Apa Sih Yang Menjadi Penyebab Jerawat?

admin_ireztia

Siapa sih yang tidak pernah mengalami jerawatan atau merasakan saat spesial kita terasa tidak percaya diri karena ada nya jerawat di wajah kita ? Si kecil ini memang sangat menyebalkan karena munculnya ada di wajah kita. Mari kita mengulas permasalahan penyebab jerawat yang menyebalkan ini dan cara mengobatinya.

Lalu seperti apa sih cara penanganan jerawat yang tepat? Dan apa saja yang bisa menjadi penyebab jerawat yang bandel di wajah?

Jerawat

Jerawat adalah suatu kondisi kulit yang tidak normal di mana terjadi infeksi dan radang pada kelenjadi minyak pada kulit manusia. Bentuknya memang tidak sedap dipandang mata, mengganggu dan membuat kita tidak pede di depan umum. Jerawat pun juga terkadang berasa sakit jika disentuh sehingga kita ingin segera sembuh dari serngan jewarat. Jerawat tidak boleh kita sepelekan agar tidak menjadi parah.

Biasanya minyak dan lapisan kulit mati yang tidak dibersihkan akan menyumbat pori-pori dan membentuk komedo. Komedi dapat menjadi radang jika terkontaminasi bakteri propionibacterium acnes atau p acnes. Radang itulah yang disebut jerawat. Setiap orang memiliki ketahanan masing-masing terhadap bakteri p. acnes tersebut. Jerawat tidak hanya bisa muncul di wajah saja namun juga bagian lain seperti punggung, dada, lengan, kaki, pantat, dll.

Baca Juga : Cara Pakai Masker Spirulina Yang Baik dan Benar

Tidak banyak yang tahu bahwa hormon dan genetik punya andil dalam memicu jerawat, bukan standar kebersihan yang rendah. Biasanya remaja mengalami jerawat yang parah adalah karena mereka melalui perubahan hormon selama masa pubertas. Hal ini juga menjelaskan mengapa pada orang dewasa, stress yang memicu ketidak seimbangan hormon dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Jerawat bukanlah hanya hasil dari lalai mencuci wajah, tapi dapat dipicu juga karena ketidak seimbangan hormon.

Penyebab jerawat

Jerawat adalah tanda kekacauan yang terjadi pada kelenjar sebaceous, dimulai dari lapisan dermis kulitmu. Folikel rambut dapat tersumbat dengan kotoran dan minyak berlebih, meski terkadang sumbatan ini tidak terlihat di permukaan kulit.

Jadi jerawat terbentuk jika bakteri bereaksi terhadap sumbatan ini dan menjadi jerawat. Tidak semua bakteri adalah bakteri jahat. Faktanya, tubuh kita hidup berdampingan dengan trilyunan mikroba dan organisme bersel tunggal dalam damai. Mereka tidak akan mengganggu jika perlindungan kulit kita sehat.

penyebab jerawat

Tetapi, ketika perlindungan kulit kita tidak optimal, kita menjadi rentan terhadap bakteri berbahaya. Bakteri di permukaan kulit, p.acne, bereaksi dengan sebum berlebihan yang dihasilkan kelenjar sebaceous dan dapat menjadi jerawat.

Ketika bakteri bereaksi dengan pori-pori yang tersumbat, dapat membentuk jerawat. Pori-pori yang tersumbat terinfeksi dengan bakteri, dapat membengkak dan membentuk jerawat. Pembengkakkan ini disebabkan oleh cairan yang terperangkap dalam kulitmu. Sementara jerawat membesar dan membentuk titik-titik yang berwarna putih, merah, atau kuning permukaan kulitmu.

Lalu apa yang menyebabkan timbulnya bakteri p.acne?

Ketika kamu stress, dalam masa pubertas, atau dalam siklus bulanan, tubuhmu memproduksi hormon lebih banyak yang mendorong pertumbuhan bakteri p.acne. Tapi gen juga berperan dalam menentukan seberapa rentan wajahmu terhadap jerawat.

Jerawat terbentuk bukan hanya karena tidak mencuci wajahmu. Seringnya, orang-orang yang berjerawat menjadi terlalu keras dengan kulit mereka sendiri, dan pada akhirnya merusaknya. Meskipun membersihkan kotoran dan minyak berlebih yang menyumbab pori-pori dapat mencegah jerawat, membersihkan secara berlebihan juga dapat menyebabkan jerawat.

Jadi, membersihkan dapat mengurangi jerawat, tapi membersihkan secara berlebihan dapat menjadi penyebab jerawat? Membersihkan dengan produk yang tepat dapat membantu melawan jerawat, tapi melakukannya secara berlebihan dapat menyebabkan jerawat juga.

Hal ini terjadi karena membersihkan wajah secara berlebihan dapat menghilangkan minyak alami di wajahmu, menyebabkan kelenjar sebaceous yang sudah bekerja terlalu aktif untuk memproduksi lebih banyak lagi minyak. Ketika wajahmu terasa berminyak, kamu akan merasa ingin membersihkannya terus, dan akan terbentuk lingkaran yang tak berujung.

Tips cara membersihkan dan menyembuhkan jerawat wajah

1. Rajin membersihkan wajah/ muka

Rawat wajah kita sebaik mungkin dengan membuatnya tetap bersih. Kenali jenis kulit kita sebelum memilih sabun dan pembersih wajah. Sering membersihkan wajah akan sangat baik sekali tertama setelah bepergian ke tempat yang berudara kotor debu dan polusi. Bila ada dana ekstra jangan sungkan untuk facial.

Untuk perangkat pembersih muka ada baiknya memilih sabun yang khusus untuk kulit wajah yang kemudian dilanjutkan dengan lotion/ cairan pembersih wajah dengan PH normal/ PH balanced agar dapat mengangkat kotoran wajah dan minyak yang menempel erat. Dibandingkan kapas, kain lap akan jauh lebih baik dalam hal membersihkan kotoran yang menymbat pori-pori kulit muka.

Jerawat memang menggemaskan dan membuat malu. Tapi kita harus tetap menyikapi jrawat dengan kepala dingin dan tegar. Jangan pernah memijit atau memencet jerawat agar tidak terkena kotoran dan kuman yang menempel di tangan kita serta jerawat tidak infeksi. Biarkan jerawat pecah sendiri. Itu akan membuat jerawat semakin parah jika tidak disikapi dan ditanggulangi dengan baik.

2. Gaya hidup sehat

Makanlah makanan yang bergizi dan tidak berlebihan terutama makanan yang mengandung banyak minyak, banyak pengawet, berpenyedap rasa kuat, pedas, dsb. Hindarilah makanan dan minuman yang mengandung banyak lemak dan kolesterol serta makanan yang dapat memicu jerawat seperti keju, susu full cream, gorengan, dll.

Olahraga yang teratur, tidak begadang, tidak merokok, tidak mengkonsumsi narkoba, dll untuk membantu tubuh kita tetap memiliki pertahanan tubuh yang baik dan maksimal. Hindari zat radikal bebas yang dapat ditemukan dimana-mana serta menghadang dampak radikal bebas dengan minum teh atau lainnya yang mengandung antioksidan.

Jika kamu sudah melakukan tips di atas tapi jerawat tak kunjung hilang. Itu tandanya kamu butuh formula yang membersihkan secara mendalam namun tetap menjaga keseimbangan dan kelembaban kulitmu. Pilihlah produk yang aman yang memang berfungsi sebagai pembasmi jerawat tanpa merusak jaringan kulit yang sehat. Ingat ya, hal seperti lupa mencuci muka sekalipun akan menjadi salah satu pemicu penyebab jerawat.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply