingga dengan harga yang murah kita bisa mendapatkan air kelapa dan sangat gampang di temui. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan ingat usahakan untuk selalu hidup sehat ya!

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply