Wisata Adrenalin di Goa Jomblang, Yogyakarta

admin_ireztia

Masih terbayang indahnya sunset di Bukit Lintang Sewu Bantul? Move on yuk. Untuk kalian yang haus wisata adrenalin bisa menyambangi Kecamatan Semanu di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Di sini terdapat Gua Jomblang dan Goa Grubug yang punya keunikan di dasarnya. Pasti kamu tidak akan melupakan wisata adrenalin di Goa Jomblang.

Penasarankan  dengan keindahan Goa Jombang seperti apa? Simak penjelasan wisata adrenalin di Goa Jomblang, Yogyakarta berikut ini!

Dari Wonosari, kita tinggal menyusuri jalan sampai bertemu papan bertuliskan “Wisata goa kali suci”. Ikuti jalur tersebut sampai bertemu papan lain, bertuliskan “Goa Jomblang”. Jangan kaget, karena jalannya masih tanah dan berbatu. Setelah melintasi desa dan pesawahan sekitar 2 Km, akan terlihat Resort Goa Jomblang dengan taman yang tertata rapi.

Sedikit history mengenai Goa Jomblang, bisa dibilang goa ini merupakan goa vertikal jenis Collapse Doline, yang konon terbentuk dari amblasnya tanah yang terjadi jutaan tahun lalu. Reruntuhan tanah dari fenomena alam tersebut pada akhirnya membentuk sebuah Sinkhole (seperti sumur besar menganga) yang kemudian oleh masyarakat sekitar disebut Luweng. Mulut Goa Jomblang yang mirip sumur ini cukup lebar sehingga kemudian populer dengan sebutan Luweng Jomblang.

Rute Menuju Goa Jomblang

Goa Jomblang adalah tempat wisata alam di Jogja yang sangat populer sehingga rute perjalanan kesana tidak begitu rumit. Dari pusat Kota Yogyakarta berjarak kurang lebih 50 kilometer ke arah Tenggara, dengan waktu tempuh sekitar 1 – 1,5 jam.

Gua Jomblang merupakan gua vertikal yang memiliki hutan purba yang rapat pada dasarnya. Goa Jomblang Gunungkidul mempunyai pesona alam yang menarik, terutama bagi kamu yang menyukai petualangan atau tantangan. Wisata adrenalin di Goa Jomblang mampu menantang kamu dalam berpengalaman wisata, yang pastinya memacu keras adrenalin.

wisata adrenalin di Goa Jomblang

Daya tarik utamanya adalah tandusnya karst Gunungkidul yaitu menelusur, melihat dan mengabadikan cahaya surgawi yang turun secara tegak lurus yang menembus ke dalam kegelapan goa. Berwisata ke Goa Jomblang biasanya dalam bentuk paket tour, sehingga kita akan difasilitasi perlengkapan yang sesuai standar untuk dapat menelusuri Goa Jomblang tersebut.

Goa Jomblang berlokasi di rentangan perbukitan karst pesisir selatan yaitu memanjang dari Gombong – Jawa Tengah hingga kawasan karst Pegunungan Sewu Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Ribuan tahun yang lalu terdapat runtuhan dari peristiwa yang membentuk “sinkhole” atau sumuran menganga, yang dalam bahasa Jawa disebut Luweng. Oleh karena itu, gua ini sering disebut dengan nama lain Luweng Jomblang.

Tak hanya keberanian tinggi, menelusuri wisata adrenalin di Goa Jomblang juga membutuhkan penguasaan teknik SRT atau Single Rope Technique atau disebut juga tali tunggal. Kegiatan caving di Goa Jomblang ini juga wajib mengenakan peralatan khusus yang memenuhi standar keamanan. Yang juga harus didampingi oleh ahli penelusur goa yang berpengalaman.

Biaya Dan Tarif Di Goa Jomblang

Jumlah peserta yang memasuki goa ini dibatasi dengan jumlah maksimal hanya 25 orang saja untuk sekali masuk. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar ekosistem di dalam goa tetap terjaga. Setiap penelusur Goa Jomblang apabila ingin menggunakan jasa tour dikenakan harga masuk Rp 450.000,-.

wisata adrenalin di Goa Jomblang

Biaya itu sudah termasuk biaya antar jemput di pinggir jalan Wonosari-Semanu, makan siang, welcome drink, dan juga peminjaman alat-alat perlengkapan masuk ke dalam goa. Harga itu dinilai seimbang dengan rasa takjub dan mengesankan saat menyaksikan cahaya surgawi Goa Grubug dan juga panorama hutan purba Goa Jomblang.

Caving di Goa Jomblang

Begitu sampai di lokasi mungkin kita semakin tidak sabar untuk memulai petualangan wisata adrenalin di Goa Jomblang. Tapi tunggu dulu, tak hanya keberanian namun bagi kita yang berniat masuk ke Goa Jomblang sebaiknya menguasai teknik Single Rope Technique atau tali Tunggal. Untuk itu jika ingin caving disini wajib mengenakan peralatan khusus yang memenuhi standar keamanan caving. Bagi pengunjung yang tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan teknik caving disediakan jasa pendamping supaya keamanannya terjamin.

Hamparan Hutan Teduh di Bawah Tanah

Kedalaman Goa Jomblang dari bibir goa mulai dari 40 meter hingga yang paling dalam 80 meter. Bagi yang baru pertama menjajal adrenalin di goa vertikal ini sebaiknya mencoba yang paling dangkal terlebih dahulu. Lintasan paling dangkal atau paling pendek ini bernama Lintasan VIP. Lintasan ini lebih mudah ditelusuri karena pada 15 meter pertama masih berupa slope sehingga bisa ditaklukkan dengan berjalan kaki. Namun memasuki 25 meter terakhir harus menggunakan tali untuk mencapai dasar goa paling dangkal.

Bergelayut dengan tali menuju dasar goa diantara dinding goa yang terjal mungkin pengalaman paling mendebarkan bagi kita. Namun sampai di dasar goa semua seolah terbayar tuntas oleh pemdangan yang sangat mengagumkan. Dari dasar Goa Jomblang ini kita dapat menyaksikan hamparan hutan hijau indah nan luas. Sungguh kondisi yang kontras dengan bukit karst dan dan pohon-pohon jati meranggas di musim kemarau diatas sana.

wisata adrenalin di Goa Jomblang

Semak-semak, tumbuhan paku-pakuan, hingga beragam lumut alami tumbuh begitu subur. Belum lagi pepohonan yang rapat berdiri kokoh semakin memperkuat betapa perkasanya alam, yang membiarkan vegetasi hutan terus tumbuh subur semenjak peristiwa amblasnya tanah di masa lalu.

Dari dasar goa petualangan bisa kita lanjutkan ke Luweng Grumbung yang dihubungkan dengan lorong sempit sepanjang 300 meter. Selama menyusuri lorong ini kita bisa menyaksikan Stalagmit, Stalagtit, serta Batu Kristal sebagai bentuk keindahan Goa Jomblang dari sisi yang lain. Sejurus kemudian kita akan dibuat terpesona dengan cahaya terang ditengah aliran sungai, membentuk sebuah tiang cahaya yang menerangi dasar goa.

Pesona Surgawi Gua Jomblang

Pada cekungan berdiameter sekitar 50 meter ini tumbuh hutan purba yang sangat hijau merimbun. Jelas ini begitu kontras dengan kondisi permukaan yang kering dan panas khas perbukitan karst. Aneka paku-pakuan, lumut, semak, hingga pohon-pohon besar tumbuh dengan rapat dan lebatnya.

Hutan yang vegetasinya jauh berbeda dengan kondisi di permukaan sering disebut dengan nama lain hutan purba. Vegetasi ini terus berkembang biak dan hidup hingga saat ini, sehingga suasana di Luweng Jomblang pun akan terasa begitu sejuk dan segar.

Goa Jomblang ini sebenarnya sepaket dengan Goa Grubug. Pada Goa Grubug itulah yang dikenal dengan “cahaya surgawi” atau Ray of Light turun dari lubang goa yang ditutupi pepohonan yang menimpa batu kordin putih yang berasal dari tetesan air di langit-langit goa selama ribuan tahun. Cahaya surgawi ini dapat anda nikmati sempurna pada saat matahari bersinar cerah yaitu antara pukul 10.00-13.00 WIB.

Penelusuran tidak berhenti sampai di sini saja, karena berikutnya kita akan menelusuri ke Luweng Grubug dengan masuk pada sebuah mulut goa. Jomblang dan Grubug ini dihubungkan oleh sebuah lorong dengan panjang 300 meter. Dan di dalamnya dapat melihat berbagai ornamen yang cantik yang menghiasi lorong ini.

Bagaimana sudah terbayangkan serunya wisata adrenalin di Goa Jomblang? Yuk segera jadwalkan waktu yang tepat untuk berlibur kesana. Jangan lupa persiapan sebaik mungkin ya.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply