7 Spot Sunrise Terbaik di Yogyakarta

admin_ireztia

Keindahan Alam memang selalu dapat menghipnotis mata dam membuat kita merasa bersyukur kepad Tuhan. Salah satunya dengan melihat matahari terbit atau sunrise. Melihat sunrise memang bisa dinikmati dari semua penjuru dunia. Tapi jika kamu berencana berwisata di Yogyakarta, ada banyak lho spot untuk menikmati sunrise yang dibalut dengan indahnya pemandangan alam di Kota Jogja. Siapkan kamera dan baterai cadangan untuk mengabadikan momen di 7 spot sunrise terbaik di Yogyakarta.

Yap simak satu persatu tiap spot yang akan kita bahas kali ini mengenai 7 spot sunrise terbaik di Yogyakarta yang bisa membuat memory kameramu penuh!

1. Gunung Merapi

Gunung yang masih aktif ini juga jadi tempat berburu sunrise yang begitu cantik dan populer di Yogyakarta. Meski untuk menikmatinya berarti kamu harus mendaki Gunung Merapi terlebih dahulu, namun semuanya akan sebanding dengan pemandangan cantik yang bisa kamu nikmati dari puncak gunung ini.

7 spot sunrise terbaik di Yogyakarta

Sangat disarankan untuk camping terlebih dahulu daripada mencoba mendaki gunung ini di waktu subuh. Ada dua jalur pendakian yang bisa dipilih untuk sampai ke puncak Merapi, yaitu jalur Selo (utara) dan Babadan (barat). Bukan hanya dijadikan tempat melihat sunrse tapi kamu juga bisa berkelana di Kaki Merapi ini.

2. Candi Prambanan

Merupakan salah satu dari 7 spot sunrise terbaik di Yogyakarta yaitu Candi Prambanan yang juga jadi tempat asyik mengejar sunrise. Candi yang masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO ini terletak 20 km di timur kota Yogyakarta. Di kawasan Candi Prambanan terdiri dari banyak candi yang semuanya bisa jadi spot keren untuk berburu sunrise, namun tiga candi utama Prambanan yaitu Candi Wisnu, Brahma dan Siwa-lah yang paling populer. Di hari biasa candi ini tidak buka di pagi hari. Jadi untuk menikmati sunrise di Prambanan kamu harus datang hanya di hari Minggu.

7 spot sunrise terbaik di Yogyakarta

3. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu adalah bukit setinggi 400 m yang letaknya tak jauh dari kawasan Candi Borobudur. Kawasan ini sering disebut dengan nama Nirwana Sunrise karena pemandangan dari puncak bukit ini begitu cantik. Dari atas bukit ini kamu bisa melihat Candi Borobudur, Pegunungan Menoreh, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu sekaligus! Kebayangkan bagaimana cantiknya pemandangan sunrise dari atas sini? Untuk bisa sampai ke puncak bukit ini, kamu harus mendaki tangga hingga gardu pandang sunrise yang ada di bukit ini.

7 spot sunrise terbaik di Yogyakarta

4. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis yang jadi salah satu ikonnya wisata Ygyakarta ini juga jadi spot asyik untuk berburu sunrise lho! Pemandangan sunrise dari bibir pantai ini begitu mempesona dan saying untuk dilewatkan. Jika ingin pemandangan sunrise yang lebih wow, kamu bisa naik ke Bukit Parang Endog yang lokasinya dekat pantai ini. Dari atas bukit ini kamu bisa duduk-duduk cantik sambil menunggu sunrise.

7 spot sunrise terbaik di Yogyakarta

Setelah puas melihat sunrise kamu bisa langsung menyusuri pantai pada pagi hari. Udara yang sejuk akan membuat pikiran terasa tenang. Lengkapkan?

5. Puncak Suroloyo

Hampir mirip dengan Punthuk Setumbu, kawasan wisata Puncak Suroloyo juga jadi spot asyik untuk menikmati sunrise. Lokasi Puncak Suroloyo berada lebih atas dari Punthuk Setumbu atau tepatnya di Pegunungan Menoreh, Kulonprogo yang bisa dicapai selama satu jam perjalanan dari Yogyakarta.

7 spot sunrise terbaik di Yogyakarta

Untuk menikmati pemandangan sunrise dari puncak Suroloyo, kamu harus siap naik 286 anak tangga menuju puncak gardu pandang yang memiliki ketinggian di 1.019 mdpl ini. Namun pengorbanan ini akan langsung terbayar lunas dengan pemandangan sunrise yang begitu indah karena dari atas puncak ini kamu bisa melihat empat gunung sekaligus!

Ada Gunung Merapi, Sumbing, Merbabu dan Sindoro di kejauhan. Jika cuaca sedang cerah kamu juga bisa melihat Candi Borobudur dari kejauhan. Keren kan! makanya itu puncak Suroloyo merupakan salah satu 7 spot sunrise terbaik di Yogyakarta.

6. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan merupakan lokasi agrowisata yang berada di daerah Dlingo, Bantul atau sekitar satu jam berkendara dari Yogyakarta. Lokasi wisata yang populer di kalangan anak muda ini menawarkan pemandangan sunrise yang begitu memikat. Selesai melihat sunrise kamu bisa langsung mengunjungi banyak tempat keren di sekitar Dlingo yang dikenal memiliki banyak spot kece yang instagramable seperti.

7 spot sunrise terbaik di Yogyakarta

7. Candi Ratu Boko

Untuk jam buka Candi Ratu Boko adalah pukul 06.00. Adapun jam tutup Candi Ratu Boko adalah pukul 5 sore. Setelah membayar tiket masuk Anda akan dihadapkan pada pada 2 pintu di Paduraksa dengan sebuah atap berbentuk Ratna yang fungsinya sebagai pintu masuk utama.

Ratu Boko terkenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati sunset di Jogja. Lokasinya yang berada di perbukitan memungkinan Anda untuk melihat sunset dari candi ini. Dari Ratu Boko Anda bisa menyaksikan pemandangan sebagian kota Jogja.Lingkungan di sekitar Ratu Boko juga sangat asri dan alami.

7 spot sunrise terbaik di Yogyakarta

Sebenarnya, istana Ratu Boko adalah peninggalan situs arkeologi yang berbeda dengan situs-situs lainnya. Banyak yang mengira kalau Istana Ratu Boko ini hanya berupa candi seperti halnya Prambanan dan Borobudur. Faktanya, Ratu Boko merupakan bekas kompleks istana yang terdiri atas beberapa bagian bangunan.

Pintu yang pertama terbuat dari batuan andesit, namun lantai dan tembok tangganya terbuat dari batu kapur putih halus. Karena dibangun dengan konstruksi batu andhesit maka Candi Ratu Boko sebenarnya lebih mirip dengan keraton.

Keistimewaan lain dari situs ini adalah adanya tempat di sebelah kiri gapura yang terdapat spot yang dinamakan Candi Pembakaran. Candi Pembakaran ini adalah tempat kremasi masyarakat yang beagama Hindu.

Nah itu dia rekomendasi 7 spot sunrise di Yogyakarta yang bisa kunjungi selam berwisata di kota Jogja. Memang yah kota Jogja ini penuh dengan tempat wisata yang menarik.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply