Menikmati Sunset di Pantai Walakiri

admin_ireztia

Pantai Walakiri. Terletak di Pulau Sumba, lebih tepatnya berada wilayah di desa Watumbaka, kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur. Pantai ini cukup mudah diakses karena berada tidak terlalu jauh. Dengan kendaraan-memilih ke arah timur menuju Malolo. Bisa ditempuh sekitar 30 menit perjalanan dari kota Waingapu. Untuk kamu yang akan liburan ke Sumba, Nusa Tenggara Timur, jangan sampai melewatkan menikmati sunset di Pantai Walakiri yang cantik.

Baca Juga : 6 Cushion Terbaik Apakah Kamu Memakai Salah Satunya?

Sepintas pantai Walakiri sama dengan pantai lainnya. Tak ada yang aneh, hamparan pasir putih membentang. Deretan pohon kelapa dan cemara di pinggirnya, berpadu dengan pasir putih dan birunya laut. Di sebelah barat ada rumpun pohon bakau (mangrove). Tapi jika kamu berencana menim\kmati sunset di pulau Sumba, kamu harus mendatangi pantai ini.

Apakah kamu siap menikmati sunset di Pantai Walakiri? Simak dulu sampai habis ulasannya berikut ini ya! Dijamin kamu akan puas dengan keindahannya.

Ada yang unik dari pasir di pantai Walakiri. Jika kita perhatikan dengan seksama, terdapat dua jenis tekstur pasir yang berbeda antara pasir di tepi pantai dan pasir di area bekas laut yang surut. Pasir di tepi pantai memiliki tekstur seperti pasir pantai pada umumnya, yaitu butiran-butiran berwarna putih gading dan kasar. Sedangkan pasir di area bekas laut yang surut memiliki tekstur halus, menyerupai bedak.

Tapi pasirnya padat. Ketika berjalan di atasnya, kaki tidak tertanam. Uniknya lagi ada garis batas yang jelas antara kedua jenis pasir tersebut. Di sisi ujung pantai Walakiri, bertebaran pohon mangrove, ada yang besar dan banyak juga yang kecil.

sunset di pantai Walakiri

Pemandangan berubah ketika air laut surut. Keindahan pantai Walakiri pun terekspose. Saat itu kita dapat menikmati kecantikan Walakiri dengan lebih seksama. Kamu bisa berjalan dan bermain hingga cukup jauh dari tepi pantai karena area pasir pantainya pun menjadi lebih luas. Menyusuri jalan tidak akan terasa dengan menikmai keindahan mangrove. Kita juga bisa lebih leluasa memotret dari dekat deretan pohon mangrove yang ada di pantai ini.

Nah yang uniknya adalah mangrove yang masih kecil, karena rantingnya masih kecil-kecil dan daunnya belum terlalu rimbun. Rantingnya pun tumbuh tidak lurus, tapi meliuk-liuk. Seakan-akan pohon-pohon mangrove ini sedang menari.

Kemudian ada area dengan pasir yang membentuk alur garis-garis. Di area ini pasirnya putih, lembut dan lembek karena masih sedikit digenangi air laut. Meski demikian, saat berjalan kaki tidak tertanam. Di area ini juga terlihat banyak biota laut. Kita akan dengan mudah menjumpai bintang laut yang banyak bertebaran. Tak hanya itu kita akan banyak melihat siput di sekitaran pasir.

Rute dan Lokasi Pantai Walakiri

Pantai Walakiri adalah salah satu pantai indah di Sumba Timur dengan ciri khas pantai di Sumba yang cenderung tenang, landai dengan hamparan pasir putihnya. Berada tak jauh dari pusat Kota Waingapu yaitu sekitar 24 km dan dapat ditempuh sekitar 30 menit perjalanan.

sunset di pantai Walakiri

Rute untuk menuju Walakiri sangatlah mudah yaitu berada tak jauh dari jalan raya menuju arah Melolo. Sebuah kecamatan yang cukup besar di Sumba Timur. Kita dapat menyewa motor/ mobil dari Waingapu untuk menuju ke Walakiri dikarenakan susahnya transportasi umum dalam kota di Sumba.

Meskipun berada di dekat pemukiman warga dan cukup ramai dikunjung oleh para traveller baik dari dalam kota maupun luar kota. Untuk mengunjungi pantai yang indah ini kita tidak akan dikenakan tarif sama sekali oleh warga setempat.

Keunikan Pantai Walaikiri

Pantai Walakiri ini terbilang pantai yang sangat unik dan merupakan spot yang tepat untuk menunggu matahari terbenam. Penasaran uniknya? Uniknya Pantai Walakiri ini terdapat pohon-pohon mangrove kerdil yang terdapat di ujung bibir pantai. Apabila air sedang pasang sekilas seperti biasa saja, tapi tunggu sampai airnya sedikit surut.

Siluet pepohonan mangrove yang meliuk-liuk bak penari membuat Walakiri menjadi sebuah fenomena yang unik dan memanjakan mata. Ketika matahari terbenam, perpaduan antara warna langit senja dan siluet pohon mangrove terlihat sungguh artistik dan fotogenik untuk di foto dari segala arah. Jika kalian mengunjungi pantai ini utuk menikmati sunset di pantai Walakiri jangan sampai lupa menyiapkan kamera dengan baterai yang full.

sunset di pantai Walakiri

Walakiri memiliki mangrove yang unik dengan hamparan pasir putih dihiasi jajaran pohon kelapa yang memberi keteduhan dan suasana nyaman saat pengunjung berjalan menyusuri pantai. Keunikan lain dari Pantai Walakiri ini adalah terdapatnya 2 jenis tekstur pasir yang berbeda antara pasir di tepi pantai dan pasir di area bekas laut yang surut.

Pasir di tepi pantai memiliki tekstur seperti pasir pantai pada umumnya, yaitu butiran-butiran berwarna putih gading. Sedangkan pasir di area bekas laut yang surut memiliki tekstur seperti bedak atau semen basah yang kemudian kering dan mengeras. Dan uniknya lagi ada garis batas yang jelas antara kedua jenis pasir tersebut.

Fasilitas

Sedikit berbeda dengan pantai-pantai lain di Sumba Timur yang biasanya sangat sepi. Pantai ini cukup ramai karena banyak pemukiman warga di sekitarnya. Kita dapat menemukan warung-warung kecil yang menjual makanan ringan dan minuman. Tidak ada salahnya kamu mengunjungi pantai ini jika kamu sedang berada di Waingapu.

Bagaimana apakah kamu tertarik melihat sunset di pantai Walakiri? Semoga ulasan kali ini bisa dijadikan gambaran untuk kamu yang akan mengunjungi pulau Sumba. Happy travelling semuanya.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply