Pesona Pantai Mandorak di Pulau Sumba Yang Tersembunyi

admin_ireztia

Indonesia adalah Negara maritim yaitu negara kepulauan terbesar di dunia dan sebagian besar wilayahnya adalah perairan. Sehingga tak aneh jika Indonesia mempunyai pantai yang mempunyai keindahan luar biasa. Salah satunya pantai di Pulau Sumba, yaitu pantai Mandorak. Pesona Pantai Mandorak ini sangat menarik hati membuat kita betah menikmati keindahan alamnya.

Kawasan Sumba, Nusa Tenggara Timur, memang terkenal dengan eksotisme alamnya. Bahkan, di tempat ini, banyak sekali pesona pantai yang memiliki surga tersembunyi. Seperti pesona Pantai Mandorak, yang terletak di Desa Kalena Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT.

Seperti apa pesona Pantai Mandorak yang berada di pulau Sumba ini? Simak sampai habis ya, kamu pasti pengen melihat langsung keindahannya.

Pantai Mandorak

Pantai Mandorak adalah sebuah pantai yang indah di Daerah Sumba. Tempat ini memiliki pasir putih bersih dan berkilau seperti mutiara. Karena keindahan yang dimilikinya, Anda akan betah untuk berlama-lama di pantai ini. Gelombang pantai yang sangat kuat merupakan salah satu ciri pantai di pesisir selatan Sumba.

Pesona Pantai Mandorak

Gelombangnya cukup besar namun relatif aman, sehingga pantai ini juga terkenal bagi banyak peselancar internasional. Mereka memilih datang ke Pantai Mandorak karena ketenangannya terutama bila dibandingkan dengan pantai di Bali dan Lombok.

Rute menuju Pantai Mandorak

Pantai Mandorak berjarak kurang lebih 2 kilometer dari Danau Weekuri. Tidak ada transportasi umum menuju kawasan ini. Wisatawan harus sewa mobil atau sepeda motor dari ibukota Sumba Barat Daya, Tambolaka. Alternatif lainnya, pengunjung bisa naik ojek dengan harga sesuai kesepakatan.

Tambolaka merupakan ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya. Bisa dijangkau dengan penerbangan Denpasar – Tambolaka selama kurang lebih 50 menit. Bila turun ibu kota Sumba Timur, Waingapu, maka terlebih dulu harus melanjutkan perjalanan darat selama kurang lebih empat sampai lima jam.

Pesona Pantai Mandorak

Jika datang dari Bandara Tambolaka, kita memiliki dua pilihan transportasi, yaitu dengan mobil dan sepeda motor. Jalan utama dari Bandara Tambolaka ke Desa Kalenarongo dalam kondisi baik dan mulus.  Tapi, akses dari jalan utama ke pantai berkelok-kelok. Jalan setapaknya sempit hanya 1,5 meter dan dipenuhi oleh kerikil dan batu. Selain itu, kita akan melalui tanaman liar di sepanjang jalan. Dari Pero Batang, dibutuhkan sekitar 30 menit.

Meski sulit mengakses pantai, namun setelah sampai di surga yang tersembunyi, gak akan menyesal deh menghabiskan petualangan menuju pantai. Kita akan kagum melihat pesona Pantai Mandorak. Berbeda dengan pantai-pantai lain di Sumba yang memiliki garis pantai luas dan panjang. Pantai Mandorak hanya memiliki lebar sebesar 50 meter.

Pesona Pantai Mandorak

Di balik karang yang terjal tersembunyi pantai indah nan menawan dengan pasir putih yang tidak terlalu luas. Bagi yang penasaran untuk menjajal menceburkan diri ke air, sebaiknya pertimbangkan kembali, karena ombak di pantai ini cukup besar, dan batu karang yang tersebar di sekitar pantai.

Jika memaksa berenang di sekitaran Pantai Mandorak harus waspada. Dikarenakan posisi Pantai ini berada di balik dua tebing yang curam dengan jarak kurang lebih 5 meter. Kolong di antara dua tebing tersebut seolah-olah menjadi pintu masuk air laut menuju Pantai Mandorak. Itulah alasannya arus dan ombak yang besar akan mudah menarik/menyedot pengunjung yang sedang melakukan renang di pantai.

Pesona Pantai Mandorak

Memang kita harus mengetahui kapan siklus arus gelombang ombaknya melandai dan kapan pula membumbung tinggi. Tapi bagi wisatawan manca negara tidak memperdulikan sama sekali dan menganggapnya sebagai tantangan menarik. Selain itu, di tempat ini juga terdapat curug yang dapat digunakan untuk mandi oleh para pengunjung.

Pada daratan sisi selatan laut atau sisi barat pantai, lahan seluas lebih dari satu hektar sudah dikelola oleh Mr. Charly cs, peminat wisata pantai asal Perancis. Di tempat ini dibangun sebuah rumah adat asli Sumba, berbahan dasar kayu, bambu, tali hutan dan beratap alang-alang dengan menara berpola joglo. Seluruh keliling batas lahan dibangun pagar batu dengan konstruksi gaya Sumba tanpa semen yang disebut atur.

Sentuhan Mr. Charly cs itu, memperkaya keindahan Pantai Mandorak sehingga makin mempesona. Daya tarik pesona lain dari Pantai Mandorak adalah dapat menikmati sunrisedi pagi hari dan sekaligus juga sunset di sore hari. Saat menjelang senja, jangan buru-buru meninggalkan pantai, luangkan waktu sejenak untuk melihat megahnya pemandangan sunset di Pantai Mandorak ini.

Fasilitas

Fasilitas dan akomodasi di tempat ini terbatas. Namun, yang mengherankan adalah wisatawan mancanegara lebih memilih akses alam menuju pantai. Bagi mereka, kondisi ini memberikan sensasi berbeda. Petualangan ke pantai akan bernilai setelah pengunjung tiba di Pantai Mandorak.

Disini kita akan menemukan satu-satunya gedung yang dimiliki oleh orang Prancis. Bangunan menghadap ke laut dan mengadopsi rumah tradisional dari Sumba. Jika berencana menginap di sana, kita bisa menginap di Bungalow di sekitar Pantai Mandorak.

Berikut ini tips jika kamu berniat mengunjungi Pulau Mandorak :

  1. Untuk yang tak bisa berenang, menjauhlah dari bibir pantai karena ombak di daerah ini sangat ganas.
  2. Bawalah baju ganti jika berniat bermain di area pantai. Tersedia toilet yang bisa digunakan untuk mandi dan berganti baju di sekitar pantai.

Apakah kamu ingin melihat langsung pesona Pantai Mandorak di Sumba Barat Daya? Jika ya, yuk rencanakan perjalanannya mulai dari sekarang! Baca juga nih buat kamu yang berencana untuk memutihkan kulit dengan cara Suntik / Infus Whitening.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply