10 Destinasi Wisata di Jogja bagian Pusat

admin_ireztia

Setelah membahas wisata Jogja Utara sekarang kita beralih ke destinasi wisata di Jogja bagian pusat kota. Kota Jogja sendiri terkenal dengan kota pendidikan dan sekarang bertambah julukannya. Selain Kota Pendidikan Jogja sekarang dikenal dengan Kota Wisata. Untuk kamu yang akan berencana mengunjungi Kota Jogja semoga 10 destinasi wisata di Jogja bagian pusat kota ini bisa dijadikan referensi.

Dan inilah 10 destinasi wisata di Jogja bagian Pusat yang bisa kamu kunjungi bila sedang berkunjung di Kota Jogja si Kota Wisata.

1. Keraton Yogyakarta

Destinasi wisata di Jogja bagian pusat yang pertama adalah Keraton Yogyakarta. Berdiri megah di jantung kota, Keraton Yogyakarta menjadi detak yang memberikan ruh pada kota ini. Istana ini merupakan bukti bahwa budaya dan tradisi yang masih dihidupi akan mampu bersinergi dengan laju modernisasi. Pengabdian yang tulus dan cinta yang besar adalah kunci dari semuanya.

Kemerisik daun sawo kecik yang menari tertiup angin menyambut kedatangan saya di Keraton Yogyakarta. Lamat-lamat terdengar suara gamelan yang mengalun pelan dari Bangsal Sri Manganti. Di sisi lain para abdi dalem terlihat bercengkerama bersama rekannya dan beberapa diantaranya lalu lalang di halaman istana tanpa alas kaki.

destinasi wisata di Jogja bagian pusat

Selain bangunan-bangunan megah berupa pendopo atau yang juga disebut dengan bangsal, kamu bisa mengunjungi museum benda bersejarah di Keraton Yogyakarta. Ada koleksi peralatan makan hadiah dari negara kerabat, aneka kain batik beserta sejarah pembuatannya, koleksi kursi Sri Sultan HB VIII dan permaisuri, serta koleksi lukisan. Salah satu lukisan yang jangan sampai dilewatkan adalah lukisan potret diri Sri Sultan HB VI karya maestro Raden Saleh.

Melangkah ke bagian ujung, kamu akan menjumpai sebuah bangunan yang memaparkan secara lengkap informasi, dokumentasi, serta memorabilia Sri Sultan HB IX. Di bangunan ini terdapat beragam pakaian seperti pakaian resmi kerajaan, pakaian yang dieknakan saat supitan. Pakaian berkuda dan sepakbola, seragam Pandu, meja kerja, lencana tanda jasa, ijazah, hingga koleksi kamera lawas milik Sri Sultan.

Mengunjungi Keraton Yogyakarta akan menjadi perjalanan yang menyenangkan. Sebelum berkunjung jangan lupa untuk menyiapkan kamera, sebab di istana ini ada banyak spot bagus yang bisa digunakan untuk berfoto. Kalau kamu suka melakukan selfie, di Keraton Yogyakarta ada banyak tegel kunci yang indah untuk dijadikan background foto yang instagram-able. Tapi berhubung ini merupakan tempat tinggal sang raja, maka kamu harus menjaga sikap dan perilaku saat bertandnag ke Keraton Jogja. Pastikan juga memakai pakaian yang sopan.

Kraton Yogyakarta (open 09.00 – 14.00)

Harga Ticket Masuk

Lokal : RP. 7.500
Asing: 15.000
Tiket Camera : Rp. 3.000,-
Guide Tipping Rp 50.000,-

Jadwal Pertunjukan Seni di Keraton Yogyakarta
Senin: Gamelan (pukul 10.00 – 12.00 WIB)
Selasa: Gamelan (pukul 10.00 – 12.00 WIB)
Rabu: Wayang golek (pukul 09.00 – 12.00 WIB)
Kamis: Gamelan dan tari tradisional (pukul 10.00 – 12.00 WIB)
Jumat: Tembang macapatan (pukul 10.00 – 11.30 WIB)
Sabtu: Wayang kulit (pukul 09.00 – 13.00 WIB)
Minggu: Tari tradisional (pukul 11.00 – 12.00 WIB)

2. Sindu Kusuma Edupark

Liburan dan berwisata ke Yogyakarta jangan lupa mengunjungi salah satu tempat rekerasi dan edukasi keluarga Sindu Kusuma Edupark Yogya – Sleman atau sering disingkat SKE. Dengan total luas areal tidak kurang dari 7 Ha, Sindu Kusuma Waterpark Yogya menawarkan beragam wahana dan atraksi menarik.

tempat wisata hits terbaru jogja

lebih dari 10 wahana dan permainan menarik bisa dicoba, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Dengan harga tiket masuk yang masih relatif terjangkau, dapat dipastikan pengunjung akan merasa puas bermain di Sindu Kusuma Edupark Yogya.

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk Rp 15.000
Light Fest (Termasuk HTM & Bonus Wahana) Rp 45.000
Tiket Terusan Dewasa Rp 70.000
Tiket Terusan Anak Rp 50.000
Terusan Plus (Termasuk Light Fest) Rp 100.000
Tiket Terusan sindu kusuma edupark yogya sudah termasuk main sepuasnya 11 wahana dan masing-masing 1x main 3 wahana. Tiket Terusan Anak-anak termasuk main sepuasnya 7 wahana dan masing-masing 1x main 2 wahana.

Wahana yang hanya bisa dimainkan satu kali : Cinema 8D, house Of Terror (Tidak termasuk di terusan anak), Panggon Lunjak (Trampoline). Wahana lainnya bisa dimainkan sepuasnya.

Sedangkan harga tiket masing-masing wahana / permainan beragam mulai dari Rp 10.000 – Rp 50.000. Harga belaku setiap hari baik hari biasa maupun akhir pekan.

Jam Buka Sindu Kusuma Edupark – SKE
Senin – Jumat 15:30 – 23:00
Sabtu-Minggu & Hari Libur 09:30 – 23:00
Khusus hari Selasa sindu kusuma edupark yogya tidak beroprasi atau libur

3. Pusat Kerajinan Perak

Kota Gede dikenal dengan kerajinan perak Kotagede yang memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Saat ini, Kota Gede adalah daerah yang ada di pinggiran kota Yogyakarta. Kota ini sendiri terdiri dari jalan-jalan sempit di mana banyak sekali ditemukan toko-toko perak tradisional serta rumah berubin mosaik yang berjajar rapi di pinggir jalan. Dulunya rumah-rumah tersebut adalah rumah dari para bangsawan serta para pedagang kerajaan.

Kota Gede ini adalah salah satu tempat yang bisa anda kunjungi saat berkunjung ke Jogja. Kota Gede ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk berjalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan di Yogyakarta. Di sini adalah tempat yang sangat tepat dikunjungi jika ingin berbelanja atau melihat-lihat kerajinan perak. Di Destinasi nda juga dapat mengitari sejumlah bangunan kuno yang adalah rumah pedagang yang berasal dari Belinda dan Arab.

destinasi wisata di Jogja bagian pusat

Perak Yogya memiliki ciri khas yang unik dan tentunya memiliki nilai seni tinggi. Ciri khasnya adalah berbentuk relief berwarna hitam dan putih yang kontras. Biasanya Kota Gede ini banyak menghasilkan kerajinan perak berupa kalung, gelang, cincin, bros dan berbagai kerajinan yang lain. Sehingga jika Anda sedang mencari barang-barang berupa perak dengan kualitas yang bagus, maka anda bisa mencoba mengunjungi kerajinan perak Kotagede. Di sini Anda akan menemukan banyak sekali perak berkualitas tinggi.

Rata-rata para wisatawan yang datang ke sini memang berniat untuk membeli kerajinan peraknya yang memiliki ciri khas unik. Salah satu bentuk kerajinan yang paling sering dicari adalah cincin pria atau yang biasa disebut emban cincin. Cincin pria ini biasanya dibuat dengan bahan perak berkualitas tinggi dengan kadar perak 925 sehingga perak pun mudah dibersihkan dan tidak mudah luntur. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa memesan cincin sesuai dengan keinginan. Selain cincin bisa juga memesan kerajinan perak Kotagede lainnya.

4. Malioboro

Destinasi wisata di Jogja bagian pusat selanjutnya adalah jalan Malioboro. Bila kawasan Tugu dan Malioboro sangat ramai dengan kendaraan di siang hari, malam hari justru lebih ramah bagi pejalan kaki. Di sekitar Tugu banyak dijajakan wedang ronde dan berbagai makanan ringan yang bisa dinikmati sambil melihat Tugu Jogja yang banyak menyimpan arti.

destinasi wisata di Jogja bagian pusat

Perjalanan bisa diteruskan menuju Malioboro dengan jalan kaki sambil melihat-lihat karya seni yang diletakkan sepanjang jalan ini. Jangan lupa berfoto di papan tanda Jalan Malioboro yang membuatmu sah datang ke Jogja. Siap habiskan malam di sini?

5. Museum Benteng Vedeburg

Pertama kali dibangun tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I, Museum Benteng Vredeburg pernah berganti nama. Sebelumnya, bernama Rustenburg yang berarti “benteng peristirahatan”, namun karena gempa hebat terjadi benteng pun runtuh. Museum Benteng Vedeburg merupakan  destinasi wisata di Jogja bagian pusat yang harus kamu kunjungi.

Ketika masih berfungsi sebagai benteng, Museum Benteng Vredeburg memiliki empat buah menara pengawas di setiap sudutnya. Konon, empat menara tersebut berfungsi sebagai tempat tentara Belanda berjaga-jaga dan melepaskan tembakan ketika perang.

destinasi wisata di Jogja bagian pusat

Seiring berjalannya waktu, bangunan peninggalan yang sudah banyak yang rusak dipugar oleh pemerintah untuk menjadi museum. Sekarang, setiap ruangan dan bangunan dalam Museum Benteng Vredeburg berfungsi sebagai diorama sekaligus objek pengingat perjuangan. Diorama-diorama itu menggambarkan dari Perang Diponegoro, Agresi Militer tahun 1948 hingga masa Orde Baru.

Latar belakang sejarah Kota Yogyakarta baik sebagai ibukota Kasultanan Yogyakarta dan ibukota NKRI tidak dapat dipisahkan dengan sejarah Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Tak hanya diorama, Museum Benteng Vredeburg juga memiliki daya tarik tersendiri yakni dengan mengoleksi benda-benda bersejarah. Sebut saja foto-foto zaman dahulu mulai dari zaman Belanda hingga pemberontakan G30S/PKI di Yogyakarta.

Koleksi berbagai macam peninggalan orang-orang berpengaruh zaman dahulu kala yang masih bisa diselamatkan hingga sekarang. Atau juga lukisan-lukisan perjuangan tentara nasional dan rakyat dalam merebut dan mencapai kemerdekaan.

Informasi :

Alamat
Museum Benteng Vedeburg
Jalan Jenderal A. Yani (Margo Mulyo) No. 6
Yogyakarta

Telp. 0274 – 586 934

Jam Kunjungan:
Selasa – Kamis 07.30-16.00
Jumat – Minggu 07.30-16.30

Tiket
Dewasa Rp 2.000
Anak-anak Rp 1.000
Asing Rp 10.000

6. Pasar Bringharjo

Pasar Beringharjo menjadi sebuah bagian dari Malioboro merupakan destinasi wisata di Jogja bagian pusat yang sayang untuk dilewatkan. Tempat ini telah menjadi pusat kegiatan ekonomi selama ratusan tahun dan keberadaannya mempunyai makna filosofis. Pasar yang telah berkali-kali dipugar ini melambangkan satu tahapan kehidupan manusia yang masih berkutat dengan pemenuhan kebutuhan ekonominya.

destinasi wisata di Jogja bagian pusat

Bagian depan dan belakang bangunan pasar sebelah barat merupakan tempat yang tepat untuk memanjakan lidah dengan jajanan pasar. Di sebelah utara bagian depan, dapat dijumpai brem bulat dengan tekstur lebih lembut dari brem Madiun dan krasikan (semacam dodol dari tepung beras, gula jawa, dan hancuran wijen). Di sebelah selatan, dapat ditemui bakpia isi kacang hijau yang biasa dijual masih hangat dan kue basah seperti hung kwe dan nagasari. Sementara bagian belakang umumnya menjual panganan yang tahan lama seperti ting-ting yang terbuat dari karamel yang dicampur kacang.

Tempat berbelanja Batik dan Barang Antik

Jika ingin membeli batik, Beringharjo adalah tempat terbaik karena koleksi batiknya lengkap. Mulai batik kain maupun sudah jadi pakaian, bahan katun hingga sutra, dan harga puluhan ribu sampai hampir sejuta tersedia di pasar ini. Koleksi batik kain dijumpai di los pasar bagian barat sebelah utara. Sementara koleksi pakaian batik dijumpai hampir di seluruh pasar bagian barat. Selain pakaian batik, los pasar bagian barat juga menawarkan baju surjan, blangkon, dan sarung tenun maupun batik. Sandal dan tas yang dijual dengan harga miring dapat dijumpai di sekitar eskalator pasar bagian barat.

destinasi wisata di Jogja bagian pusat

Berjalan ke lantai dua pasar bagian timur, jangan heran bila mencium aroma jejamuan. Tempat itu merupakan pusat penjualan bahan dasar jamu Jawa dan rempah-rempah. Bahan jamu yang dijual misalnya kunyit yang biasa dipakai untuk membuat kunyit asam dan temulawak yang dipakai untuk membuat jamu terkenal sangat pahit. Rempah-rempah yang ditawarkan adalah jahe dan kayu manis.

Pasar ini juga tempat yang tepat untuk berburu barang antik. Sentra penjualan barang antik terdapat di lantai 3 pasar bagian timur. Di tempat itu, anda bisa mendapati mesin ketik tua, helm buatan tahun 60-an yang bagian depannya memiliki mika sebatas hidung dan sebagainya. Di lantai itu pula, anda dapat memburu barang bekas berkualitas bila mau. Berbagai macam barang bekas impor seperti sepatu, tas, bahkan pakaian dijual dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga aslinya dengan kualitas yang masih baik. Tentu butuh kejelian dalam memilih.

7. Tugu Yogyakarta

Destinasi wisata di Jogja bagian pusat selanjutnya adalah Tugu Jogja. Tugu jogja merupakan sebuah ikon kota pelajar ini sendiri, tugu ini bukan tugu sembarangan dan bersejarah bagi kota jogja. letaknya di kota jogja. Saat malam hari tugu jogja banyak yang berkunjung, tempat asik buat nongkrong dan berfoto. Katanya buat mahasiswa jogja belum sah kalau belum foto di tugu jogja. Tapi harus ingat, hati-hati ketika kamu mau foto di tugu ini, karena banyak kendaraan yang berlalu-lalang di sini. Jadi hasilkan foto terbaikmu selama di Jogja dan harus mampir ke tugu jogja.

tempat wisata hits terbaru jogja

8. Titik Nol KM Jogjakarta

Kawasan titik nol kilometer jogja memiliki sejumlah bangunan peninggalan Belanda yang sering disebut Loji. Coba kunjungi destinasi wisata di Jogja bagian pusat ini. Disini kamu akan disajukan nuasan masa lalu dengan keindahan bangunan-bangunan tua yang terawatnya, dengan warna lampu berwarna kuning menambah nuasa romantis dan klasik.

Titik nol kilometer ini menjadi salah satu lokasi wisata favorit anak-anak muda baik anak muda jogja atau luar jogja. menikmati hiru pikuk lalu lintas jogja ditemanan pedagang pinggiran yang ada di sekitar nol kilometer malioboro jogja pasti tidak akan mengecewakan anda saat berwisata ke jogja.

tempat wisata hits terbaru jogja

Kawasan nol kilometer juga menjadi sentra perekonomian bagi masyarakat Yogyakarta, karena letaknya yang strategis. Sebut saja Kawasan Malioboro, Pasar Beringharjo, kawasan Jalan Kyai Ahmad Dahlan, serta kawasan Jalan Wijilan yang selalu dipadati wisatawan.

Kini kawasan Titik Nol Kilometer menjadi tempat wisata malam di Jogja yang sangat populer. Setiap malam selalu dipenuhi berbagai aktivitas anak-anak muda, mulai dari event musik, kegiatan sosial, atau sekedar nongkrong bersama teman-teman. Tak hanya menyusuri sejumlah bangunan bersejarah namun banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di tempat ini.

9. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata di Jogja bagian pusat. Terdapat wahana bermain sekaligus belajar untuk anak-anak. Disediakan oleh pemerintah kota Yogyakarta untuk sarana pembelajaran sains bagi siswa yang mendukung kurikulum pendidikan serta memotivasi anak dan generasi muda untuk mencintai sains.

Wahana bermain yang berada di sebelah timur jalan Malioboro ini menyediakan berbagai wahana permainan yang tidak hanya mendidik, namun akan membuat anak-anak merasa senang. Taman pintar ini bisa dinikmati oleh anak-anak yang belum sekolah hingga anak-anak usia sekolah menengah untuk memperluas dan mempendalam pelajaran sains di sekolah melalui pengamatan langsung karena bisa dibilang secara sederhana, Taman Pintar Jogja adalah laboratorium dalam kemasan rekreasi.

Letak atau Alamat Taman Pintar Jogja

Taman Pintar Jogja terletak di depan Bank Indonesia atau berada kurang lebih 200 meter di sebelah timur perempatan jalan Malioboro. Alamat lengkapnya adalah Jalan Panembahan Senopati No. 1 -3 Yogyakarta. Telp (0274) 583631, 583713 Fax. (0274) 583664.

Harga Tiket dan Jam Buka Taman Pintar Jogja

Tiket masuk ke area Taman Pintar Jogja (non rombongan) untuk anak-anak adalah Rp.10.000,- dan dewasa Rp.18.000,-. Harga tersebut belum termasuk tiket untuk menikmati wahana permainan yang ada di dalamnya.
Taman Pintar dibuka dari mulai hari Selasa – Minggu. Khusus hari senin libur kecuali jika bertepatan dengan libur nasional. Buka mulai jam 09.00 wib dan Tutup jam 16.00 wib.

destinasi wisata di Jogja bagian pusat

Harga Tiket untuk wahana tertentu:

Wahana Teather 3D.
Umum: Rp. 20.000,-
Pelajar: Rp. 15.000,-
Rombongan: Rp. 15.000,- (minimal 20 orang).

Program Kreativitas.
Kreasi Batik: Rp.5000,- (Dewasa dan anak-anak).
Kreasi Gerabah: Rp.5000,- (Dewasa dan anak-anak).
Lukis Kaos: Rp.30.000,- (Anak-anak) dan Rp.40.000,- (Dewasa)
Lukis Gerabah: Rp.10.000,- (Dewasa dan anak-anak).
Hand on Science: Rp.5000,- (Dewasa dan anak-anak).
Latihan menjadi Presenter TV: Rp.10.000,- (Dewasa dan anak-anak).

Gedung Paud.
Khusus untuk anak-anak usia 2 – 7 tahun saja dan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp.3.000,-/anak.

Planetarium.
Wahana Planetarium dibuka untuk semua usia dengan harga tiket Rp.15.000,-/orang.

Wahana Bahari.
Harga tiket untuk masuk ke wahana Bahari adalah sebesar Rp.15.000,-/orang.

10. Wisata Taman Sari

Taman sari sendiri merupakan salah satu tempat sejarah peninggalan jaman dahulu yang ada di Yogyakarta, tempat tersebut pernah menjadi saksi masa kejayaan Keraton Yogyakarta dalam sejarahnya, karena peninggalan sejarah inilah tempat ini bangunannya mirip dengan keraton nan megah di jamannya. Walaupun ada banyak tempat wisata modern yang ada di jogjakarta namun taman sari menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi baik itu oleh wisatawan sekitar atau dari kota lain karena mereka ingin lebih tahu dan melihat sendiri tempat yang banyak memiliki cerita sejarah tersebut.

destinasi wisata di Jogja bagian pusat

Tempat yang berada di alamat Jl. Nogosari No.6, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta ini konon dibangun sebagai tempat rekreasi raja keraton beserta keluarganya, bangunan yang berada didalamnya berupa taman, kolam pemandian, menara, benteng, terowongan bawah tanah, tempat ibadah dan yang lainnya.

Bila kamu sedang mencari tempat wisata yogyakarta maka taman sari bisa menjadi salah satu pilihan menarik karena selain berekreasi kita juga bisa tahu tempat-tempat sejarah yang masih ada hingga saat ini, nah bila kamu tertarik dengan tempat ini maka bisa langsung datang mengunjunginya namun ada baiknya kamu perlu tahu harga tiket masuk taman sari yogyakarta supaya bisa mempersiapkan biaya masuknya.

Harga Tiket Taman Sari Yogyakarta
Kategori Wisatawan Lokal Wisatawan Asing
Tiket Masuk Rp 7.500 Rp 15.000
Kamera Rp 3.000

*Tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu

Jam Operasional Taman Sari Yogyakarta

Jam operasional atau jam buka taman sari yogyakarta dibuka setiap hari dari hari senin-minggu mulai pukul 09.00-14.00 WIB, biasanya tempat ini ramai dikunjungi pengunjung pada saat hari libur.
Peta Lokasi Taman Sari Yogyakarta

Itulah informasi tentang destinasi wisata di Jogja bagian pusat. Semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari informasi tentang destinasi wisata di Jogja bagian pusat. Selamat berwisata di Kota Wisata.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply