Si Cantik Savana Puru Kambera Pulau Sumba

admin_ireztia

Kali ini masih seputar Sumba, aku akan mengenalkan salah satu tempat yang cantik banget. Pokoknya gak boleh kamu lewatkan ketika mengunjungi Tanah Sumba. Tempat itu adalah si cantik Savana Puru Kambera. Savana Puru Kambera ini cukup terkenal dikalangan traveler karena namanya yang sama dengan nama pantai di sumba timur Pantai Puru Kambera. Untuk kalian yang baru mendengan si cantik Savana Puru Kambera, simak tulisan ini sampai habis yaa.

Ada apa saja sih di tempat si cantik Savana Puru Kambera ini? Atau jangan-jangan kalian belum tau savana itu apa? Simak di bawah ini ya!

Untuk kalian yang masih belum tau savana itu apa, aku jelasin ya. Savana adalah padang rumput dengan diselingi oleh gerombolan pepohonan. Hamparan rumput yang luas dan tempat dimana berbagai ekosistem berkumpul untuk saling berinteraksi. Sudah terbayang? Kita lanjut ya.

Kecantikan Pemandangan Savana Puru Kambera

Puru Kambera, lebih dikenal oleh para traveller sebagai suatu nama dari sebuah pantai yakni Pantai Puru Kambera di Sumba Timur. Terletak sekitar 24 km dari Kota Waingapu, terdapat sebuah padang savana. Si cantik Savana Puru Kambera ini merupakan sebuah padang savana dengan vegetasi khas Sumba. Dan memiliki ciri khas berupa sekumpulan kuda di alam liarnya.

Sebenarnya wisata utama di Puru Kambera adalah wisata pantainya yang cukup luas dengan hamparan pasir putihnya yang sangat halus. Jarak dari pantai ke padang savana Puru Kambera adalah sekitar 2-3 km.

Namun tak hanya keindahan pantainya saja, padang savana yang berada di tengah perjalanan menuju lokasi pantai juga dapat dijadikan sebagai destinasi wisata alternatif bagi kalian yang hendak mengeksplorasi keindahan alam Sumba Timur.

Savana Puru Kambera kerap dijadikan destinasi utama bagi para traveller yang ingin melihat tingkah laku kuda liar Sumba di alam bebas. Kita bisa juga dengan bebas berinteraksi dengan kuda-kuda tersebut. Atau hanya sekedar mengamati tingkah laku kuda liar yang tengah mencari makan.

si cantik Savana Puru Kambera

Namun, biasanya para kuda liar tersebut lebih sering terlihat pada musim kemarau dibandingkan ke musim penghujan, Karena pada musim kemarau padang savana menjadi sangat kering dan kuda kuda tersebut menjadi lebih aktif merumput diluar hutan untuk mencari makan di padang savana.

Ingat ya kuda-kuda di puru kambera sangatlah peka. Jadi kamu harus pelan-pelan bila ingin mendekatinya agar kuda tidak langsung bergerak menjauh. Jangan sampai lupa siapkan segera kamera kamu untuk mengabadikan momen langka tersebut ya.

Panorama alam berupa savana berwarna kuning keemasan dibalut dengan birunya langit menjadikan suasana di sekitar lokasi serasa berada di alam Afrika. Tak hanya itu saja, latar belakang hamparan biru laut dari kejauhan pun nampak kontras dengan warna kuning padang savana ketika musim kemarau dan hijau pada musim penghujan ini.

Akses Menuju Lokasi Wisata

Untuk bisa menuju kesini, kamu juga bisa sambil menikmati keindahan pantainya yang cukup luas dengan bulir bulir pasir putih yang indah bagaikan mutiara ditanah sumba. Jarak dari pantai ke padang savana adalah 2-3 km.
Kita harus menempuh jarak kurang lebih sekitar 25 km dari pusat Kota Waingapu dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewa.

Karna tidak ada angkutan umum yang menuju ke tempat ini. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam perjalanan. Tapi jangan khawatir, sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan keindahan Tanah Sumba. Sampai-sampai kamu tidak akan bekedip karna pesonanya yang begitu luar biasa.

si cantik Savana Puru Kambera

Bagi pengunjung di luar Waingapu, dapat menggunakan jasa ojek Sepanjang perjalanan, kita akan menjumpai pemandangan berupa savana yang berwarna hijau ketika musim penghujan dan kuning ketika musim kemarau dilengkapi dengan gerombolan kuda liar yang sedang merumput.

Sesampainya di Savana Puru Kambera, kamu dapat segera mengeksplorasi panorama alamnya yang begitu memukau, Savana yang berwarna kuning saat musim kemarau ataupun hijau pada musim penghujan terlihat sangat kontras dengan birunya langit yang menyelimutinya. Ditambah dengan hamparan birunya air laut dari kejauhan yang nampak pun terlihat mathcing dengan warna biru nya langit yang terlukis seperti sebuah gradasi.

Fasilitas si cantik Savana Puru Kambera

Nah, sesampainya disana, kamu tidak usah kaget juga. Karna tidak terdapat fasilitas penunjang apapun di sekitar savana. Namun jika kamu hendak mencari makan dan penginapan, kamu dapat menuju ke lokasi Pantai Puru Kambera.

Di sana terdapat sebuah tempat penginapan sekaligus tempat makan bernama Pondok Wisata Pantai Cemara. Dan jika kamu ingin lebih mengexplorasi keindahan savana puru kambera, bawalah bekal berupa makanan an minuman yang cukup, mengingat cuaca Sumba memiliki cuaca panas yang extrim.

si cantik Savana Puru Kambera

Jadi sudah terjawabkan kenapa para traveller sangat mengetahui tempat si cantik di Savana Puru Kambera ini. Hal ini di karenakan keindahannya yang luar biasa, sesuai dengan namanya tempat ini terbentang luas hamparan rumput yang merupakan surga bagi kuda-kuda liar disana.

Pemandangan si cantik di Savana Puru Kambera ini membuat kita sedang berada di Afrika. Hamparan rumput yang berwana hijau dan langit cerah berwarna biru membuat kita tak henti-hintinya bersyukur. Jika sore telah tiba langit akan berubah warna menjadi orange sangat romantiskan.

Sangat disarankan untuk kamu yang berencana mengunjungi Pulau Sumba jangan sampai terlewat untuk mengunjungi si cantik di Savana Puru Kambera ini. Walaupun harus menempuk jarak tempuh yang tidak dekat tapi akan terbayarkan dengan keindahan yang akan kita lihat nantinya. Eits lihat juga ulasan pemandangan Air Terjun Waikelo Sawah.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply