10 Destinasi Wisata di Jogja bagian Timur

admin_ireztia

Ini nih terakhir kita akan membahas wisata di Jogja bagian Timur. Gak  kalah seru dengan bagian Jogja lainnya. Disini banyak wisata yang bisa kamu kunjungi mulai dari pantai, Goa, danau sampai perbukitan. Tempat-tempat wisata ini bisa merefresh pikiran kita menjadi happy.

Kamu mau mengunjungi Jogja Timur? Yuk simak 10 wisata di Jogja bagian Timur di bawah ini, bisa kamu jadikan referensi lho. Baca sampai habis ya!

1.Pantai Timang

Jika kamu ingin cari wisata pantai yang anti mainstream, datanglah ke wisata di Jogja bagian Timur di Pantai Timang. Bukan pantai pasir putihnya yang menggoda melainkan jembatan gantung dan kereta gantung yang akan menggetarkan jantungmu. Adrenalinmu akan dipacu saat naik gondola atau kereta gantung dari bibir pantai menuju ke batu karang di tengah laut.

Pantai timang terletak di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kec. Tepus, Gunung Kidul. Lokasinya berjarak sekitar 50 km dari jogja kota dan bisa ditempuh dalam waktu 2 hingga 2,5 jam perjalanan. Lokasi pantai timang ini tepat berada di sebelah timur pantai.

tempat wisata hits terbaru jogja

Pantai timang memang cukup ikonik dengan batu karang besar yang biasa disinggahi para nelayan untuk menangkap lopster. Awalnya kereta gantung hanya digunakan para nelayan untuk menyebrang ke batu karang. Mereka mempertaruhkan nyawanya untuk mencari nafkah dengan menangkap lobster. Lama kelamaan keberadaan kereta gantung inipun mulai dikenal luas.

Tiket masuk ke pantai timang sebenarnya sangat terjangkau yakni hanya Rp 5 ribu saja dan sudah termasuk parkir motor. Namun jika ingin menyebrang ke batu karang harus membayar biaya naik kereta gantung di pantai timang sebesar Rp 150 ribu. Sedangkan tarif naik jembatan gantung adalah sebesar Rp 100 ribu. Hemm cukup mahal ya? namun cukup sebanding dengan pengalaman seru yang akan kamu dapatkan.

2. Pantai Krakal

Lokasinya sekitar 37 kilometer arah selatan kota Wonosari. Wisata di Jogja bagian Timur ini adalah Pantai Krakal. Merupakan objek wisata pantai yang memiliki luas serta paling panjang bila dibandingkan dengan pantai Gunung Kidul lainnya. Tidak jauh dari pantai Krakal Yogyakarta terdapat destinasi wisata pantai Drini, berjarak 2 kilometer disebelah timur. Salah satu tempat wisata Gunung Kidul ini masih satu jalur dengan wisata pantai Baron Jogja dan pantai Kukup.

Seperti halnya wisata pantai lain, pantai Krakal Gunung Kidul memberikan berbagai panorama alam yang dapat mendamaikan hati dan pikiran. Ketika perjalanan menuju objek wisata, para wisatawan akan disugguhkan berbagai pemandangan bukit kapur serta bongkahan batu karang menjadi pemandangan nan indah. Bebatuan di sepanjang perjalanan kiri dan kanan jalan menuju objek wisata ini lah disebut dengan daerah Karst.

wisata di Jogja bagian Timur

Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas menyenangkan wisata di Jogja bagian Timur ini. Terdapat banyak pilihan aktivitas, anda dapat bermain dengan air ombak laut sepanjang bibir pantai yang menyambung terus hingga lautan Australia. Hal tersebut mengindikasi bahwa sebuah aktivitas yang sangat langkah dapat anda lakukan yang bertempat tinggal jauh dari keindahan pantai.

Selain bermain ombak pantai, pantai Krakal menawarkan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya. Diantaranya seperti berburu ikan hias di pinggiran pantai, bermain sepak bola pantai, bermain layang layang dengan memanfaatkan luasnya bibir pantai yang sangat panjang, kira kira panjang pantai Krakal sekitar 40.000 meter.

Tidak ada tiket khusus pada wisata pantai Gunung Kidul ini, ketika wisatawan masuk setelah gerbang loket utama, maka wisatawan berhak pergi ke seluruh wisata pantai mana pun termasuk wisata pantai Krakal. Adapun harga tiket masuk pantai Krakal dan wisata pantai lainnya yakni sebesar 7.000 rupiah per orang, sedangkan untuk hari libur sebesar 10.000 rupiah per orang.

3.Goa Jombang

Goa Jomblang adalah sebuah goa wisata yang berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang mempunyai sebuah hutan purba di dalamnya. Selain itu, apabila anda datang ke Goa Jomblang pada jam 10 sampai dengan jam 12 siang, anda akan dapat melihat cahaya menembus goa yang sering disebut sebagai cahaya surga. Keindahan dan keunikan Goa Jomblang membuatnya menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi.

wisata adrenalin di Goa Jomblang

Tiket Masuk Gua Jomblang 2018
Rp 450.000

Jam Buka Gua Jomblang
Senin – Minggu: pukul 10.00 – 14.00 WIB

4.Kalisuci Cavetubing

Wisata di Jogja bagian Timur selanjutnya adalahMengarungi sungai bawah tanah menggunakan ban pelampung. Petualangan sesungguhnya dimulai saat aliran sungai memasuki relung gua yang gulita. Siapkan diri Anda untuk petualangan eksotik yang tak kan pernah terlupa.

Kabupaten Gunungkidul selama ini dikenal sebagai kawasan yang tandus dan gersang karena hampir semua topografi wilayahnya terdiri dari perbukitan kapur atau yang lebih dikenal dengan istilah perbukitan karst. Saat musim kemarau tiba, warna hijau tanaman segera berubah menjadi kecoklatan akibat meranggas. Namun, di balik kegersangan perbukitan karst Gunungkidul menyimpan jutaan potensi wisata yang jarang ditemui di tempat lain. Salah satunya adalah gua-gua indah yang tersembunyi di perut bumi dengan sungai yang mengalir deras di dalamnya.

Menyusuri sungai yang mengalir melewati gua-gua bawah tanah menjadi salah satu petualangan wisata yang ditawarkan di Kalisuci, Semanu, Gunungkidul. Dikenal dengan istilah cave tubing, petualangan ini memadukan aktivitas caving (susur gua) dan body rafting. Berbekal informasi bahwa aktivitas cave tubing ini hanya ada di Mexico, New Zealand, dan Gunungkidul.

wisata di Jogja bagian Timur

Aliran sungai yang berkelak-kelok terlihat dari ketinggian tebing. Airnya yang biru kehijauan terlihat kontras dengan warna coklat tanah, tebing karst, serta daun-daun yang meranggas sehingga menciptakan harmoni lukisan alam yang mempesona.

Petualangan dimulai saat aliran sungai memasuki relung Gua Kalisuci dan Gua Gelatik. Sinar matahari menghilang dan berganti dengan suasana remang bahkan gelap, satu-satunya pencahayaan hanya berasal dari headlamp. Stalaktit yang terlihat di atap gua terus meneteskan air, beberapa diantaranya merupakan batu kristal.

Kelelawar nampak bergelantungan di langit-langit gua, ikan besar berenang di bawah kaki, dan seekor laba-laba besar menempel di stalagmit. Keindahan gua dan kesejukan sungai yang menyatu dalam keheningan membuat diri enggan beranjak pergi. Berpeluk mesra dengan dinginnya aliran sungai di perut bumi dengan bonus pemandangan alam yang cantik dan eksotik benar-benar menjadi petualangan yang tak kan pernah terlupa.

Tiket Masuk Kawasan Karst Kalisuci

Rp 5.000
Rp 70.000 / orang (paket wisata minimal 5 orang, termasuk pemandu, perlengkapan cave tubing, body protector, helm, dan makan)

Jam Buka Cave Tubing Kalisuci
Senin – Minggu: pukul 08.00 – 16.00 WIB

5.Goa Jlamprong

Wisata Goa Jlamprong di Semanu Gunung Kidul Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Wisata Goa Jlamprong di Semanu Gunung Kidul Yogyakarta adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Goa Jlamprong ini menarik sekali dari mulut Goa terdapat adanya pohon besar tepat di depan Goa ini, ketika kita mulai masuk tercium aroma khas di dalam goa yakni lembab dan bau dari kotoran kelelawar. Dari Suaranya begitu banyak kelelawar yang masih terjaga ekosistim nya di dalam Goa ini. Ketika sudah di dalam Goa, harus Tracking dan melihat suasana yang begitu indah di dalam Goa Jlamprong ini.

wisata di Jogja bagian Timur

Stalakmit dan Stalaktit begitu indah yang berkilau bagaikan emas murni. Namun hanya boleh melihat dan mengambil gambarnya  di area stalagmit dan stalagtit dan sangat di larang untuk memegang karena di kawatirkan bisa merusaknya.

Ber Wisata ke Goa Jlamprong ini sebaiknya bersama-sama keluarga atau teman karena berasa asyik ketika kita melakukan susur Goa. Selain itu untuk tarifnya per orang Rp. 35.000 dan mendapatkan fasilitas seperti pengamanan susur goa dan mendapat makanan juga minuman setelah susur goa.
Untuk Fasilitas di tempat ini masih minim, jadi lebih baik membawa bekal sesuai dengan keinginan pengunjung.

6. Goa Pindul

Goa Pindul Jogja adalah sebuah goa yang sangat unik, dimana di dalam goa ini terdapat sebuah sungai yang melintas disepanjang goa tersebut. Aktivitas yang umumnya dilakukan di wisata ini adalah cave tubing. Cave tubing adalah aktifitas menyusuri sungai yang ada di dalam goa dengan menggunakan sebuah ban pelampung. cave tubing sebenarnya hampir mirip dengan rafting. Hanya saja yang membedakan keduanya adalah, rafting biasanya dilakukan di aliran air sungai yang deras. Sedangkan cave tubing dilakukan di aliran sungai yang tenang.

Tempat wisata di Jogja bagian Timur Goa Pindul Jogja memiliki panjang 350 meter dengan lebar 5 meter. Terdapat tiga zona yang harus dilalui ketika melintas di Goa Pindul, yaitu zona terang, zona gelap, dan zona remang. Zona terang terdapat di area start ketika hendak memasuki goa. Zona remang berada di beberapa meter setelah memasuki pintu goa. Dan Zona Gelap berada di tengah tengah dalam goa Pindul.

wisata di Jogja bagian Timur

Tepat di tengah tengah goa terdapat ruang yang cukup besar, dan uniknya diatas ruang tersebut terdapat sebuah lobang, yang biasanya digunakan sebagai jalur pintu masuk vertikal oleh TIM SAR . Dari lobang ini sinar matahari dapat masuk menyinari ke dalam goa. Sehingga menjadikan pemandangan di dalam Goa menjadi sangat luar biasa indah.

Setiap pengunjung yang menyusuri Goa Pindul dengan menggunakan pelampung, akan menjumpai stalagtit yang sangat besar. Ukuran dari stalagtit tersebut mencapai 5 rentangan tangan orang dewasa. Konon katanya, air yang menetes dari staglagtit ini dapat menjadikan cantik dan awet muda. Sedangkan untuk pria, air yang menetes tersebut dapat meningkatakan vitalitas pria.

Tiket Masuk Goa Pindul Jogja

Caving Goa Pindul Rp. 35.000
Rafting/River Tubing Sungai Oya Rp. 45.000
Susur Goa Sriti Rp. 30.000
Susur Goa Gelatik Rp. 30.000
Susur Goa Asri Rp. 20.000
Susur Goa Emas Rp. 25.000

Catatan: Untuk Tiket masuk wisatawan asing : Rp.50.000. Biaya retribusi setiap pengunjung Rp.10.000.

Jasa tersebut sudah mencakup Jasa pemandu, Asuransi, serta perlengkapan susur goa seperti baju pelampung, sepatu karet, head lamp, dll). Petugas pemandu akan mengantarkan dan menjemput peserta dari rest area ke lokasi goa.

7.Embung Batara Srinten

Saat pertama kali mendengar nama tempat wisata di Jogja bagian Timur ini, terlintas sosok-sosok batara atau dewa-dewi yang tinggal di kayangan dalam kisah pewayangan. Awalnya saya menerka, lokasi embung yang tak biasa di dataran tinggi digambarkan bagai surgaloka tempat dewa dewi bertakhta. Namun ternyata, sebutan Embung Batara Sriten diberikan karena lokasi embung ini berada di Pegunungan Baturagung Utara yang kemudian disingkat menjadi Batara, tepatnya di wilayah Padukuhan Sriten.

wisata di Jogja bagian Timur

Menikmati indahnya panorama Embung Batara Sriten bisa dilakukan dalam berbagai cara. Seperti duduk-duduk di gazebo-gazebo atau pendopo di sekitar embung sambil merasakan hembusan angin yang tetap dingin, meskipun matahari sedang bersinar penuh semangat. Bisa juga sambil menyesap segarnya segelas es teh atau nikmatnya secangkir kopi tubruk di warung-warung kaki lima yang tak jauh dari embung. Mencoba teduhnya naungan pohon ikonik di Embung Batara Sriten, dalam ayunan hammock seperti yang YogYES lakukan pun menjadi salah satu pilihan menyenangkan.

Sementara yang lain masih terpesona dengan keindahan panorama telaga buatan serta terbuai sejuknya udara pegunungan, dataran yang lebih tinggi di sisi timur menggoda saya untuk mengeksplorasi. Puncak tertinggi di Pegunungan Baturagung Utara sekaligus puncak tertinggi di Kabupaten Gunungkidul.

Puncak Tugu Magir menyuguhkan pemandangan 360 derajat wilayah-wilayah di sekitarnya yang berlokasi lebih rendah. Sejauh mata memandang dapat terlihat landscape Kota Klaten dengan Rawa Jombor, Kota Jogja dengan Merapi nan gagah, deretan pegunungan Gunungkidul hingga berlanjut ke wilayah Wonogiri yang tertutup kabut tipis. Dari puncak ini pula kita bisa menyaksikan cahaya pertama matahari mengawali hari, juga saat-saat ia kembali pulang ke peraduan.

Tiket Masuk Embung Batara Sriten 2018
Rp 3.000

Jam Buka Embung Batara Sriten
Senin – Minggu: pukul 04.30 – 18.00 WIB

8.Telaga Biru

Telaga cantik ini berada di Kampung Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Warna air telaga ini yang menarik perhatian banyak wisatawan yang ingin berburu foto hits di destinasi wisata yang satu ini. Wisata di Jogja bagian Timur sangat menarik untuk dikunjungi.

Telaga Biru Cisoka yang juga dikenal dengan nama telaga biru Cigaru dan Danau Biru Cigaru ini bukanlah danau alami, melainkan bekas galian pasir yang sudah tidak lagi beroperasi selama dua tahun. Lubang bekas galian dengan kedalaman belasan meter tersebut kemudian terisi air hujan hingga menjadi telaga.

wisata di Jogja bagian Timur

Terdapat dua danau di area ini yaitu danau yang berada di kanan dari arah pintu masuk yang memiliki air cenderung berwarna biru dan danau yang di kiri memiliki air yang cenderung berwarna hijau dan lebih luas. Pepohonan rindang yang ada di dekat danau ini semakin menambah keindahan pemandangan Telaga Biru Cisoka.

Warna air di danau ini sering berubah-ubah karena kadar keasaman yang tinggi yang mencapai tujuh. Selain itu ada juga alga ganggang yang bisa berubah warna ketika terkena sinar matahari.

Karena alasan tingginya keasaman air danau ini dan juga kedalamannya yang lumayan, pengunjung dilarang untuk berenang. Alternatifnya, tersedia perahu kecil yang bisa disewa untuk berkeliling danau dengan tarif Rp 20.000. Tiket masuk ke Telaga Biru Cisoka ini sangat terjangkau karena hanya dikutip untuk biaya parkir, yaitu Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk motor. Jika kamu berjalan kaki, tiket masuknya gratis lho!

9.Green Village

Wisata Green Village Gedangsari merupakan salah satu wisata di Jogja bagian Timur. Wisata alam perbukitan ini berada di Dusun Mertelu, Kecamatan Gedang Sari. Panorama yang ditawarkan oleh Wisata Green Village Gedangsari ini adalah kalian bisa menikmati keindahan Yogyakarta dan Klaten dari ketinggian.

Karena letaknya yang berada di perbukitan sudah pasti suasana disana sangat sejuk dan memiliki udara yang sangat segar, sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata untuk mengisi hari libur kalian setelah beraktifitas di Kota yang sangat panas dan banyak polusi.

wisata di Jogja bagian Timur

Selain keindahan panorama alam yang ditawarkan di wisata Green Village ini di sekitar tempat wisata ini juga terdapat pengrajin kerajinan tangan yang yang menjajakkan hasil kerajinan mereka. Pokoknya sangat sesuai buat oleh-oleh untuk kerabat yang ada dirumah.

Untuk tiket masuk kedalam kawasan wisata Green Vilage Gedangsari untuk saat ini sendiri belum dipungut biaya alias gratis, tapi bisa berubah juga sewaktu-waktu. Dan untuk biaya parkir kalian hanya dikenakan biaya Rp 2000 untuk kendaraan bermotor, dan Rp 5000 untuk mobil.

10.Luweng Sampang

Wisata di Jogja bagian Timur terakhir adalah Luweng Sampang. Lokasi air terjung luweng sampang berada di Desa Sampang , Kec. Gedangsari, Kab. Gunung Kidul. Tapi lokasi air terjun ini berbatasan dengan Kab. Klaten Jawa Tengah, dan selain orang menamakan air terjun luweng sampang, ada juga masyarakat Klaten yang menamakan air terjun ini adalah Air Terjun Luweng Sampang Gantiwarno.

Air Terjung Luweng Sampang ini sangat menarik sekali, dan sangat indah luar biasa. Dari foto-foto yang kami ambil, mirip dengan Grand Canyon, dan memang banyak yang menyebut bahwa air terjun luweng sampang ini adalah Grand Canyonya Indonesia.

wisata di Jogja bagian Timur

Tempat wisata ini berada di jepitan batu kapur atau batu kars yang mempunyai keunikan tersendiri, jarang sekali ada guratan batu yang menciptakan seni alam yang indah seperti ini. Guratan batu itu terbentuk dati kikisan air yang disana.

Disana lokasi wisata air terjun luweng sampang kalian bisa bermain air dan bersantai menikmati indahnya alam yang ada di sekitar air terjun. Batuan yang berseni tinggi kreasi alam ini juga bisa kalian jadikan swafoto. Untuk pencinta fotografer tempat ini rekomendasi banget.

Selain wisata di Jogja bagian Timur kunjungi juga wisata Jogja Selatan. Disana banyak tempat wisata yang tak kalah menarik. Yang paling penting jika mengunjungi tempat-tempat tersebut kita harus menjaga kelestariannya. Usahakan untuk tidak membuang sampah disembarang tempat. Jika bukan kita yang menjaga alam, lalu siapa lagi?

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply