Keindahan Waikelo Sawah Air Terjun Di Tengah Gua

admin_ireztia

Sudah lama ya tidak membahas traveling, kangen rasanya. Tapi sekarang kta akan membahas traveling tempat yang asik-asik, dimana itu?? Kita akan berjalan-jalan ke Pulau Sumba. Yeayy!! Ada salah satu tempat di Pulau Sumbawa yang bernama Waikelo Sawah. Keindahan Waikelo Sawah membuat kita merasa sedang berada di dunia lain.

Seperti apa keindahannya?? Yang penasaran langsung baca sampai habis ya, rugi banget kalau gak menyimak ulasan berikut ini!

Waikelo Sawah terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dibangun pada tahun 1976, Waikelo Sawah ini dirancang untuk tujuan irigasi dan pembangkit listrik. Pengadaan pembangkit listrik itupun menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) pertama di Sumba ketika itu. Pembangunan bendungan air terjun ini diprakarsai oleh Camat Lele Umbu Zogara.

Keindahan Waikelo Sawah

Sebenarnya Pulau Sumba mempunyai banyak sumber mata air tawar dan salah satunya yang tak pernah kering meskipun musim kemarau sekalipun adalah Waikelo Sawah. Padahal seperti yang kita tahu kalau Sumba memiliki iklim yang unik yakni musim kemaraunya yang lebih panjang. Sekitar 9 bulan lamanya sedangkan musim penghujannya hanya terjadi sekitar 3 bulan. Hal tersebutlah yang menjadikan tanah Sumba cenderung tandus, kering dan bahkan di beberapa titik juga kesulitan air.

Keindahan Waikelo Sawah

Keindahan Waikelo Sawah terletak di kaki bukit dan dikelilingi oleh pepohonan rimbun dan sawah-sawah penduduk setempat. Tak jarang kita akan melihat beberapa penduduk lokal setempat yang datang untuk sekedar mandi dan mencuci pakaian sambil menikmati pemandangan di sekitar. Karena suasana di Waikelo Sawah ini sangat teduh dan menyegarkan.

Waikelo Sawah ini sekilas berbentuk mirip dengan gua alami selebar 4m dengan ketinggian sekitar 3m, yang dimulut guanya membentuk sebuah kolam dengan air yang sangat jernih. Kolam airnya sekilas terlihat tenang, namun pengunjung tidak diperbolehkan berenang dikarenakan terdapatnya arus besar di dalam kolam tersebut.

Debit air yang mengalir dari bendungan Waikelo Sawah ini cukuplah deras yaitu diperkirakan mencapai 1000 liter/ detikny. (berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sumba Barat Daya).

Di dalam bendungan dan gua di Waikelo Sawah ini terdapat air terjun yang menjadi sumber aliran airnya. Aliran air terjun tersebut mengalir ke kolam di mulut gua, kemudian membendung dan pada akhirnya berguna untuk kebutuhan irigasi dan PLTA.

Keindahan Waikelo Sawah

Apa keunikan Waikelo Sawah itu? Disamping air terjunnya yang bening, bersih dan sejuk, juga profil gua dan lingkungan sekitarnya mempunyai pesona dahsyat luar biasa. Gua tersebut mempunyai stalaktit-stalagmit yang indah. Di mulut gua misalnya, menampilkan rupa seperti gigi atau taring. Sehingga banyak pengunjung terkesima dan terkesan serta menyebutnya mirip seperti gigi raksasa. Raksasa yang sedang menyemburkan air dari mulutnya.

Di mulut gua bagian dalamnya, ketika berdiri di atas bibir gua, akan tampak sebuah kolam alam cukup luas dengan airnya yang berwarna biru kehijauan tapi bening dan bersih tanpa sampah. Airnya terlihat tenang tapi dalam dan arus bawahnya deras.

Bagi kalian yang tertarik mengunjungi Waikelo Sawah, sebaiknya datang pada bulan Februari, Maret ataupun November karena pada bulan-bulan tersebut, akan diselenggarakan tradisi rutin masyarakat Sumba yaitu tradisi Pasola dan Wula Podu yang sangat sayang untuk dilewati jika sedang menjelajahi tanah Sumba.

Akses Menuju Keindahan Waikelo Sawah

Perjalanan dimulai dari arah Bandara Tambolaka ke arah pusat Kota Waikabubak, sebenarnya akan melewati Waikelo Sawah. Dengan jarak sekitar 12 km dari Tambolaka, ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya, perjalanan menuju lokasi dapat ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Kondisi jalan menuju lokasi juga sudah beraspal halus, namun ada beberapa titik di dekat lokasi yang masih berkerikil. Belum terdapat transportasi umum ke lokasi, sehingga pengunjung yang hendak mengunjungi Waikelo Sawah dapat mengunakan jasa ojek dari Tambolaka atau menyewa kendaraan dari kota.

Keindahan Waikelo Sawah

Pada bagian dalam di atas langit gua terdapat lubang cukup besar yang terhubung ke luar bukit sehingga cahaya matahari dapat memasuki gua dan memberikan pantulan cahaya indah yang cantik, terutama di puncak siang hari cerah di atas jam 11.00 Wita. Warna hijau lumut cerah yang cantik akan tergambar jelas di permukaan air dan dinding-dinding gua yang terukir alami dengan stalaktit dan stalagmit yang dihiasi lumut hijau. Warna cantik ruang dalam gua ini akan membuat pengunjung takjub.

Fasilitas Waikelo Sawah

Tidak ada fasilitas apapun seperti tempat makan dan pondok untuk istirahat di Waikelo Sawah. Disarankan untuk membawa bekal sendiri. Akomodasi terdekat ada di Desa Tambaloka, yaitu Sumba Hospitaly Foundation yang merupakan yayasan yang menampung generasi muda Sumba untuk diberi keterampilan dan langsung dipraktikkan. Ada 5 kamar yang disewakan dengan kisaran harga 700 ribu rupiah per malamnya. Ada juga Oro Beach Houses dengan harga serupa. Kedua akomodasi ini sama-sama membutuhkan sekitar 1 jam perjalanan dari Desa Tema Tana.

Waikelo Sawah sebenarnya bukanlah tempat wisata. Ini merupakan bendungan yang dibangun pada tahun 1976 yang diperuntukkan untuk irigasi warga dan juga pembangkit listrik desa dan sekitarnya. Bendungan ini berlokasi di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Namun, kini malah menjadi tempat wisata karena keindahan yang tercipta dari waktu ke waktu.

Serukan jika membayangkan kita sedang melihat langsung keindahan Waikelo Sawah. Yuk untuk kalian yang ingin mengunjungi Pulau Sumba mungkin tempat ini bisa dijadikan rekomendasi. Selain Wikelo Sawah kungjungi pulai Pantai Mandorak. Setelah ini ada juga pembahasan tentang WISATA KULINER PULAU SUMBA yang wajib banget untuk diketahui!

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply