Nikmati Suasana Kastil di The Lost World Castle

admin_ireztia

The Lost World Castle adalah bangunan megah yang menyerupai benteng kerajaan yang berada di lereng Gunung Merapi yang bisa menjadi salah satu alternatif tujuan liburan kamu selanjutnya. Tempat ini dinamakan demikian karena lokasi ini termasuk dalam wilayah yang terkena semburan awan panas paling parah dari letusan Gunung Merapi yang terjadi beberapa tahun lalu.

Adanya dampak letusan dari gunung teraktif di dunia ini menyebabkan hilangnya tempat tinggal para penduduk sekitar dan menghancurkan pepohonan dan lainnya. Meski dampak dari bencana tersebut telah meluluh lantahkan semuanya, warga saat ini telah bangkit dan memberikan inspirasi untuk semua orang.

Dari jauh, tempat ini seperti sebuah kastel Eropa kuno yang terbuat dari batu. Kalau menurut traveler ini adalah tempat untuk raja, salah besar. Inilah taman rekreasi yang punya banyak spot untuk berfoto.

Untuk kamu yang masih penasaran dengan tempat wisata The Lost World Castle simak penjelasnya berikut ini. Baca sampai selesai ya.

Dengan berdirinya benteng atau kastil yang mirip dengan benteng Takeshi ini menjadikan lereng Merapi semakin lama semakin ramai dikunjungi para wisatawan. Bangunan ini juga hampir sama dengan Tembok Besar Cina (TBC) karena mempunyai jalan memanjang yang unik serta bentuk bangunan setiap sampingnya memiliki kemiripan.

The Lost World Castle terletak di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Kalau masih ingat letusan dahsyat Merapi tahun 2006 silam, Desa Kepuharjo sering disebut dalam acara-acara berita sebagai wilayah yang paling parah terkena dampak erupsi. Hal itu memang benar terjadi, karena erupsi Merapi 2006 menyapu bersih sebagian kawasan Kepuharjo.

Melihat kedahsyatan letusan Merapi kala itu, pihak pengelola menamai spot wisata ini dengan The Lost World Castle. Artinya, kastil di kawasan yang bisa ‘hilang’ disapu bersih oleh amukan Gunung Merapi.

Lokasi dan rute menuju The Lost World Castle

Lokasi wisata yang dikenal juga dengan benteng takeshi cangkringan ini tepatnya berada di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan Sleman Yogyakarta.

Jika kamu sudah berada di Yogyakarta, entah itu di Stasiun atau Bandara, langsung saja menuju Jalan Kaliurang dan ikuti jalan ke objek wisata Kaliadem. Nanti kamu akan menjumpai gapura besar dengan tulisan The Lost World, berarti selamat kamu tidak nyasar, dan silakan lurus terus sampai ke objek wisata.

Lokasi ini tak jauh dari wisata Kali Adem, hanya di sebelah selatannya saja dan tak jauh dari area Merapi Golf. Benteng ini berada di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Jogja kurang lebih 25 kilometer, waktu perjalanan sekitar 40-45 menit.

Setelah jalan lurus ke utara sekitar 2 kilometer, ada tugu atau gapura warna biru ambil kanan/timur. Lurus saja ikuti jalan, sampai melewati Kopi Merapi masih jalan lurus lagi sampai ada tugu besar. Tak jauh dari tugu nampak bangunan megah dari kejauhan dan sampailah di lokasi.

Kalau kamu ingin menyaksikan keindahan alam dari ketinggian dipadukan dengan suasana bangunan benteng sebuah istana, cocoknya datang pada pagi atau sore hari. Alasannya pun cukup sederhana, selain cuacanya tidak panas juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbit atau terbenam.

Tiket Masuk ke The Lost World Castle

Untuk harga tiket masuk ke The Lost World Castle adalah Rp. 60K. Hari dan jam operasinal The Lost World Castle adalah pada hari Senin – Jumat pukul 07.00 – 18.30 WIB. Sabtu – Minggu mulai pukul 06.00 – 18.30 WIB. Untuk weekend biasanya cukup ramai oleh pengunjung, jadi buat kamu yang kebetulan ingin suasana sepi, bisa datang pagi dihari biasa.

Spot Menarik di The Lost World Castle

Diatas tanah seluas 1,3 hektare ini kita bisa melakukan banyak hal yang seru bersama teman, pasangan ataupun keluarga. Sebaiknya memakai jaket atau baju tebal karena suhu di kawasan ini bisa dibilang cukup dingin karena berada di daerah lereng pegunungan. Walaupun cuaca cerah, suhu bisa berubah menjadi dingin terutama menjelang sore hari / malam hari.

Saat masuk halaman, kamu akan menemui beberapa burung hantu yang bisa diajak ber foto bersama. Di sebelah barat ke dalam ada tempat duduk berbentuk unik seperti kursi untuk raja.

Selain bangunan megah mirip Benteng Takeshi, di TLWC juga terdapat beberapa spot foto menarik. Memanfaatkan pemandangan Gunung Merapi yang berdiri megah, pengelola membangun replika sayap berukuran besar. Tangga menjulang ke atas dengan gapura di ujungnya yang disebut paradise gate, serta awan buatan sebagai pijakan.

 

 

 

Latar sayap dan paradise gate menjadi latar foto yang paling panjang antriannya. Jika beruntung tiba di sana saat kabut turun, hasil foto makin maksimal. Seakan-akan seperti sedang terbang menembus awan, atau berjalan menuju ‘surga’.

Menyusuri bagian kanan dan turun ke bawah kastel, kita akan disuguhkan pemandangan padang rumput yang luas. Di sini, lebih banyak lagi spot-spot foto keren. Mulai dari tema indian sampai pohon bunga sakura seperti di Jepang.

Disana juga kita bisa melihat pemandangan Kota Yogyakarta. Jika cuaca cerah, kamu juga bisa melihat Gunung Merapi yang tampak jelas menjulang tinggi. Dengan bahan materialnya hampir semuanya terbuat dari batuan magma yang berasal dari Merapi. Sehingga hal tersebut menambah suasana yang cukup berbeda dari tempat wisata lain yang ada di Yogyakarta.

 

 

Kamu juga bisa menikmati pemandangan alam berupa matahari terbit atau terbenam. Keindahan Gunung Merapi juga bisa kamu nikmati dari tempat wisata ini. Karena terlihat cukup jelas ketika tidak tertutup awan atau kabut.

Fasilitas di Komplek The Lost World Castle

Bagi kamu yang berencana datang ke tempat baru ini tak perlu khawatir. Untuk tempat parkirnya cukup luas, dan toilet disini sudah tersedia. Fasilitas mushola pun sudah ada. Dan sementara warung-warung yang permanen belum tersedia karena kondisi yang masih baru.

Tapi tak perlu cemas, di area parkir ada penjual jajanan yang bisa mencicipi seperti ice cream, bakso tusuk, siomay, dll. Jika membawa bekal makanan dan minuman juga gak masalah ko. Malah lebih irit hehe. Menarik bukan jika kita mengunjungi The Lost World Castle. Ada juga tempat wisata the World Landmark Yogyakarta yang bisa dijadikan referensi bila kamu berencana berwisata ke Kota Jogja.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply