Menikmati Keindahan Alam di Pantai Cemara Sewu

admin_ireztia

Penasaran ada gak ya yang gak suka dengan keindahan pantai. Keindahan Pantai itu menurut aku sesuatu hal yang bisa membuat mood jadi bagus alias mood booster. Kalau pikiran lagi mumet terus pergi ke pantai rasanya itu langsung nyes adem. Nah ada satu pantau namanya Pantai Cemara Sewu yang bakal bikin inget terus keindahannya. So kali ini aku akan bahas tentang keindahan alam di Pantai Cemara Sewu.

keindahan alam di Pantai Cemara Sewu

Lokasi pantai cemara sewu ini masih berada di satu kompleks pantai parangtritis, pantai parangkusumo, gumuk pasir parangkusumo. Jadi sangat mudah untuk menemukan lokasi Pantai Cemara Sewu ini. Pantai Cemara Sewu Bantul lokasinya tidak jauh dari gumuk pasir parangkusumo, bahkan hanya beberapa puluh meter ke arah barat saja dari gumuk pasir.

 

Balutan pepohonan Cemara adalah ciri khas sekaligus menjadi daya tarik utama dari Pantai Cemara Sewu ini. Ketika kita akan masuk gapura pantai,kita akan disambut oleh pohon-pohon Cemara yang berbaris rapi di kiri dan kanan jalan. Hal ini membuat suasana pantai menjadi rindang dan sejuk, siapapun pengunjung yang datang pasti akan merasa nyaman dan betah menghabiskan waktu di tempat ini sampai berat rasanya untuk pulang.

 

Simak sampai habis ya bakal nyesel kalau gak baca sampai habis, karena kita akan membahas tentang keindahan alam di Pantai Cemara Sewu.

1. Keindahan Keindahan Alam di Pantai Cemara Sewu

Perbedaan Pantai Cemara Sewu dengan pantai yang lainnya itu adalah deretan pohon cemara di sekitar pantai. Pohon cemara di pantai ini membuat suasana menjadi teduh. Kita bisa berjalan-jalan mengelilingi pantai di bawah kerindangan pohon cemara, ditemani suara deburan ombak yang khas. Setelah puas berkeliling, cobalah untuk bersantai sejenak di ayunan bawah pohon cemara. Selain itu, disini juga ada beberapa spot foto seperti jembatan, gubuk kecil, dan gazebo.

 

Selain itu, Pantai Cemoro Sewu sangat cocok untuk menikmati sunset. Masyarakat setempat membuat fasilitas-fasilitas sederhana mulai dari gubuk, tempat duduk, jembatan bambu, bahkan sampai ayunan. Dengan adanya fasilitas tersebut kita bisa berfoto dengan pemandangan pantai. Gallery di hp bakalan penuh dengan foto-foto keren deh pokoknya. Apalagi dengan adanya Danau Cinta yang akan membuat kita semakin jatuh cinta, suit suiw.

Pantai Cemara Sewu ini adalah pantai yang masih baru dan sangat sepi, sangat rekomended bagi para pecinta fotografi sunset dan pantai karena pantai ini memiliki karakter yang hampir sama dengan parangtritis namun ditambah dengan adanya ribuan pohon cemara. Jangan heran jika pantai ini dijadikan untuk tempat foto prewedding.

2. Lokasi dan Rute Menuju Pantai Cemara Sewu

Pantai Cemara Sewu berlokasi di Jl. Pantai Parangkusumo, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta – Indonesia . Betul banget lokasi Pantai Cemara Sewu ini masih berada di satu kompleks Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Gumuk Pasir Parangkusumo.

Untuk menuju Pantai Cemara Sewu, dari arah Jogja menuju Jalan Parangtritis hingga sampai di TPR Parangtritis. Kita bisa masuk melalui TPR Pantai Parangtritis atau TPR Pantai Depok. Dari TPR Parangtritis ambil arah ke kanan menuju Pantai Parangkusumo, sedangkan dari TPR Pantai Depok ambil arah ke kiri. Dari situ sudah tertera penunjuk arah menuju Pantai Cemara Sewu.

keindahan alam di Pantai Cemara Sewu

Bingung ngga? Gini, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum menuju ke Pantai Cemara Sewu. Jarak yang akan ditempuh sekitar 30 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Bila menggunakan kendaraan pribadi, tinggal mengikuti jalan utama Kota Yogyakarta – Parangtritis. Kalau menggunakan angkutan umum, pilihan kendaraan yang bisa diambil adalah bus umum jurusan Yogyakarta – Parangtritis.

3. Tarif Tiket Di Pantai Cemara Sewu

Untuk masuk ke pantai cemara sewu sudah tidak di pungut tarif, karena tarif ke menuju pantai ini sudah menjadi satu dengan tarif di TPR pantai parangtritis. Kita hanya akan dikenakan tarif parkir kendaraan bermotor. Untuk tarif roda dua pengelola memberi tarif Rp 3.000 dan untuk roda 4 adalah Rp 5.000. Fasilitas disini cukup memadai untuk wisata baru yaitu, warung-warung makan, musholla dan toilet.

4. Tips Berwisata di Pantai Cemara Sewu

Pertama, dikarenakan lokasi Pantai Cemara Sewu masih sepi jangan jauh-jauh memarkirkan kendaraan dari pandangan mata. Jika menggunakan kendaraan roda 4, bisa diparkir sebelum masuk wisata Pantai Cemara Sewu. Karena jalur sempit di antara pohon cemara tidak cukup untuk kendaraan roda 4.

Kedua , jika berencana untuk datang siang hari jangan lupa menggunakan Sunblock dan membawa pelindung kepala. Karena saat siang hari akan terasa sangat panas.

Ketiga, sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Di Pantai Cemara Sewu warung-warung sederhana di sekitar Pantai Cemara Sewu sebenarnya adalah rumah tinggal warga setempat. Jadi jangan berharap banyak ya.

Keempat karena tergolong pantai selatan, berenang di kawasan Pantai Cemara Sewu tidak direkomendasikan ya teman. Karena terdapat palung di lepas pantainya. Tak cuma palung, ombak lautnya juga cukup besar. Sebenarnya jika lihat lebih jeli airnya memang terlihat keruh.

Kelima JANGAN membuang sampah sembarangan karena area wiasta masih minim tempat sampah.

Semoga artikel ini bias membantu kamu yang sedang mencari info tentang pantai yang ciamik. Ketika melihat keindahan alam jangan lupa bersyukur karena Tuhan sudah memberikan alam yang indah. Kita hanya perlu melestarikannya. Terimakasih sudah baca sampai habis tentang keindahan alam di Pantai Cemara Sewu. Kunjungi juga Gumuk Pasir Parangkusumo yang tak kalah indah. Sampai ketemu lagi di pembahasan yang selanjutnya.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply