10 Tempat Wisata Malam Terbaik di Jogja

admin_ireztia

Yogyakarta terkenal akan keindahan alamnya mampu menarik pelancong lokal maupun turis luar untuk datang berkunjung ke Kota Gudeg ini. Berbagai destinasi wisata keren dapat dengan mudahnya ditemukan. Banyak pantai, barisan bukit, hingga hutan-hutan yang menarik untuk dieksplor di Jogja. Bukan hanya bisa dikunjungi saat siang hari banyak juga wisata malam terbaik di Jogja lho.

Wisata malam yang ada di Jogja ini sangat wajib dikunjungi. Apa aja sih wisata malam terbaik di Jogja? Simak berikut ini ya!

1. Pintu Langit Dahromo

Wisata malam terbaik di Jogja yang pertama adalah Pintu Langit Dahromo, yang terletak di Bukit Dahromo. Desa Muntuk, Dlingo, Bantul. Spot ini tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan. Tempat yang gemerlap ini menjadi favorit karena memiliki spot foto berbentuk pintu dengan pemandangan Jogja yang menakjubkan.

wisata malam terbaik di Jogja

Bukit ini dari pusat Kota Jogja dapat ditempuh kira-kira dalam satu jam. Untuk berfoto di spot yang tersedia, pengunjung cukup membayar Rp. 5000 dan biaya parkir. Murah banget kan?

2. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro adalah kawasan jalan populer di Jogja. Tempat ini merupakan satu dari tiga jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Secara keseluruhan terdiri dari Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Margo Mulyo. Jalan ini tak jauh dari Stasiun Tugu Jogja.

Jalan besar ini merupakan bukti Kota Yogjakarta yang tak pernah tidur. Kegiatan di jalan ini beraneka macam, duduk menikmati suasana Jogja di bangku yang tersedia di sepanjang jalan, naik delman keliling kota, berbelanja di toko sekitar Malioboro, hingga ngopi asyik di pinggir jalan. Menjadikan jalan Malioboro jadi wisata malam terbaik di Jogja.

3. Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta merupakan sebuah monumen yang sering dipakai sebagai landmark dari Yogyakarta. Bangunan ini dibangun oleh pemerintah Belanda setelah tugu sebelumnya runtuh akibat gempa yang terjadi di masa itu. Kini, Tugu Yogyakarta ini menjadi salah satu objek pariwisata Yogya. Keindahannya di malam hari juga wajib untuk dieksplorasi.

Saat malam hari, tugu ini dipadati oleh wisatawan yang ingin berfoto, banyak pula anak muda yang nongkrong di sekitar tugu. Dapat pula berwisata kuliner di sini, karena banyak angkringan tersedia di sekitar tugu. Pastinya murah meriah dan enak.

4. Candi Prambanan

Objek wisata malam terbaik di Jogja kali ini pasti sudah tidak asing, nih. Prambanan adalah sebuah kawasan di sebelah timur kota Jogja yang terkenal akan candi megahnya. Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang bisa kamu nikmati kemegahannya dalam malam hari.

Kita juga bisa menyaksikan drama seni tari Ramayana Ballet Prambanan atau Sendratari Ramayana Prambanan. Pertunjukan yang menyatukan seni tari, drama, dan musik tradisional dalam satu panggung ini selalu berhasil memukau penonton. Membuat kita terhanyut dalam kisah Ramayana. Dalam balutan lampu sorot warna-warni, Candi Prambanan di malam hari sangat terlihat indah megah.

5. Hutan Pinus Pengger

Kali ini merupakan wisata malam terbaik di Jogja favorit anak muda, yaitu Hutan Pinus Pengger. Berada di bagian paling utara Jogja, tepatnya berbatasan dengan wilayah Kecamatan pathuk Gunung Kidul. Meski demikian masih masuk dalam wilayah Kecamatan Dlingo.

wisata malam terbaik di Jogja

Yang menjadi primadona di lokasi ini adalah spot foto rumah ala Indian, dengan lubang di tengah yang bisa dimasuki pengunjung. Pengunjung bisa berfoto di lubang itu. Dari situ pula pengunjung dapat melihat Jogja dari ketinggian, lengkap dengan gemerlap lampu kota. Sangat direkomendasikan sebagai wisata malam Jogja.

6. Bukit Paralayang, Parangtritis

Parangtritis memang dikenal dengan pantainya yang indah. Namun, ada juga wisata malam terbaik di Jogja di sekitar pantai ini, yaitu Paralayang Parangtritis. Tidak hanya pemandangan alam saja yang dapat dinikmati, tapi lampu kota pun turut meramaikan malam hari di Paralayang. Suasana yang dingin, cantik dan bagus cocok untuk hunting foto.

7. Bukit Bintang

Wisata malam terbaik di Jogja selanjutnya adalah Bukit Bintang yang terletak di Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Seperti namanya, Bukit Bintang di malam hari bertabur bintang. Itulah yang menjadikan Bukit Bintang pada saat sore hingga malam hari selalu ramai dipadati oleh muda-mudi dan orang dewasa untuk menikmati keindahan malam Jogja dari ketinggian.

Di kawasan Bukit Bintang ini terdapat banyak warung dan kedai kopi sederhana. Siapa yang tidak ingin merasakan hangatnya kopi dengan suasana indah itu? Selain indah akan gemerlap bintang dan lampu kota, Bukit Bintang ini memberikan kesan romantis apalagi bagi pengunjung yang datang bersama orang tersayang.

8. Taman Pelangi

Banyak sekali wisata malam terbaik di Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Dan salah satunya adalah Taman Pelangi yang terletak di ring road utara daerah monjali (monument jogja kembali) Yogyakarta ini. Lokasinya sangat mudah dijangkau karena berada di pinggir jalan raya, Tempat wisata malam terbaik di Jogja ini adalah salah satu tempat wisata malam yang diminati oleh para wisatawan.

Taman Pelangi ini mempunyai dua sisi pintu masuk yaitu timur dan barat. Jika kalian akan berkunjung kesana maka disarankan sih lebih baik masuk melalui pintu yang timur karena dari situ para penelusur akan langsung disambut lampion besar berbentuk pelangi yang sekaligus menjadi pintu gerbang menuju negeri lampion.

Taman Pelangi merupakan bagian dari Moonjali (Monumen Jogja Kembali). Di sini, kamu dapat menikmati gemerlapnya berbagai jenis lampion megah, seperti lampion berbentuk tokoh pewayangan, tokoh kartun, Tugu Jogja, kereta kuda, binatang darat, binatang bawah laut, aneka benda antik, aneka bunga, serta replika keajaiban dunia. Di tempat ini juga disajikan berbagai wahana permainan untuk anak-anak maupun dewasa.

9. Pesta Rakyat Sekaten di Alun-alun Utara

Dari titik Nol Kilometer, berjalanlah ke arah selatan dan temukan alun-alun utara Yogyakarta. Setiap menjelang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, alun-alun utara menjadi salah satu pusat keriaan Jogja di malam hari. Di sinilah pasar malam Sekaten digelar setiap tahunnya.

wisata malam terbaik di Jogja

Kamu bisa menemukan aneka wahana permainan yang seru dan murah meriah, seperti kora-kora, bianglala, ombak banyu, sampai rumah hantu. Tersedia pula aneka jajanan serta toko-toko yang menjual pakaian bekas. Suasana makin riuh dengan diputarnya lagu-lagu dangdut di sejumlah wahana.

10. Monumen Jogja Kembali

atau Monjali merupakan sebuah monumen dan museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang terletak di Jalan Lingkar Utara Yogyakarta. Selain berisi rekaman sejarah untuk mengenang pahlawan kemerdekaan, monumen ini ternyata punya sisi romantisnya sendiri di malam hari, lho.

Di pelataran Monjali, ada Taman Pelangi yang terasa semarak dan romantis di malam hari. Lampion-lampion berbagai bentuk menerangi tempat ini dengan cahayanya yang warna-warni. Cuma di sini kamu bisa melihat pelangi di malam hari. Apalagi, taman ini tergenapi dengan berbagai wanaha yang bisa kamu nikmati bersama teman, pacar, atau keluarga.

Menarik ya, selain banyak wisata di siang hari banyak juga wisata malam terbaik di Jogja yang wajib kamu kunjungi jika berlibur kesana. Bukan hanya wisata kuliner malam yang enak-enak tapi banyak wisata malam yang bisa kamu kunjungi. Benar-benar Jogja itu kota wisata ya!

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply