Foto Instagramable di Landasan Pacu Depok

admin_ireztia

Landasan Pacu Depok merupakan landasan aeoromodeling. Mungkin bagi yang pertama kali akan menganggap tempat landasan Pacu Depok terlihat biasa saja. Sepintas landasan ini memang tak ada yang special. Landasan pacu ini hanyalah sebuah jalan lurus berujung sepanjang 400 meter lengkap dengan marka jalannya yang tepat berada di tepi pantai. Pohon cemara udang dan belukar khas pantai adalah penghuni sisi kanan dan kirinya. Tapi sekarang merupakan tempat Foto Instagramable di Landasan Pacu Depok.

Landasan Pacu Depok

 

Landasan mualai ramai saat sore hari, banyak pengunjung yang ingin menikmati senja matahari terbenam. Tak jarang banyak fotografer melakukan sesi foto di sini. Memang beroto di tengah landasan memang suatu kesan tersendiri. Menikmati landasan yang panjang dan lurus juga merupakan hal yang unik dan menarik, misalnya dengan bersepeda motor pelan dan menikmati pemandangan atau juga sekalian lari-lari di tangah landasan.

Kadang landasan ini digunakan untuk motor drag melakukan latihan meskipun memang tidak bisa sebebas sirkuit resmi, tapi hal ini juga menjadi tontonan yang menarik. Dengan menikmati pantai, dan anak-anak motor yang menggeber motornya. Atau kalau ingin sepi, datanglah pagi-pagi sekali ke tempat ini saat udara masih sejuk, landasan masih sepi, bisa sekalian olahraga dan berwisata.

Untuk kalian yang berencana mengunjungi landasan Pacu Depok, simak semua penjelasan tentang Foto Instagramable di Landasan Pacu Depok sampai habis ya.

1. Lokasi

Karena berlokasi dekat dengan Pantai Depok, maka akses jalan yang harus dilalui untuk sampai ke Landasan Pacu Pantai Depok ini juga tak sulit.
• Dari pusat kota menuju Jl. Parangtritis
• Lurus terus ke selatan (ikuti Jl.Parangtritis) sampai menemukan Jembatan Parangtritis
• 300 Meter dari jembatan pelankan kendaraan, ada gang ke arah kanan(sebelum TPR), kemudian masuklah
• Ikuti saja jalan kampung tersebut sampai menemukan pintu masuk pantai Depok (ada Kendi Besar di samping pintu masuk), masuk dan bayar tiket masuk seharga Rp. 5.000,-
• 10 meter dari pintu masuk belok ke kiri, sekitar 2 menit kemudian ada pertigaan pertama,ambil kanan, dan sampailah di tujuan utama.

Untuk kalian yang berangkat menggunakan transportasi umum, maka :

• Dari Terminal Giwangan
Naik bus jurusan Jogja – Tempel, turun di perempatan ringroad (jl. Parangtritis) kemudian naik Bus jurusan parangtritis, turun di depan loket masuk Parangtritis kemudian jalan kaki sejauh 2km atau naik ojek untuk sampai di Landasan Pacu, Pantai Depok.

• Dari Terminal Jombor
Naik bus engkle jurusan Tempel – Jogja, turun di Turun di perempatan ringroad (jl. Paris) kemudian naik Bus jurusan parangtritis, turun di depan loket masuk Parangtritis kemudian jalan kaki sejauh 2km atau naik ojek untuk sampai di Landasan Pacu, Pantai Depok.

2. Akomodasi

Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000,- (tiket masuk Pantai Depok)
Parkir Kendaraan Roda 2 : Rp. 2.000,-
Parkir Kendaraan Roda 4 : Rp. 5.000,-

Inilah yang bikin tempat ini unik dari tempat lain, coba bayangkan ketika kita berdiri di jalan malioboro 15 menit saja maka pasti bisa masuk ling lahat tertabrak. Itu tidak terjadi kalau kita berada di tempat Landasan ini, mau berdiri selama 4 jam pun tidak masalah, tidak ada yang menabrak, mengomel dan bahakan kita dapat berguling-guling bahagia di tempat ini dengan sepuasnya.

3. Foto Instagramable di Landasan Pacu Depok

Ketika para pengunjung ini datang hal utama yang mereka lakukan adalah hunting foto. Bagi yang ingin prewedd sesuaikan waktunya karena kalau hari libur biasanya sangat ramai. Kebanyakan dari mereka ingin mengabadikan foto dengan backgroud foto di jalan lurus dangan suasana sepi.

Landasan pacu di pantai depok ini merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang tak kalah menarik untuk dijadikan spot berfoto atau sekedar menghabiskan waktu bersama sahabat. Di dekat landasan pacu itu sendiri juga terdapat pantai depok yang siap menyejukkan pandangan anda.

Karena letaknya yang sangat dekat dengan pantai Depok, jika kita haus atau lapar maka pantai Depok bisa menjadi destinasi selanjutnya. Pantai Depok siap menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman khususnya makanan dan minuman khas pantai seperti Es Kelapa Muda dan Seafood. Pantai Depok juga menyediakan masjid yang cukup besar dan bersih, sehingga saat menikmati sunset kita bisa sekalian Sholat Magrib di Masjid ini tanpa harus terburu-buru jauh-jauh mencari masjid.

4. Rencana perluasan landasan pacu Pantai Depok

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, landasan pacu Pantai Depok dan Watu Gupit Desa Girijati Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul akan di perluas. Sultan menyebut rencana pengembangan kawasan tersebut sudah ada master plannya dan bakal direalisasikan pada tahun 2019.

Menurut Sultan, desain pengembangan Landasan Pacu Pantai Depok dan Watu Gupit sudah rampung. Namun, kebijakan pengembangan tersebut pernah terganjal, karena DIY sudah memiliki dua Bandara Internasional yakni di Kulon Progo dan Yogyakarta.

Namun seiring berkembangnya antusiasme masyarakat untuk belajar olahraga kedirgantaraan sekaligus sebagai destinasi wisata khusus, kebijakan tersebut kembali dipertimbangkan.

 

Sementara itu, Danlanud Adisutjipto, Marsma TNI Novyan Samyoga mengatakan, pengembangan runway Pantai Depok akan segera dilakukan. Dengan luas lahan dua kali lipat dari yang sebelumnya 800 meter persegi akan menjadi 1500 meter persegi. Landasan Pantai Depok diharapkan menjadi pusat kegiatan olahraga kedirgantaraan di tanah air.

Wah mudah-mudahan cepat terelisasikan ya. Sehingga nanti bukan hanya menjadi tempat Foto Instagramable di Landasan Pacu Depok. Tapi bisa digunakan juga sebagai pusat kegiatan olah raga. Di Jogja ada tempat yang tak kalah asik juga yaitu Bukit Panguk Kediwung. Bisaa dijadikan destinasi untuk berwisata untuk kamu yang menyukai alam.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply