Indahnya Sunrise dan Sunset di Tebing Breksi, Romantis!

admin_ireztia

Tak habis-habisnya membahasa tentang tempat wisata di Jogja. Kali ini ada tempat yang indah untuk melihat sunrise dan sunset di Tebing Breksi.

Seindah apa sih melihat sunrise dan sunset di Tebing Breksi Yogyakarta? Penasarankan, yuk simak penjelasnya berikut ini ya.

Tebing Breksi Yogyakarta merupakan tempat wisata yang menawarkan berbagai spot berfoto dengan bukit batu-purba. Endapan vulkanik dari Gunung Purba Nglanggeran hingga pengalaman belajar wisata alam yang telah di ekspolitasi oleh manusia.

 

 

Bukit batu raksasa ini memiliki nilai artistik. Pembentukannya dapat dikategorikan tidak sengaja. Warga desa setempat semula mengeksploitasi batu-batu vulkanik tersebut sebagai kerajinan. Pengerukan yang mengakibatkan bukit ini terkikis dan kritis. Ada banyak kekhawatiran lingkungan sekitar yang hancur dan mengalami kerugian massal karena tidak jauh dari lokasi tersebut terdapat wisata Candi Ijo dan Candi Ratu Boko. Menutup lokasi penambangan tanpa adanya alasan, membuat warga menolaknya.

Lokasi dan Rute  Tebing Breksi Yogyakarta

Wisata Tebing Breksi ini berada di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 1 kilometer sebelum wisata Candi Ijo jika dari jalan Prambanan-Piyungan.

Rute menuju Tebing Breksi dapat dikatakan cukup menantang terlebih jika sudah memasuki Desa Sambirejo, kita akan melewati jalan tanjakan yang cukup tinggi hingga sampai Tebing Breksi, hal ini karena memang lokasi Tebing Breksi yang berada diperbukitan. Namun tidak perlu khawatir karena rute menuju Tebing Breksi keadaan jalannya cenderung sudah bagus kecuali beberapa meter dari pintu masuk Tebing Breksi masih terdapat jalan yang tidak rata.

Rute menuju Tebing Breksi dapat ditempuh dari arah kota Yogyakarta, untuk rute dari Kota Yogyakarta anda harus menempuh perjalanan menuju Jalan Jogja-Solo hingga pertigaan Candi Prambanan kita akan belok kanan atau menuju arah timur memasuki Jalan Prambanan-Piyungan hingga menjumpai papan nama Tebing Breksi kamu belok kiri hingga sampai di Tebing Breksi .

Jarak dari Kota Jogja ke Tebing Breksi kurang lebih adalah 18 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Tebing Breksi sekitar 46 menit.

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi

Harga tiket masuk wisata Tebing Breksi ini geratis. Namun, para wisatawan akan di kenakan tarif parkir kendaraan. Tarif parkir tersebut terjangkau hanya sebesar Rp. 2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000,00 untuk mobil. Dan pada saat liburan nasional, Tebing Breksi ini relatif ramai pengunjung.

Jika berlibur ke Yogyakarta, sempatkan untuk singgah ke Taman Tebing Breksi. Destinasi geowisata di Desa Sambirejo Prambanan Sleman ini terletak 15 km dari Kota Yogyakarrta.

Pesona Keindahan Tebing Breksi Yogyakarta

Masyarakat yang sebelumnya bermata pencaharian sebagai tambang di batu breksi kini merasa kehilangan. Namun, semua rasa kehilangan tersebut tidak diluapkan menjadi hal yang negatif. Mereka melihat berbagai potensi lain dari bekas tambang batu tersebut yang memiliki pesona keindahan yang terpendam. Oleh sebab itu, masyarakat dengan kreatifitasnya mengubah bekas tambang tersebut menjadi salah satu tempat wisata yang indah dan menarik utuk di kunjungi.

Pesona dari keindahan wisata Tebing Breksi ini berupa guratan-guratan tebing batu yang mempesona dan mengingatkan pada tempat wisata Garuda Wisno Kencana yang ada di Bali. Tidak hanya tebingnya yang indah, namun kita juga dapat naik ke atas tebing lewat anak tangga yang terbuat dari batu. Selain itu, keindahan pemandangan Gunung Merapa tampak jelas diatas tebing tersebut bila cuaca sedang cerah. Terlebih jika pengunjung datang pada malam baru, akan dapat menyaksikan kedap-kedip lampu di kota Gudeg ini.

Melihat Sunrise di Tebing Breksi

Berkunjung ke tebing Breksi memerlukan berbagai strategi yang tepat apalagi untuk melihat sunrise dan sunset di Tebing Breksi. Apabila para wisatawan ingin menikmati sunrise, selain mengenali batu purbanya, para pengelola wisata ini menerima tamu pukul 05.00 WIB.

Apabila sebelumnya sudah menginap di Jogja, satu jam sebelumnya dapat bersiap-siap untuk menuju lokasi Breksi. Wisata sunrise ini sangat mengasikan, karena menawarkan keindahan pemandangan dari atas bukit Breksi langsung menerpa matahari.

Memanjat bukit batu breksi menjadi daya tarik karena tangga-tangga yang tersedia telah tertata rapi. Semua tangga tersebut batu sisa penambangan yang dibentuk menjadi jalan yang apik. Sambil memanjat sampai ke atas bukit batu, pemandangan alam dan desa serta lingkungan sekitar seperti Candi Ijo dan Candi Boko menjanjikan gambar yang memukau.

Melihat Sunset di Tebing Breksi

Sebaliknya, jika menginginkan keindahan saat menjelang sunset, sebaiknya kita harus bersiap-siap pukul 17.00 WIB. Walaupun dekat dengan kota Jogja, potensi lalu lintas yang padat dapat mengecewakan wisatawan yang ingin menyaksikan matahari terbenam.

Alternatif lain, geowisata Breksi ini dapat di nikmati tengah hari dan malam hari. Ketika matahari terik, maka baru vulkanik tersebut semakin pekat warnanya dan menjadi daya tarik tersendiri.

Sementara itu, pada saat malam hari, pancaran sinar lampu mengesankan batu Breksi ini layaknya sebuah istana raja yang megah. Wisata Breksi pada malam hari dapat sambil menikmati alunan musik dari kaki bukit batu yang diset menjadi sebuah panggung hiburan.

 

Bukit batu raksasa tersebut bernilai artistik. Pembentukannya bisa dikategorikan tidak sengaja. Warga desa setempat semula mengeksploitasi batu-batu vulkanik purba untuk kerajinan. Pengerukan mengakibatkan bukit terkikis dan kritis. Ada kekhawatiran lingkungan sekitar hancur dan kerugian massal karena tidak jauh dari lokasi terdapat situs-situs purba seperti Candi Ijo dan Candi Ratu Boko. Menutup lokasi penambangan tanpa alasan, warga pasti menolaknya.

Usai diteliti oleh para ahli geologi, onggokan batu Breksi masuk kategori batu purba yang berusian ribuan tahun. Batu-batu raksasa yang tersisa memiliki warna khas, sebagian besar warna gelap. Ukuran bentangannya memanjang dan meninggi. Ketika diperhatian, onggokan batu raksasa tersebut menyerupai bangunan, ada bangunan empat persegi panjang yang seperti istana batu, ada bentuk lain yang menjulang.

Batu-batu raksasa tersebut makin unik dan ekspresi seninya makin tinggi ketika seniman-seniman pahat lokal menyentuhnya dengan beragam gambar-gambar klasik seperti gambar wayang dan beragam ukiran lain.

Semoga penjelasan tentang sunrise dan sunset di Tebing Breksi bisa menjadi bahan referensi buat kamu yang akan melihat sunrise dan sunset di Tebing Breksi. Ada juga The Loss World Castle yang tak kalah menarik, tempat ini bisa kamu kunjungi di Kota Jogja

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply