Lava Tour Merapi : Serunya Berkelana di Kaki Merapi

admin_ireztia

Siapa yang tak kenal Merapi? Gunung ini sering banget kita dengar di berita karena status gunungnya yang sering berganti-ganti. Terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini bisa jadi merupakan gunung yang terkenal di Indonesia. Setelah sebelumnya kita membahan melihat sunrise dan sunset di Tebing Breksi sekarang kita akan membahas serunya Lava Tour Merapi di Kaki Merapi.

Berbahayakah? Makanya simak penjelasannya berikut agar kamu tahu bagaiaman persiapan yang aman jika akan berkelana di Kaki Merapi.

Gunung yang terletak dalam satu garis lurus dengan Tugu Jogja, Kraton, dan Pantai Parangtritis ini menjadi gunung berapi paling aktif di Indonesia bahkan dunia. Nyaris setiap 4 tahun sekali Merapi erupsi dan memuntahkan material vulkanik yang meluluhlantakkan desa-desa di sekitarnya. Meski begitu, orang-orang tetap mencintainya dan kembali tinggal di lereng Merapi.

lava tour merapi

Jika ingin mengikuti Lava Tour Merapi kita akan diajak menyusuri kaki Merapi menggunakan jeep Willys buatan Amerika. Selain willys, ada juga kendaraan adventure lainnya yang tak kalah gagah. Rute yang ditempuh bermula dari Parkiran Tlogo Putri, Kalikuning, hingga bunker Kaliadem dan kembali lagi ke Kaliurang.

Semakin jauh rute yang kamu pilih, semakin banyak tempat yang bisa kamu lihat. Bahkan jika memilih paket Long Trip kamu bisa mengunjungi makam Mbah Maridja. Selama mengikuti paket wisata ini kamu juga akan diajak singgah ke berbagai tempat yang memiliki kisah menarik.

Lokasi dan Rute Lava Tour Merapi

Starting point paket Lava Tour Merapi ini ada dua, pertama di Terminal Tlogo Putri, Kaliurang dan yang kedua di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo. Dari Yogyakarta bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi salam 30 – 45 menit menyusuri Jalan Kaliurang ke utara. Jika ingin naik angkutan umum kamu bisa memulai dari Terminal Condongcatur, lantas naik angkot jurusan Jogja – Kaliurang dan turun di Terminal Tlogo Putri.

Harga dan Rute Lava Tour Merapi (via Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo)

Short Trip Lava Tour Merapi
Durasi sekitar 1 hingga 1,5 jam dengan tarif Rp 400.000.
Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem.

Medium Trip Lava Tour Merapi
Durasi sekitar 2 jam dengan tarif Rp 450.000.
Opsi pertama: Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem – Makam Mbah Marijan.
Kedua: Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem – Taman Nasional Plunyon.
Opsi ketiga: Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Kali Kuning (spot air).

Long Trip Lava Tour Merapi
Durasi sekitar 2 hingga 2.5 jam dengan tarif Rp 550.000.
Opsi pertama: Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem – Makam Mbah Marijan – Buit Glagah Sari, Klangon.
Opsi kedua: Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem – Kali Kuning (spot air).

Sunrise Trip Lava Tour Merapi
Trip dimulai pukul 04.30 WIB, durasi sekitar 2.5 jam dengan tarif Rp 450.000.
Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Bukit Kaliadem – Batu Alien – Mini Museum Sisa Hartaku.

lava tour merapi

Tarif tersebut sudah termasuk asuransi jasa raharja untuk 4 orang penumpang.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Ketika Lava Tour Merapi

Touring Menggunakan Jeep
Berkelana di Kaki Merapi dimulai dengan touring di Lereng Merapi menggunakan jeep terbuka. Di sepanjang jalan kamu bisa menyaksikan pemandangan yang beragam seperti perkampungan yang sudah rata dengan tanah, lautan pasir, hingga Merapi yang berdiri dengan megahnya.

lava tour merapi

Semua ini akan membuat berdecak ngeri ataupun kagum terhadap kebesaran Tuhan. Petualangan dilanjutkan menyusuri dengan hamparan pasir luas lengkap dengan batu-batu besar yang berserakan. Sebagai penutup perjalanan, kita akan melewati jalanan sempit dengan turunan curam dan berkelok, seru banget deh pokoknya.

Mengunjungi Mini Museum Sisa Hartaku
Di tempat ini kita akan melihat saksi bisu letusan Merapi. Botol kaca yang meleleh, kerangka sepeda motor, peralatan dapur yang rusak dan berselimut abu, mesin jahit, tabung televise hingga hewan peliharaan yang hanya tersisa kerangkanya merupakan koleksi mini museum ini. Sebuah jam dinding yang berhenti di angka 00.05 menjadi penanda waktu terjadinya kisah pilu tersebut.

Mengunjungi Bunker Kaliadem

Kawasan Kaliadem merupakan pemberhentian utama dari tour ini. Sebelum terjadi erupsi, kawasan ini merupakan hutan yang cukup asri namun kini semua sudah rata dengan pasir. Di Kaliadem kamu bisa menyaksikan Merapi yang berdiri dengan gagah serta masuk ke sebuah bunker yang dibangun untuk menyelamatkan diri tatkala terjadi erupsi.

lava tour merapi

Menyaksikan Sunrise
Kalau kamu suka momen sunrise, tak ada salahnya mengikuti Lava Tour Merapi paket sunrise. Pastikan kamu bangun pagi-pagi benar supaya tidak keduluan matahari. Melihat sunrise dari kaki gunung pasti akan menimbulkan sensasi yang berbeda jika dibandingkan dengan sunrise di laut atau pun di puncak. Saat pagi hari, kamu juga bisa melihat Merapi secara jelas hingga lekuk-lekuknya. Langit yang biru bersi tanpa awan semakin mempercantik pemandangan. Oya, sebelum mengikuti paket ini pastikan baterai ponsel atau kameramu terisi penuh sebab pagi hari merupakan waktu yang sempurna untuk mengambil gambar.

Tips Mengikuti Wisata Lava Tour Merapi

1. Kenakanlah jaket atau sunblock. Meski udaranya terkesan sejuk, namun paparan sinar matahari secara langsung selama berjam-jam bisa membuat kulit gosong.
2. Pakailah masker dan kacamata untuk melindungi diri dari debu dan pasir yang berterbangan ketika sedang mengikuti perjalanan lava tour Merapi ini.
3. Jalur yang menantang dan rute yang terjal dalam lava tour Merapi ini membuat aktivitas ini tidak disarankan bagi ibu hamil.
4. Saat akhir pekan atau hari libur bisanya banyak wisatawan yang mengikuti Lava Tour Merapi. Supaya kamu tidak perlu antri terlalu lama, ada baiknya kamu reservasi lebih dahulu.
5. Usahakan berkunjung ke Kaliurang untuk mencoba Merapi Lava Tour pada musim kemarau. Panorama Gunung Merapi akan terlihat jelas, kita pun tak perlu basah-basahan sepanjang perjalanan.

6. Jika ingin sedikit pemacu adrenalin, cobalah Merapi Lava Tour saat hujan. Cipratan air dari atas dan sepanjang jalur lintasan Jeep akan menambah seru pengalaman berkelana di Kaki Merapi. Warung-warung juga biasa menjual jas hujan murah, dengan harga sekitar Rp 5.000-10.000.

Semoga tips-tips diatas bisa membantu kamu yang berencana berkelana di Kaki Merapi yah. Dijamin berwisata kesini merupakan pengalaman seru yang sulit untuk dilupakan.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply