Wisata Terbaru Jogja – Gumuk Pasir Parangkusumo

admin_ireztia

Siapa yang tak kenal Jogja. Jogja dikenal sebagai daerah yang istimewa. Keistimewaan Jogja tidak hanya pada sistem pemerintahan saja namun juga beberapa aspek lain. Termasuk wisata. Terdapat wisata terbaru Jogja Gumuk Pasir Parangkusumo yang wajib kamu kunjungi.

Apa sih istimewanya Gumuk Pasir Parangkusumo. Situs Parangtritis Geomaritime Science Park menunjukkan, Gumuk Pasir Parangkusumo termasuk dalam gumuk pasir pesisir (coastal dunes). Gumuk pasir ini terdapat di seluruh garis lintang di dunia, mulai dari kutub hingga khatulistiwa.

Gumuk pasir juga bisa diklasifikasikan berdasarkan perbedaan iklimnya. Pada iklim basah, umumnya dijumpai gumuk membusut (hummock dunes) dan gumuk parabolik (parabolic dunes). Pada iklim kering dan setengah kering (arid dan semi-arid), lebih banyak ditemukan gumuk pasir barchan. Terdapat satu fakta yang menarik dari Gumuk Pasir Parangkusumo: tipenya barchan, tetapi iklimnya tropika basah.

Berfoto di gumuk pasir Parangkusumo

 

Hal inilah yang menjadikan Gumuk Pasir Parangkusumo langka. Gumuk pasir ini bahkan seharusnya tidak terbentuk karena iklimnya yang tidak sesuai. Inilah yang membuat Gumuk Pasir Parangkusumo istimewa dan langka.

Di sekitar Gumuk Pasir Parangkusumo juga ada tempat bermain lain berupa ayunan. Dari ayunan tersebut kita bisa menikmati suasana sore yang syahdu di Gumuk Pasir Parangkusumo. Oh iya, karna merupakan padang pasir, maka cuaca di Gumuk Pasir Parangkusumo akan terasa menyengat saat siang hari. Sehingga waktu paling ideal untuk berkunjung ke sana adalah saat sore hari atau pagi hari buta sekalian.

Bukan hanya sebagai tempat foto instagramable, Gumuk Pasir Parangkusumo mempunyai banyak tempat yang unik yang wajib dikunjungi.

1. Lokasi dan Rute Menuju Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk pasir Parangkusumo merupakan salah satu tempat wisata seru di Jogja dengan pemandangan unik berupa gundukan pasir yang luas. Tempat unik ini berada di Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, DIY. Dari kota Jogja sekitar 1 -1,5 jam perjalanan tergantung laju kecepatan kendaraan. Ada baiknya jika menggunakan kendaraan pribadi yang lebih nyaman.

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tempat ini sangat mudah diakses. Dari Jogja, kita tinggal mengarahkan kendaraan ke arah Pantai Parangtritis.

Sebelum sampai ke pintu masuk Pantai Parangtritis kita akan menemukan sebuah pertigaan ke arah kanan yang menuju ke Pantai Depok, kita ambil jalan yang ini. Kemudian kita akan menemukan pertigaan lagi sebelum sampai ke pintu masuk Pantai Depok, kita ambil kiri. Mengikuti jalan tersebut kita akan sampai ke Gumuk Pasir Parangkusumo

Di tengah perjalanan dengan melewati pepohonan cemara ini kamu sudah menjumpai gumuk pasir di tepi jalan. Pohon cemara ini sama dengan jenis pohon yang ada di kawasan Pantai Goa Cemara.

Jadi, kita bisa sekalian wisata ke beberapa tempat sekaligus dari mencicipi kuliner ikan segar di Pantai Depok, mampir ke gumuk pasir ini, lalu menikmati sunset di Pantai Parangtritis. Dijamin deh liburan jadi lengkap.

2. Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir Parangkusumo

Sebelum sampai ke lokasi ini, cukup bayar biaya retribusi di TPR masuk kawasan Pantai Depok Rp 5.000,-/orang.
Tempat ini buka setiap hari dari jam 06.00 pagi sampai jam 19.00 WIB. Untuk masuk lokasi wisata ini belum dikenakan biaya.

Buat kamu yang ingin piknik asik tapi mau ngirit, disini tempatnya. Kamu cukup bayar biaya parkir kendaraan saja. Untuk sepeda motor Rp 3.000,-, mobil Rp 10.000,-, bus/travel Rp 20.000,-, dan parkir pre-wedding Rp 40.000,-.

3. Spot Foto di Gumuk Pasir Parangkusumo

Ada banyak spot dan tempat asik yang bisa kamu jumpai di lautan pasir ini. Dari awal memasuki kawasan ini kamu akan disambut dengan dengan tulisan besar berwarna dari nama lokasi ini. Banyak juga pengunjung yang seru berfoto disini.

 

Di tengah hamparan pasir yang luas, ada pohon kaktus cukup unik yang bisa kamu ajak berfoto selfie. Kamu juga bisa berteduh dibawah pepohonan di Taman Gumuk Pasir yang berada di sisi barat. Ada banyak kursi kayu yang bisa digunakan untuk sekedar bersantai sambil menikmati keindahan tempat ini. Sambil menikmati pemandangan, kamu juga bisa ayunan di tempat teduh ini. Bagi yang pengen foto dengan bunga, disini juga foto bersama bunga matahari yang super cantik.

Cukup banyak kan spot fotonya, bagi kamu pemburu tempat hits dan doyan narsis disinilah tempatnya.

4. Berseluncur di Gumuk Pasir Parangkusumo

Walaupun sebenarnya ada banyak gumuk pasir di Indonesia, Vietnam, dan Filiphina, hanya di Parangkusumo ini yang bisa digunakan untuk berseluncur dengan sandboarding/papan seluncur karena gundukan pasir disini berketinggian sekitar 5-15 meter.

Jika ingin merasakan sensasi meluncur dengan sandboarding diatas pasir ini, kamu bisa menyewa 1 sandboarding dengan harga Rp 100.000,- dan bisa bermain sepuasnya. Termasuk pemandu yang akan membantu cara berseluncur, tapi sebenarnya berseluncur disini sangatlah mudah, tapi tetap harus hati-hati karena licin.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Jika ingin lebih irit biaya, kamu bisa membawa sandboarding sendiri dari rumah. Bagi kamu yang yang memliki berat badan berlebihan, bisa coba cara diet disini dengan berseluncur dari atas ke bawah lalu jalan naik ke atas gumuk berulang kali.

Karena uniknya permainan berseluncur dengan sandboarding dari ketinggian, kawasan ini menjadi salah satu tempat hits di Jogja dalam waktu beberapa tahun terakhir ini.

Jika kamu berada di gumuk ini di siang hari, kamu pasti akan merasakan suhu cukup panas. Saat sore menjelang malam, suhu akan berubah menjadi dingin seperti di pegunungan. Ada baiknya jika kamu kesini disaat cuaca cerah dan membawa jaket untuk pelindung dari panas ataupun dingin.

Jangan heran saat melihat ada sawah di selatan jalan aspal diantara hamparan pasir. Ternyata saat hujan datang, airnya meresap dan bersembunyi di bawah gundukan pasir. Oleh karena itu kita akan menjumpai banyak sumur air tawar di sekitar tepi pantai disini.

5. Fasilitas di Gumuk Pasir Parangkusumo

Karna lokasinya berada di dekat Pantai Parangtritis dan Pantai Depok maka fasililitas yang ada di Gumuk Pasir Parangkusumo ini juga sangat lengkap. Toilet, tempat parkir, pos penjagaan, klinik kesehatan, tempat beribadah, warung makan, toko souvenir. Semua sudah ada di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Sangat rugi kalau kita mampir ke Jogja tapi tidak mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo ini. Selain tempat ini kamu juga bisa mengunjungi Landasan Pacu Depok yang tak kalah menarik!

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply