Uniknya Kuliner Khas Pulau Sumba Bikin Gak Tahan Diet!

admin_ireztia

Selain mengunjungi Pantai Mandorak jangan lupa menikmati kuliner khas Pulau Sumba. Seperti kebanyakan wilayah lain di Indonesia, Pulau Sumba juga memiliki kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung. Sebenarnya makanan khas Sumba sangat beragam. Sayangnya, masyarakat setempat setempat belum berminat untuk mengembangkan kuliner khas Pulau Sumba.

Penasaran apa saja kuliner khas Pulau Sumba? Siapkan dulu nasi sepiring beserta lauknya ya, karena takut setelah baca ini kamu akan kelaparan.

Ini dia kuliner khas Pulau Sumbawa :

1.Ayam Waingapu.

Sup Ayam Waingapu. Kamu bisa berharap mendapati potongan ayam dengan irisan tomat dan belimbing wuluh yang disiram sup penuh kaldu di kuliner ini. Seruputan pertama akan membuat mulutmu dikejutkan rasa asam yang menyegarkan. Ayamnya empuk dengan rasa kuah yang begitu unik. Bukan dari asam jawa, rasa masam di kuah sup ayam waingapu ini merupakan kombinasi kombinasi tomat, belimbing wuluh, dan daun kemangi.

2.Manu Pata’u Ni

Manu Pata’u Ni, atau ayam kampung yang dimasak dengan santan. Kuah santannya disajikan secara terpisah. Ayam kampung ini cocok dimakan dengan Nga’a Watary Patau Kabbe. Nasi jagung yang telah dicampur kacang merah. Jagung terlebih dahulu digiling. Kacang merah dimasak hingga pecah, baru dimasukkan jagung. Teksturnya yang kasar cocok dikuahi dengan kuah santan dari ayam.

kuliner khas Pulau Sumba

3.Martabak ayam.

Jajanan ini dikatakan sebagai santapan terbaik selama di Sumba oleh lumayan banyak pelancong. Tak seperti martabak manis yang biasa dijumpai di Jawa, rasanya lebih mirip martabak telur. Hanya saja, isi adonannya merupakan daging ayam giling yang lembut. Dipadu dengan sambal cair, martabak ini punya tekstur sempurna, yakni renyah di luar, lembut di dalam.

kuliner khas Pulau Sumba

4.Ka pu Pantunnu.

Berbahan dasar jantung pisang, tapi kuliner ini punya wangi khas yang muncul dari daun kemangi. Cara penyajiannya, yakni bagian tengah jantung pisang yang masih lembut diambil lalu dibakar. Kemudian, dicampur dengan kelapa parut muda yang sudah dipanggang. Menyantap ka pu pantunnu ditemani sepiring nasi jagung rasanya akan pas. Soal rasa, kuliner Sumba dijamin tak terlupakan.

5.Raooluwa Paba’i

Kuliner Pulau Sumbawa selanjutnya adalah raooluwa paba’i. Rupanya seperti bubur, biasanya disantap sebagai pembuka atau bisa juga bersamaan dengan hidangan lain. Tak ada alasan untuk tidak mencicipi kuliner yang satu ini karena gampang banget ditemui di warung makan di Sumba.

Makanan yang satu ini berbahan dasar daun singkong yang dicampur dengan beras lalu ditumbuk hingga sedikit halus. Setelah ditumbuk, daun ubi yang suda tercampur beras tersebut kemudian direbus dan dicampurkan dengan santan. Dihidangkan dalam keadaan panas, makanan yang satu ini cocok untuk menghangatkan tubuh dikala hujan turun atau malam hari.

6.Rowo Kabata

Masakan ini berupa sayur bening yang memakai daun singkong, daun pepaya, atau daun ubi. Beberapa orang suka mencampurnya dengan bunga pepaya. Rasanya memang pahit namun rasa gurihnya pun terasa. Lezat deh pokoknya.

7.Bokosawu Nyale

Ini dia kuliner khas Sumba yang nyeleneh yaitu sambal Bokosawu Nyale. Sambal yang ini jarang ada sebab menggunakan nyale sebagai bahan dasar nyale atau cacing laut hanya muncul setahun sekali. Nyale mentah hanya dicampur dengan kemangi dan perasan jeruk perut.

kuliner khas Pulau Sumba
Pertama melintas lidah, memang terasa aneh. Namun, semakin disantap, rasanya semakin enak. Nyale terasa kenyal dan gurih, serta tak berbau amis karena aroma wangi kemangi.

8.Nyale Pa’dongo

Jika tak doyan yang mentah, kamu bisa memilih sambal Nyale Pa’dongo. Nyale disangrai dengan kelapa parut, bawang merah, bawang putih, jahe, daun kemangi, dan lombok. Selintas seperti serondeng. Sebab bahan-bahan diaduk terus hingga kering dan menyatu. Nyale nyaris tak terlihat.

9.Bokosawu Karagge

Satu lagi sambal unik yang bisa kamu cicip di Sumba. Kalau nyale dari cacing laut, karagge merupakan sambal yang terbuat dari kepiting air tawar. Warnanya hitam dan punya tekstur sedikit mirip nyale. Bokosawu Karagge berwarna hitam karena terbuat dari kepiting air tawar yang memang memiliki warna hitam Sambal ini biasanya disajikan bersama kuliner khas Sumba lain sebagai pelengkap makanan.

10.Toro Poddu

Sambal Toro Poddu terbuat dari terong mentah dan dicampur kemangi serta cabai lombok. Hemh membayangkannya aja air liur terasa penuh di mulut.

11.Kalowo Paba’i

Untuk hidangan pencuci mulut bisa mencoba rujak Kalowo Paba’i dari pepaya. Pepaya dicampur cabai lombok, gula, garam, kasa atau sejenis buah asam, dan daun asam hutan. Tanaman ini memang khas Sumba, daunnya berduri dan mengeluarkan rasa asam.

12.Ka’pu Pantunnu

Di beberapa daerah Indonesia, sudah banyak kuliner yang menggunakan jatung pisang. Nah, kuliner khas Pulau Sumba ini juga memiliki menu yang berbahan dasar jantung pisang muda bakar yang diolah dengan campuran parutan kelapa yang telah dipanggang. Ciri khasnya adalah aroma wangi yang muncul dari daun kemangi. Daun kemangi yang tumbuh di Pulau Sumba ini memang memiliki aroma wangi yang khas dan kuat.

kuliner khas Pulau Sumba

Olahannya berupa jantung pisang bagian tengah yang masih lembut dibakar lalu dicampur kelapa parut setengah tua yang sudah dipanggang. Ketika sajian ini dihidangkan, aroma harum akan langsung tercium dari campuran rempah-rempah serta potongan daun kemangi. Agar lebih kenyang, warga Sumba biasanya menambahkan nasi sebagai penyempurna sajian ini. Semakin sedan jika disantap dengan nasi jagung.

13.Manggulu

Jika telah selesai mencicipi kuliner Sumba dengan cita rasa gurih, saatnya mencicipi kuliner khas Pulau Sumba yang rasanya manis. Salah satu kuliner manis yang ada di Sumba adalah Manggulu. Manggulu adalah olahan pisang, gula merah, dan kacang yang proses pembuatannya memakan waktu yang cukup lama, yaitu 3 hari. Kudapan manis ini berbentuk panjang dan biasanya dibungkus dengan daun pisang atau daun lontar. Kita bisa membeli ini sebagai oleh-oleh dari Pulau Sumba!

Kuliner khas Sumbawa ini bikin lapar kan. Makanan-makan ini bisa dijadikan rekomendasi jika kalian berenana traveling ke Pulau Sumba.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply