Keindahan Alam Batu Karang Bolong Pantai Bwanna

admin_ireztia

Kamu suka travelling? Jika kamu seorang traveller maka jangan pernah melewatkan untuk mengunjungi pantai yang ada di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di Pulau Sumba ini bisa dibilang nirwananya pantai. Karena Pulau Sumba salah satu pulau yang memiliki kekayaan wisata, alamnya yang alami dan sangat mempesona. Seperti halnya Pantai Bwanna, batu karang bolong Pantai Bwanna merupakan ciri khas pantai ini.

Mau tau seperti apa pesona keindahan alam batu karang bolong Pantai Bwanna? Simak penjelasannya sampai habis dibawah ini ya.

Sumba merupakan pulau eksotis yang menawarkan berbagai wisata alam menakjubkan. Seperti Weekuri, danau air asin dengan luas hampir satu kali lapangan sepak bola. Tak jauh dari sana, ada satu lagi objek yang belakangan ini menarik perhatian wisatawan. Namanya Pantai Bwanna atau Bawana dengan tepian yang mengagumkan.

Lokasi dan Rute

Destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Kodi ini tak jauh beda dengan pantai lain di Sumba. Letaknya berada di bawah tebing yang menjulang tinggi. Tak hanya dari tepi pantai, keindahan lautan yang biru bisa dinikmati dari atas tebing. Sebagian besar pengunjung yang hendak berkunjung ke Bwanna juga mampir ke atas tebing untuk berfoto.

Sebelum menuruni tebing curam, ternyata perjalanan menuju Pantai Bwanna bukanlah hal yang mudah. Untuk sampai di Pantai Bwanna (Banna) ini memakan waktu sekitar 2 jam dari Tambolaka, Ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya, dengan menggunakan kendaraan roda dua dan hanya 500 meter ke pantai ini. Namun jika menggunakan roda empat, kita harus siap-siap berjalan kaki kurang lebih 2 kilometer untuk bisa sampai ke pantai ini.

batu karang bolong Pantai Bwanna

Pantai ini belum banyak yang mengunjungi, dan akses jalannya masih jalan setapak bagi para warga sekitar yang ingin melaut. Salah satu yang paling cepat adalah naik pesawat dengan tujuan Denpasar. Setelah itu perjalanan dari Bali dilanjutkan dengan menaiki pesawat kecil ke Bandara Tambaloka. Baru kemudian naik travel menuju pantai yang bisa ditempuh selama 1 hingga 2 jam.

Lokasi pantai yang sangat jauh dari pemukiman warga membuat perjalanan ke Bwanna sangat melelahkan. Selain tebing curam, anak tangga yang licin juga jadi tantangan. Namun, perjalanan tersebut akan terbayar dengan keindahan Pantai Bwanna. Menariknya lagi, kamu juga serasa berada di pulau pribadi. Hal ini karena masih sedikit wisatawan yang berkunjung ke sini.

Keindahan batu karang bolong Pantai Bwanna

Pantai Bwanna atau yang biasa disebut dengan Pantai Banna ini, adalah salah satu objek wisata pantai yang masih belum tersentuh pembangunannya. Pasir pantainya yang putih dengan dikelilingi tebing kokoh yang tinggi merupakan sisi lain yang menambah keindahan pantai ini.

Karena terbilang kawasan wisata yang masih alami, Pantai Bwanna terkenal akan lingkungannya yang bersih dan indah. Selain itu pantai ini menyajikan pemandangan yang tak pernah bosan dipandang mata, hal ini merupakan kompensasi dari sebuah perjalanan yang melelahkan.

Di pantai ini terdapat batu karang tinggi dengan sebuah lingkaran seperti cincin yang terletak di pinggir pantai sehingga menjadikan pantai ini terlihat unik. Keunikan terletak pada tebing batu karang yang menjorok ke pantai, membentuk dinding dengan lubang besar di tengahnya.

batu karang bolong Pantai Bwanna

Ya, batu karang bolong ini amat mempercantik Pantai Bwanna, terutama bagi traveler yang senang berburu foto tempat unik. Tak akan sia-sia berada di pantai ini. Melihat pemandangan ini, serasa sedang memasuki gerbang nirwana.

Tebing tersebut bisa mempunyai lubang besar yang membuat tampak seperti bolong bukan karena buatan manusia, melainkan terjadi secara alami. Mungkin ini terjadi karena bebatuan pada tebing tersebut terkikis oleh ombak pada dahulu kalanya.

Pantai ini juga sangat cocok bagi kamu yang pecinta surfing dan penggemar panjat tebing. Bagi traveler yang menyukai surfing, pantai Bwanna merupakan pilihan yang tepat. Deburan ombak di pantai Bwanna ini cukup besar sehingga cocok untuk para peselancar. Demikian juga dengan traveler yang memang hobi panjat tebing, tentunya tmpat ini sangat menantang.

Atraksi Pasola di batu karang Pantai Bwanna

Pantai Bwanna tidak jauh dari lokasi atraksi Pasola yang setiap tahunnya di gelar di Pulau Sumba. Pasola sendiri adalah sebuah permainan ketangkasan saling melempar lembing kayu dari atas punggung kuda yang sedang dipacu kencang yang dilakukan oleh dua kelompok yang berlawanan. Atraksi Pasola ini merupakan bagian dari serangkaian upacara tradisional yang dilakukan oleh masyarakat Sumba yang masih menganut agama asli mereka yang disebut Marapu.

batu karang bolong Pantai Bwanna

Atraksi ini biasanya diadakan di empat kampung yang berada di Kabupaten Sumba Barat. Keempat kampung tersebut antara lain Kodi, Lamboya, Wonokaka, dan Gaura. Pelaksanaan pasola di keempat kampung ini dilakukan secara bergiliran setiap tahunnya, yaitu antara bulan Februari hingga Maret.

Karena belum banyak dijamah orang, di batu karang bolong Pantai Bwanna ini belum ada penjual minuman atau mie instan ya. Jadi jangan lupa bawa air minum sendiri dan tolong jika bawa air minum kemasan atau makanan sampahnya bawa pulang lagi ya. Karena pantai ini bisa dibilang sangat bersih dari sampah plastik, lebih baik jangan berkunjung kalo cuma buat nyampah doang.

Selain menikmati keindahan karang bolong, ternyata ada hal lain yang dapat dilakukan saat liburan ke Bwanna. Apalagi kalau bukan berkunjung ke Pantai Mandorak. Tak jauh beda, pantai ini juga menyajikan hamparan pasir putih serta batu-batu karang yang menjulang tinggi di tengah laut dan bibir pantai.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply