Romantisme Sunset di Bukit Lintang Sewu Bantul

admin_ireztia

Hallo travellers, ternyata selain sunset yang indah di Pantai Cemara Sewu ada lagi nih sunset di Bukit Lintang Bantul yang romantis. Buat kalian pecinta sunset wajib banget untuk mengunjungi tempat ini. Kenapa romantis? Karena kita bisa melihat sunset di Bukit Lintang Sewu ini dengan keindahan kerlap-kerlip lampu kota seperti bintang-bintang bertaburan. Itulah sebabnya bukit ini dinamakan Lintang Sewu yang artinya Seribu Bintang.

Mau tau keistimewaan yang ada di Bukit Lintang Sewu? Akan kita bahas seromantis apa melihat sunset di Bukit Lintang Sewu.

Bukit Lintang Sewu terletak di Dlingo. Kita tahu jika daerah Dlingo memiliki banyak sekali wisata perbukitan, yang menawarkan pemandangan alam Kabupaten Bantul. Lokasinya yang tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan, membuat Bukit Lintang Sewu cepat populer di kalangan wisatawan, terutama anak muda yang hobi berfoto.

Keindahan pertama yang dijanjikan oleh Bukit Lintang Sewu adalah menikmati Jogja malam hari dari atas ketinggian. Tentunya sangat asyik kalau berkemah (camping) di sini. Apalagi memang tersedia fasilitas camping ground yang nyaman.

Bukit Lintang Sewu

Selain pemandangan ke arah kota, sajian indah sunset saat jelang malam bisa dinikmati di sini. Ada beberapa spot khusus yang disediakan untuk pengunjung mengambil gambar dengan latar matahari tenggelam. Sebenarnya saat matahari terbit pun bisa kita nikmati sunrise-nya dari sini. Tetapi menurut beberapa wisatawan sunrise sering tidak terlihat keindahannya dari puncak Bukit Lintang Sewu.

Semua keindahan yang dijanjikan tak akan sempurna tanpa berbagai spot yang tersesia. Ya, dari gardu pandang kamu bisa menikmati pemandangan kota malam hari. Dari spot sunset kamu bisa menikmati indahnya matahari senja. Dan di berbagai spot foto kamu bisa mengabadikan momen indah yang Instagramable banget.

Salah satu spot foto paling unik adalah spot kaki raksasa. Kalau tempat wisata lain memamerkan spot-spot foto berbentuk hati (love) di bukit ini malah disediakan spot foto dan duduk berbentuk kaki raksasa dengan warna perpaduan hitam dan merah.

Spot foto paling favorit lainnya adalah sepsang tugu berbentuk gapura di tepi tebing. Di sini latar belakang pamandangannya sangat luas sehingga jadi lokasi paling seru untuk foto.

1. Lokasi dan Rutenya

Tidak dapat dipungkiri lagi jika Jogja merupakan salah satu tempat tujuan wisata di Indonesia. Memang di provinsi ini terdapat banyak sekali tempat-tempat wisata yang menarik. Tidak heran jika pada musim liburan Jogja dibanjiri oleh wisatawan dari berbagai tempat. Tidak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara juga banyak mengunjungi Yogyakarta.

Sesuai dengan namanya, wisata Bukit Lintang Sewu merupakan salah satu tempat wisata yang lokasinya berada di perbukitan. Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat menarik. Lokasinya yang berada di ketinggian serta alamnya yang masih hijau membuat panora di tempat ini sangat mempesona.

Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dari kawasan Malioboro jaraknya sekitar 24-25 Km dan membutuhkan waktu sekitar 55-57 menit. Dari arah kota Jogja ambillah arah terminal Giwangan lalu lewat Jalan Imogiri Timur ke arah selatan. Sampai persimpangan Hutan Pinus ambil jalan lurus yang naik. Setelah Hutan Pinus, Bukit Lintang Sewu tinggal 500 meter lagi.

Ada dua cara untuk bisa sampai di Bukit Lintang Sewu, pertama kamu bisa melalui rute Jalur Imogiri-Dlingo dari Kabupaten Bantul. Dan yang kedua melalui Jalur Pathuk Dlingo dari Kabupaten Gunung Kidul Selisih waktu dari kedua jalur apabila ditembuh dari Kota Jogja tidaklah jauh.

Hanya saja lebih disarankan untuk melalui jalur pertama, karena apabila kita melalui jalur pertama kita juga akan melewati beberapa tempat wisata lain seperti Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan. Lokasi Bukit Lintang Sewu ini setelah Hutan Pinus Mangunan tapi sebelum Hutan Pinus Dahromo.

2. Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Bukit Lintang Sewu

Harga tiket masuk bukit Lintang Sewu terbilang sangat murah. Hanya Rp2.000 plus biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp3.000, untuk mobil. Dengan harga semurah itu kita sudah bisa menikmati berbagai keindahan yang tersaji dari bukit ini. Untuk fasilitas tersedia tempat perkemahan (camping ground), parkiran, gazebo, toilet, rumah pohon dan berbagai spot foto unik.

3. Tips Mengunjungi Bukit Lintang Sewu

Tips Berlibur ke Bukit Lintang Sewu Dlingo: Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Lintang Sewu adalah saat sore hari (setelah sholat ashar) untuk melihat sunset dan malam hari untuk melihat keral-kerlip lampu kota. Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan. Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk penginapan, saat ini belum tersedia di Bukita Lintang Sewu. Tapi teman-teman dapat mendirikan tenda atau camping disini. Perlengkapannya bawa sendiri ya, karena tidak ada persewaan peralatan camping disini.

Bukit Lintang Sewu

Wisata Bukit Lintang Sewu ini letaknya cukup dekat dengan tempat wisata sejenis. Ada Hutan Pinus Asri, Puncak Becici, dan lainnya. Yang membedakan Lintang Sewu dengan tempat wisata yang lainnya adalah tempat wisata ini ditumbuhi oleh tanaman kayu putih. Sedangkan yang lainnya lazim berada di hutan dengan tanaman Pinus.

Menarik kan, keindahan alam di Bukit Lintang Sewuini bakal membuat kita banyak bersyukur kepada tuhan. Selain Bukit Lintang Sewu kunjungi juga tempat wisata Pantai Cemara Sewu. Pantai yang indah yang dihiasi hutan cemara.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply