Ada Apa di Seribu Batu Songgo Langit?

admin_ireztia

Setelah wisata adrenalin di Goa Jombang Jogja, ada lagi nih tempat wisata lainnya yang seru yaitu wisata Seribu Batu Songo. Wisata Seribu Batu Songgo Langit yang merupakan salah satu wisata yang berada di Jl. Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Tempat wisata ini memang benar-benar disajikan untuk para traveler yang bewisata alam di Jogja.

Masih berada di kawasan Hutan Pinus Mangunan, Dlingo, Bantul. Tempat ini juga menjadi salah satu wisata kekinian yang selalu ramai diburu oleh para wisatawan yang gemar berselfie dan berfoto ria bersama sahabat maupun keluarga tercinta.

Lalu apa yang menarik dan membuat wisatawan mengunjungi Wisata Seribu Batu Songo Langit Yogyakarta? Simak sampai tuntas di bawah ini.

Seribu Batu Songgo Langit merupakan salah satu wisata alam dengan panorama menawan memiliki konsep hampir sama seperti Hutan Pinus Mangunan. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, tempat wisata yang satu ini memiliki arti “Seribu Batu yang Menopang Langit.”

Sesuai dengan namanya, di tempat ini terdapat ribuan batu yang sangat indah dan bisa kamu jadikan sebagai spot selfie paling favorit. Selain kumpulan batu-batu indah, kamu juga bisa melihat spot berfoto yang tak boleh terlewatkan, mulai dari gardu pandang, bebatuan besar yang fotogenik, pepohonan yang indah nan rimbun, dan sampai Rumah Hobbit dan rumah kurcaci yang tak kalah hits dari yang lainnya di tempat ini.

Seribu Batu Songgo Langit

Untuk kamu yang senang dengan sesuatu yang menantang, di tempat ini bisa mencoba Flying Fox di Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta ini. Biaya yang harus dikeluarkan untuk wahana ini murah juga loh, hanya sebesar Rp15.000 per orang.

1. Lokasi Wisata Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta

Berada di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Yogyakarta, tempat ini bisa sangat mudah kamu temukan. Jika kesulitan, kamu bisa mengaksesnya dari smartphone kamu dengan menggunakan GPS yang berada pada gadget kamu nanti ya.

2. Rute Menuju Wisata Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta

Jika kamu memulai perjalanan dari Yogyakarta, tentunya kamu harus melewati Ringroad Selatan terlebih dahulu. Jika sudah sampai di perempatan terminal Giwangan, kamu harus tetap melanjutkan perjalanan menuju Imogiri Timur. Lalu diteruskan sampai bertemu dengan pertigaan Pasar Imogiri.

Kalau kamu sudah sampai pertigaan Pasar Imogiri, kamu masih harus meneruskan perjalanan menuju ke Desa Mangunan. Setelah itu kamu akan melalui jalan yang agak lumayan menanjak dan berbelok-belok, tapi kamu harus tetap berhati-hati ya.

Tak jauh dari lokasi Desa Mangunan, kamu akan bertemu dengan Restoran Bumi Langit, yang akan membawa kamu menuju Watu Goyang dan tak lama lagi kamu akan sampai pada tujuan kamu, Wisata Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta.

3.Harga Tiket Masuk Wisata Seribu Batu Songgo Langit

Karena tempat wisata ini terbilang masih cukup baru, kita tidak ditarif biaya alias GRATIS. Cukup membayar parkir saja kita sudah bisa menikmati oleh pemandangan yang indah di Wisata Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta ini. Biaya parkirnya pun tergolong murah hanya perlu mengeluarkan uang untuk sepeda motor Rp. 3.000, untuk mobil Rp. 10.000.

4. Fasilitas

Dari segi fasilitas meskipun tergolong masih baru dan masih dalam proses pembangunan pengelola sudah menyediakan Toilet, warung, dan tempat parkir.

5. Asal muasal nama Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit mendengar nama ini sangat unik, jadi penasaran asal muasalnya masyarakat nisa menyebut tempat ini Batu Sobo Langit. Warga setempat menjelaskan lokasi ini menjadi tempat wisata karena dahulunya tempat ini adalah hutan Pinus. Warga masyarakat Sukarame menggantungkan hidup nya dengan mengambil getah pohon Pinus.

Namun setelah pihak pemerintah sudah melarang mengambil getahnya namun warga Masyarakat masih di perbolehkan mengelola hutan ini menjadi lokasi wisata.

Karena di hutan ini banyak Batu Besar yang bersebaran hal ini membuat para masyarakat berinisiatif untuk memanfaatkan Batu-batu besar ini sebagai spot Selfie dan menamakan Seribu Batu Songgo Langit yang berarti ribuan batu yang menopang langit karena batunya yang besar-besar dan kokoh.

6. Tempat Wisata yang Menarik

Banyak Spot selfie yang menarik sehingga banyak wisatawan yang mulai penasaran dan ingin berfoto di sana sembari menikmati kesegaran Hutan Pinus ini. Sebagai daya tarik wisatawan pengelola membangun dan menata ranting dan pepohonan menjadi sebuah jembatan untuk tempat selfie jembatan ini di namakan jembatan jomblo.

Selain itu pengelola juga membangun spot Selfie seperti bunga matahari mekar, Flaying fox di antara pepohonan Pinus. Spot selfie rumah yang terbuat dari ranting dan pohon. Yang paling di buru wisatawan yakni berselfie di Rumah Hobbit yang baru pertama di Jogja loh.

 

Lokasi wisata Seribu Batu Songgo Langit ini sangat cocok buat kamu yang ingin mengenal alam dan menikmati udara segar. Karena tempat wisata ini masih tergolong baru namun tempat ini tak kalah dengan lokasi wisata yang berada di desa Mangunan. Lokasi Seribu Batu Songgo Langit sebenarnya masih berdekatan dengan kebun buah Mangunan, puncak Becici dan Watu Goyang. Lebih tepatnya kalau mau ketempat ini berada di sebelah timur dari Watu Goyang.

Nah wisata Seribu Batu Songgo Langit ini sangat direkomndasikan untuk kamu yang akan berencana berwisata ke Kota Jogja. Tapi, jika sudah berada di Seribu Batu Songgo Langit nanti, jangan lupa untuk tetap menjaga lingkungan sekitar. Dan dilarang membuat sampah apapun disana ya. Selain tempat ini kunjunginjuga Bukit Lintang Sewu Bantul, disitu kamu bisa melihat sunset yang romantis di Bukit Lintang Bantul.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply