Contoh Program CSR UKM yang Bisa Kita Tiru

admin_ireztia

Di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang CSR. Banyak manfaat yang di dapatkan dari program CSR ini. Beberapa perusahaan sudah berhasil melakukan program CSR. Untuk kesempatan kali ini kita akan membahas contoh program CSR UKM yang bisa kita tiru di indonesia.

Dengan adanya contoh ini diharapkan semakin memperluas wawasan kita tentang program CSR. Berikut adalah contoh program CSR UKM yang bisa kita pelajari.

Corporate Social Responsibility (CSR)

CSR merupakan wujud dari kedermawanan perusahaan terhadap masyarakat di saat keadaan sedang baik telah berlalu. CSR dan tanggung jawab terhadap masyarakat kini telah menjadi komponen penting bagi keberlangsungan bisnis di Indonesia.

Dalam keadaan yang baru tersebut tantangan yang harus dihadapi adalah mengembangkan strategi yang mampu mengintegrasikan kesejahteraan masyarakat bersamaan dengan kesejahteraan perusahaan itu sendiri.

Hal itu menuntut pengembangan berbagai proses dan rangka kerja yang memungkinkan pengujian peluang yang proaktif yang dirancang untuk menguntukan kedua belah oihak baik perusahaan maupun masyarakat.

Baca Juga : Definisi, Manfaat dan Penerapan CSR Di Indonesia

Usaha Kecil Menengah (UKM)

Usaha Kecil Menengah atau yang sering disingkat UKM merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah. Begitu juga dengan negara Indonesia. UKM ini sangat memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian masyarakat.

program CSR UKM

UKM sangat membantu negara atau pemerintah dalam hal penciptaan lapangan kerja baru dan lewat UKM juga banyak tercipta unit unit kerja baru yang menggunakan tenaga-tenaga baru yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga. Selain dari itu UKM juga memiliki fleksibilitas yang tinggi jika dibandingkan dengan usaha yang berkapasitas lebih besar

Program pengembangan UKM dan peningkatan ekonomi yang bertujuan meningkatkan proses dan hasil bisnis. Bisnis usaha kecil dan menengah yang beroperasi di tengah masyarakat. Hali ini merupakan kegiatan CSR di bidang Program Pengembangan UKM Setempat yang meliputi:

• Peningkatan bisnis dan kapasitas secara umum
• Program hubungan supply chain untuk industri bahan baku
• Kemitraan dalam supply chain
• Program manajemen value chain

PT Tower Bersama Group Tbk (TBIG).

PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (“TBIG”) merupakan perusahaan induk dari Tower Bersama Group. TBIG didirikan pada tahun 2004 dan sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tanggal 26 Oktober 2010.

program CSR UKM

Tower Bersama Group merupakan salah satu dari dua perusahaan menara independen terbesar di Indonesia. Kegiatan usaha utama Perseroan adalah menyewakan tower space pada sites sebagai tempat pemasangan perangkat telekomunikasi milik penyewa. Tujuannya untuk transmisi sinyal berdasarkan skema perjanjian sewa jangka panjang melalui Entitas Anak.

Perseroan juga menyediakan akses untuk operator telekomunikasi ke jaringan repeater. IBS milik Perseroan sehingga dapat memancarkan jaringan sistem telekomunikasi di gedung-gedung perkantoran dan pusat-pusat perbelanjaan yang terletak pada wilayah perkotaan.

Program CSR PT Tower Bersama Group Tbk (TBIG).

PT Tower Bersama Group Tbk (TBIG) mempunyai empat pilar yang diandalkan dalam menjalan kegiatan sosialnya.

Pertama, Bangun Sehat Bersama. Melalui ini, TBIG bekerjasama dengan Rumah Zakat meluncurkan Mobil Kesehatan Keliling TBIG untuk melayani wilayah yang masih minim akses pelayanan kesehatan, terutama ibu hamil dan balita.

Saat ini TBIG sudah memiliki empat mobil yang beroperasi di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Lampung. Asal tahu saja, Mobil Kesehatan Keliling TBIG dilengkapi oleh perlengkapan medis yang cukup memadai seperti USG Mindray, scoop stretcher, mobile stretcher, Oxygen, emergency kit dan first aid kit, suction unit, minor surgery set, dan sekaligus dengan Dokter untuk menunjang pelayanan yang diberikan.

Kedua, Bangun Cerdas Bersama. Rumah belajar yang didirikan bersama Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) ini memberikan sarana pendidikan bagi anak-anak putus sekolah di daerah Manggarai, dengan kurikulum berbasis Diknas, berkolaborasi dengan BINUS sebagai penyedia kurikulum dan sertifikat sebagai upaya community development TBIG, bentuk kepedulian TBIG terhadap pendidikan berkualitas bagi anak-anak Indonesia.

Ketiga, Bangun Hijau Bersama. Melalui ini, TBIG menyediakan program pelestarian lingkungan hidup seperti penyediaan air bersih dan akses air minum sehat bagi warga di daerah kumuh dan masyarakat di sekitar lokasi tower TBIG.

Terakhir, Bangun Budaya Bersama. Pada tahap ini, TBIG ikut serta dalam pelestarian budaya Indonesia terutama Batik, dengan membangun Workshop pemberdayaan dan pengembangan batik bertajuk Rumah Batik TBIG dan mendirikan Koperasi Batik TBIG.

Awal mula Ide pelestarian budaya batik

Awalnya PT Tower Bersama Group melihat di Pekalongan, perajin batik lama-kelamaan tidak mau lagi membuat usaha batik karena kurang dihargai. TBIG ingin pebatik Indonesia terangkat taraf hidupnya. Oleh karena itu PT Tower Bersama Group membuat Rumah Batik di Wiradesa, Pekalongan. Alasannya untuk membantu pendidikan buruh batik menjadi perajin dan pengusaha profesional.

program CSR UKM

Sebuah hal yang unik, melalui Rumah Batik TBIG, perusahaan ini juga melahirkan batik dengan logo dan brand value perusahaan. Logo tidak hanya sekadar digabungkan dengan motif batik. Justru PT Tower Bersama Group menciptakan motif batik baru.

Itulah salah satu perusahaan yang mempunyai program CSR UKM. Dengan contoh ini diharapkan kita bisa meniru sehingga terciptanya program CSR UKM yang lebih baik. Mempunyai banyak manfaat bagi perusahaan dan UKM.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply