Melihat Sunrise di Bukit Panguk Kediwung

admin_ireztia

Hallo selamat kembali beraktifitas lagi. Setelah mendapatkan libur lebaran yang cukup panjang sekarang harus kembali ke setumpuk pekerjaan yang sudah menanti. Kemarin yang mudik ke jawa tengah siapa hayo ngaku? Udah pernah melihat sunrise di bukit Panguk Kediwung belum?

Untuk kalian yang kemaren mudik ke daerah Yogyakarta atau liburan ke sekitar sana, rasanya rugi banget kalau gak melihat sunrise di bukit Panguk Kediwung. Eh atau jangan-jangan kalian yang asli domisi daerah Yogyakarta belum pernah kesana lagi? Ya ampun sayang banget tauu.

Oke kali ini aku akan bahas mengenai indahnya melihat sunrise di bukit Panguk Kediwung. Biar kamu penasaran sebagus apa sih pemandangan disana.

1. Lokasi bukit Panguk Kediwung

Bukit panguk kediwung dlingo ini masih satu kawasan dengan kebun buah mangunan dan hutan pinus dlingo. Dengan suguhan pemandangan alam khas dlingo yang hijau dengan udara segar pegunungan. Apalagi pengunjung datang di pagi hari buta. Beuh pemandangan alam yang hijau dengan balutan kabut yang memanjakan mata deh pokoknya.

Bukit panguk kediwung dlingo Tergolong wisata alam perbukitan yang masih sangat baru. Wisata alam di jogja ini baru di buka sekitar petengahan bulan mei tahun 2016. Wisata alam ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat.

sunrise di bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung ini berada di Dusung Kediwung Desa Mangunan Kec Dlingo, Kab Bantul. Wisata alam bukit panguk kediwung persis berada di Puncak Bukit Batu Lawang, Berjarak 2 kilometer dari Kebun Buah Mangunan.

Rute menuju ke bukit panguk kediwung pun gampang banget. Dari kota yogyakarta langsung menuju ke jalan imogiri timur. Perjalanan langsung menuju ke arah kebun buah mangunan dan hutan pinus dlingo. Setelah sampai di wilayah kebun buah mangunan , kita bisa langsung tanya ke warga arah menuju ke dusun kediwung. Jika sudah sampai di dusun kediwung disana sudah ada petunjuk arah menuju bukit panguk kediwung.

2. Tarif Di Bukit Panguk Kediwung

Untuk tarif masuk ke tempat ini masih sukarela alias tidak di patok berapa. Hanya dimintai uang oleh pengelola untuk parkir kendaraan roda dua  sebesar 2.000 dan untuk roda empat sebesar 5.000.  Gimana murah banget kan?

3. Melihat sunrise di bukit Panguk Kedawung

Bukti Panguk Kediwung menawarkan keindahan sunrise di atas awan. Sunrise ini sangat terlihat jelas karena lokasi Bukit Panguk Kediwung yang menghadap ke ufuk timur. Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan sunrise di Bukit Panguk Kediwung adalah pada pukul 05.00 pagi. Sebaiknya jika berencana datang kesini pada saat musim kemarau atau jika pada musim hujan adalah sehari setalah hujan reda ya.

sunrise di bukit Panguk Kediwung

Panorama terbaik di Bukit Panguk Kediwung adalah matahari terbit dan gumpalan kabut yang seperti awan. Gumpalan kabut ini menyerupai gumpalan awan yang membuat wisatawan menganggap saat sunrise di Bukit Panguk Kediwung serasa berada di negeri di atas awan. Kereen pisan!

4. Spot Foto di bukit Panguk Kedawung

Selain menikmati pemandangan sunrise dan kabut yang menyerupai negeri di atas awan, kita juga bisa berfoto di beberapa spot yang ada di Bukit Panguk Kediwung. Ada lebih dari lima spot foto yang bisa digunakan, tinggal pilih deh mau yang mana.

 

 

Beberapa spot di Bukit Panguk Kediwung dikenakan tarifr yang akan diminta oleh pengelola ketika kita setelah selesai berfoto. Spot foto yang ada di Bukit Panguk Kediwung seluruhnya menghadap ke tebing yang berhadapan langsung dengan hutan lebat serta di bawahnya terdapat Sungai Oya yang membentang panjang. Spot-spot foto yang ada di Bukit Panguk Kediwung berbeda dengan destinasi di sekitarnya. Spot-spot foto yang ada di Bukit Panguk Kediwung tersebut bisa dibilang anti mainstream.

Jadi, kalau tidak kebagian menikmati indahnya sunrise di atas awan ala Bukit Panguk Kediwung karena kesiangan datangnya, gak perlu kecewa. Karena terdapat cara lain menikmati Bukit Panguk Kediwung, yaitu dengan menikmati spot-spot tersebut. Beberapa spot di Bukit Panguk Kediwung ada yang berbentuk perahu kertas, kupu-kupu, istana langit, dan lain sebagainya.

5. Kuliner bukit Panguk Kediwung

Selain spot foto yang berupa gardu pandang yang menjorok ke arah tebing. Di bukit panguk kediwung sudah ada beberapa warung yang menjajakan makanan ringan dan minuman. Ditambah lagi sudah tersedua gazebo untuk sekedar melepas lelah. Disana kita bisa mencicipi kuliner khas masyarakat Dlingo. Kita juga dapat menikmati sarapan setelah melihat sunrise dan berfoto di beberapa spot tersebut.

6. Tips jika mengunjungi bukit Panguk Kediwung

Jika belum pernah mengunjungi Bukit Panguk Kediwung atau khususnya pada waktu sunrise, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu mengunjunginya. Hal penting yang harus kita persiapkan adalah fisik. Mengunjungi suatu destinasi wisata pada waktu yang tidak umum seperti halnya dini hari tentunya harus mempersiapkan fisik yang prima. Hal ini untuk mengurangi resiko kesehatan yang akan bisa menimpa kita. Selain itu, sebaiknya membawa jaket yang cukup tebal, apalagi kalau berencana datang ke ke Bukit Panguk Kediwung dengan mengendarai sepeda motor. Usahakan pukul 5.00 WIB itu sudah duduk manis di salah satu spot untuk menikmati keindahan sunrise.

sunrise di bukit Panguk Kediwung

Itu dia seputar melihat sunrise di bukit Panguk Kediwung. Semoga dapat membantu kalian yang sedang mencari informasi tentang bukit Panguk Kediwung. Untuk kalian yang ada di daerah sana tapi belum pernah datang dijamin nyesel sangat. Tunggu, selain melihat sunrise di bukit Panguk Kediwung ada yang gak kalah menarik  Batu Night Spectaculer untuk kalian baca loh.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply