7 Destinasi Pantai Selatan Terbaik di Jogja

admin_ireztia

Kota Jogja terletak di sisi samudera Hindia. Oleh karena itu Kota Jogja mempunyai banyak pantai. Pantainya pun mempunyai pemandangan alam yang cantik loh. Untuk itu kali ini kita akan membahas Pantai Selatan terbaik di Jogja.

Mau tau Pantai Selatan terbaik di Jogja mana saja yang harus kamu kunjungi? Simak penjelasan  Pantai Selatan terbaik di Jogja di bawah ini :

1. Pantai Ngobaran

Lokasi : Desa Kanigoro, kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
Biaya : Rp. 3.000 termasuk Pantai Ngreneh.

Pantai Selatan Terbaik di Jogja yang pertama ada Pantai Ngobaran. Untuk sampe ke Pantai Nglambor butuh waktu sekitar 2 jam. Dari Yogyakarta kita ke arah lapangan terbang Gading, ada pertigaaan belok kanan arah Playen. Terus ke Paliyan, ambil ke arah Trowono, dan Kanigoro setelah itu sampe di Pantai Ngobaran.

Banyak orang-orang bilang Pantai Ngobaran adalah Pantai Gunung Kidul rasa Bali. Pantai Ngobaran emang unik dan paling beda dibandingin pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Bangunan yang paling jelas terlihat adalah tempat ibadah semacam pura dengan patung-patung dewa berwarna putih yang bikin Pantai Ngobaran serasa di Bali.

Pantai Selatan Terbaik di Jogja

Kalo kita nyusuri jalan setapak yang ada di depan joglo, kita bakal nemuin sebuah kotak batu yang ditumbuhi tanaman kering. Tanaman itu dipagerin kayu warna abu-abu. Titik di mana ranting kering ini tumbuh konon merupakan tempat Brawijaya V berpura-pura membakar diri. Hal itu dia lakuin karena Brawijaya V nggak mau perang ngelawan anaknya sendiri, Raden Patah (Raja I Demak).

Nggak jauh dari situ, ada masjid terbuka berukuran kurang lebih 3×4 meter yang lantainya pasir. Uniknya, kalo kebanyakan masjid di Indonesia menghadap ke Barat, masjid ini menghadap ke Selatan. Jika waktu  sholat tiba imamnya akan menghadap ke laut lepas. Jika air laut surut, kita bisa ngeliat hamparan alga (rumput laut) yang warnanya hijau dan coklat. Di sela-sela karang, ada puluhan jenis binatang laut, landak laut, bintang laut, sampe kerang-kerangan.

Kalo kita berkunjung ke Pantai Ngobaran jangan lupa cicipin wisata kuliner yang terkenal di sini yaitu bulu babi goreng ya.

2. Pantai Nglambor

Lokasi : Dusun Ngandong, Purwodadi, Tepus, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta.
Biaya : Rp. 5.000 termasuk Pantai Jogan dan Pantai Siung.

Dari Kota Yogyakarta Anda mengarah ke timur menuju Wonosari, lalu belok ke selatan melewati Jalan Kasatrian menuju Pantai Siung. Kurang lebih 2 kilometer setelah pos retribusi Pantai Siung, belok kanan dan ikuti petunjuk arah menuju Pantai Nglambor.

Pantai Nglambor punya dasar laut  aquarium raksasa alami menjadikan salah satu pantai Selatan terbaik di Jogja. Walaupun letak Pantai Glambor berhadapan langsung sama Samudera Hindia, tapi kita tetep bisa berenang dan juga snorkeling di sini lho. Dua bukit karang di depan pantai nglambor yang mirip kura-kura bernama Watu Kuntul dan Watu Kalong ini berfungsi sebagai penahan terjangan ombak dari Samudra Hindia yang ganas. Jadi lebih aman kalo mau berenang di pantai ini.

Pantai Selatan Terbaik di Jogja

Keindahan bawah air Pantai Nglambor ini juga nggak kalah sama keindahan pantainya sendiri. Selain ditumbuhin karang-karang, ada juga banyak coral-coral, ikan, dan macam-macam tumbuhan laut yang bisa kita liat langsung. Pantai Nglambor merupakan tempat konservasi terumbu karang dan hewan laut lainnya yang ada di pantai ini.

Masyarakat sekitar melarang siapapun supaya nggak nangkep ikan di area Pantai Nglambor kecuali setahun sekali. Buat jaga ekosistem laut Pantai Nglambor biar nggak rusak, kalo mau menangkap ikan kita harus pake cara tradisional dengan gawar, kayak jaring dari pohohon wawar yang dibentangin sepanjang pantai, proses itu di luar musim pemijahan ikan.

Di Pantai Nglambor juga ada penyewaan alat snorkeling, jadi kita nggak usah repot-repot bawa peralatan snorkeling dari rumah. Paket snorkeling di Pantai Nglambor cuma Rp. 50.000,- udah termasuk sewa masker, snorkel, sepatu karet, life jacket, guide, foto underwater, welcome drink, dan penitipan barang. Murah bangetkan!

3. Pantai Sadranan

Lokasi : Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
Biaya : Rp. 10.000 termasuk Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Pulang Syawal(Indrayanti), Pantai Baron, dan Pantai Poktunggal.

Untuk menuju Pantai Sadranan butuh waktu kurang lebih 2-3 jam dari pusat kota Yogyakarta. Dari Yogyakarta ke arah Wonosari. Kalo udah sampe Wonosari, ambil jalur ke arah ke Pantai Baron. Setelah ngelewatin pos retribusi, kita bakal liat pertigaan yang ke kanan Pantai Baron, nah kita lurus terus aja ke arah Pantai Krakal. Pantai Sadranan ini

Pantai Sadranan merupakan pantai Selatan terbaik di Jogja. Jika mau refreshing ke sini, selain bisa santai sambil nikmatin view-nya kita juga bisa snorkeling atau surfing lho! Nggak punya alat snorkeling? Tenang aja karena ada tempat penyewaan alat-alat snorkeling di pantai ini. Dengan membayar Rp 50.000/pax kita bisa snorkeling selama dua jam terus dapat alat snorkel berupa kacamata, selang, pelampung, dan sepatu plus pemandu yang bakal nunjukin spot-spot menarik di sini.

Pantai Selatan Terbaik di Jogja

Salah satu spot favorit di Pantai Sadranan adalah spot Watu pecah dan Kali Senggoro. Di dua spot ini snorkeler bakal disuguhin pemandangan biota laut yang masih alami seperti terumbu karang dan spesies–spesies langka yang dilindungi kayak ikan Kepe–Kepe, Areng–Areng, Morish Idol, Botana Kuning, Botana Achilles, Ikan Lepu, Kerondong (Belut Moray), anakan Kerapu, Belanak, Muniran/ Pajung Pari, ikan Buntal dan ikan Neon, dan lain–lain. Kita juga bisa camping di Pantai Sadranan lho.

Kalau kita nggak bawa dome bisa juga lho sewa dome di sekitar lokasi pantai. Harga yang di bandrol untuk sewa dome sekitar Rp50.000 untuk 24 jam dan udah di lengkapi fasilitas karpet dan kapasitas empat orang untuk satu dome. Di deket Pantai Sadranann juga ada gubuk yang nyaman dan muat belasan orang bisa kita pake buat kumpul sama temen-temen atau keluarga sambil nikmatin pemandangan laut.

4. Pantai Baron

Lokasi : Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
Biaya : Rp.10.000 termasuk Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Pulang Syawal(Indrayanti), Pantai Sadranan, dan Pantai Poktunggal. Plus biaya parkir, untuk mobil biasanya Rp. 5.000 dan motor Rp. 2000.

Untuk sampe ke Pantai Baron butuh waktu 2 – 2,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Kalo kita naik kendaraan pribadi dari kota Jogjakarta, kita bisa lewat Wonosari selama 30 km terus ke Jalan Baron 20 km dan ikutin papan petunjuk jalan yang ngarahin ke Pantai Baron. Kalo naik transportasi umum, dari Terminal Giwangan Yogyakarta, kita bisa naik minibus jurusan Yogyakarta-Wonosari. Pas udah sampe Wonosari lanjut lagi naik minibus menuju Pantai Baron.

Pantai Selatan Terbaik di Jogja

Di Pantai Baron ada tempat pelelangan dan pasar ikan, jadi kita bisa beli ikan segar hasil tangkapan nelayan di sini. Pantai Baron juga dikenal sebagai salah satu pusat kuliner seafood di Gunungkidul. Uniknya, di atas bukit karang sebelah timur, ada menara putih tinggi yang mirip kayak Minas Tirith dari trilogy The Lord of The Ring.

Mercusuar yang tingginya 40 meter ini, didirikan untuk mengganti mercusuar lama. Fungsi asli Mercusuar Tanjung Baron ini untuk memandu kapal yang melintas, walupun sekarang kebanyakan kapal udah punya alat navigasi yang lebih canggih.

Mercusuar ini juga jadi penanda jarak dan terpisah setiap 12 mil laut (sekitar 22 km), semuanya dioperasikan sama Dirjen Perhubungan Laut dengan kantor pusat di Cilacap. Lampu di atas menara berputar-putar supaya mudah menarik perhatian pelaut. Kalo kita mau liat pemandangan Pantai Baron dan sekitarnya lebih jelas, kita bisa naik ke mercusuar ini.

Pantai Baron diapit dua bukit karang yang tinggi, di sini kita nggak diperbolehkan untuk berenang karena ombaknya tinggi, nanti kita bisa keseret sampe tengah laut. Setujukan kalau Pantai Baron merupakan pantai Selatan terbaik di Jogja?

5. Pantai Wedi Ombo

Lokasi : Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
Biaya : Rp. 5.000.

Kalo kita bawa kendaraan pribadi, kita bisa menyusuri Pantai Siung, Tepus terus belok kanan sampai Girisubo. Kalo naik kendaraan umum, dari Terminal Giwangan naik bus jurusan Jogja-Wonosari. Pas sampe di Wonosari, lanjut lagi naik bus kecil jurusan Wonosari-Jepitu. Bus ini berangkat setiap 20 menit sekali. And then, kita turun di pertigaan Jepitu. Dari pertigaan itu kita bisa naik ojek buat sampe ke Pantai Wedi Ombo.

Selain pasirnya putih kecoklatan dan air laut yang jernih, pantai ini punya keunikan lain yaitu batu karang halus di bibir pantai. Kalo ke sini kita harus ngelewatin beberapa puluh anak tangga untuk turun. Di sini kita juga bisa nyobain wisata unik yang ektrim yaitu mancing di ketinggian bukit karang. Jangan kira gampang ya, karena untuk ke sana kita harus jalan kaki dulu kurang lebih satu jam, lumayan jauh ya.

Pantai Selatan Terbaik di Jogja

Kalo kita nggak pengen mancing kita bisa beli ikan hasil pancingan warga. Pantai Wedi Ombo juga jadi salah satu destinasi para pemburu ombak. Kalo kita belum pernah surfing sama sekali, kita bisa hubungin temen-teman Wedi Ombo Surfing Society (WOSS) di sekitar lokasi. Harga yang ditawarin relatif murah  cuma Rp. 100.000. Kita bisa ikut kelas singkat surfing selama 1,5 jam dapet penjelasan teori, langsung praktik udah termasuk sewa surfboard, jasa pemandu, dan foto.

Selain punya ombak yang asyik buat berselancar, Pantai Wedi Ombo juga dikenal memiliki panorama sunset paling spektakuler dibandingin pantai-pantai Gunungkidul lainnya.

6. Pantai Sundak

Lokasi : Dusun Pule Gundes, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
Biaya : Rp. 10.000 include Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Pulang Syawal(Indrayanti), Pantai Sadranan, dan Pantai Poktunggal.

Untuk menuju ke Pantai Sundak ada akses kendaraan umum. Kita bisa naik bus dari Terminal Giwangan sekitar 1 jam untuk tiba di Pasar Wonosari. Lalu naik bus kecil jurusan Pantai Baron atau Pantai Krakal. Kira-kira sekitar 40 menit untuk sampai di Pantai Sundak.

Pantai Selatan Terbaik di Jogja

Pantai Sundak pantai Selatan terbaik di Jogja yang harus kamu kunjungi. Pantai ini punya pasir putih kecoklatan plus air laut yang bersih. Ada warung-warung makan dan gubuk-gubuk kecil yang disewain sama penduduk lokal di sekitar pantai. Jadi wisatawan berkunjung ke Pantai Sundak bisa berteduh sambil nikmatin keindahan alam yang ada dari pinggir pantai. Biaya sewa gubuk di Pantai Sundak cuma Rp. 30.000 dan nggak ada batesan waktu. Ada juga fasilitas kamar kecil dan mushola di pantai ini.

7. Pantai Jogan

Lokasi : Dusun Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
Biaya : Rp5.000 include Pantai Siung dan Pantai Nglambor.

Dari Yogyakarta kita ke arah timur menuju Wonosari. Terus ambil jalan ke selatan menuju Jalan Kasatrian hingga Pantai Siung. Sampe di Pos Retribusi Pantai Siung, 400 meter lagi ada papan kayu penunjuk arah menuju Pantai Jogan.

Pengen nikmatin air terjun yang ada di tepi pantai? Dateng aja ke Pantai Jogan. Pantai ini pantai Selatan terbaik di Jogja. Tersembunyi di balik perbukitan kapur di kawasan geopark Gunung Sewu. Pantai Jogan punya air terjun yang indah dan diapit tebing-tebing tinggi khas pegunungan kapur. Selain bisa nikmati keindahan Pantai Jogan dan deburan ombaknya kita juga bisa nikmati air terjun yang segar lho!

Pantai Selatan Terbaik di Jogja

Air terjun di Pantai Jogan ini airnya berasal dari perbukitan karst yang ada di belakang Pantai Jogan. Air terjun ini punya keunikan yang airnya langsung menuju ke laut. Hal ini dikarenakan Pantai Jogan nggak punya garis batas laut. Pantai Jogan juga punya tebing yang lumayan tinggi. Dinding pantai tebing yang tajam dan bebatuan koral yang tertata rapi nandain kalo batu ini kokoh banget. Kita juga bisa ngeliat tumbuhan pandan dari atas tebing karang.

Ternyata Kota Yogya  punya banyak pantai yang wajib dikunjungi. Eits kalau kamu lagi bingung tentang penginapan, ada banyak Hostel Jogja yang murah lho. Dudu kamu kapan rencananya mengunjungi Kota Jogja? Jangan sampai kelewat untuk mengunjungi pantai Selatan terbaik di Jogja ya!

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply