Contoh CSR Terbaik yang Pernah Dilakukan Perusahaan Besar di Indonesia

admin_ireztia

Program CSR atau Corporate Social Responsibility merupakan program yang dijalankan perusahaan untuk bisa memberikan dampak sosial pada lingkungan. CSR sangat dibutuhkan karena perusahaan kini telah dituntut untuk turut berkontribusi pada pembangunan masyarakat. Kali ini kita akan merangkum 5 CSR terbaik yang pernah dilakukan perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Berikut ini adalah contoh-contoh CSR terbaik yang dilakukan beberapa perusahaan di Indonesia. Simak ulasan berikut dibawah ini.

1.Danone AQUA

Terbentuknya Departemen CSR tahun 2005 di Aqua menginisiasi pelaksanaan beberapa kegiatan, salah satunya Program Aqua Lestari yang merupakan sustainable initiative. Perspektif pengelolaan dampak pun mulai terlihat. Danone melakukan kajian perhatian pemangku kepentingan serta isu yang harus ditangani perusahaan. Misalnya dari aspek transportasi, pengelolaan limbah, akses air, konservasi, program pengembangan masyarakat dan lainnya.

CSR terbaik

Di pihak internal sendiri masing-masing Departemen mulai bergerak menggarap dampak eksternalitas maupun peluang untuk memperbesar kontribusi positif yang terkait dengan aktivitasnya. Program Aqua 1 untuk 10 yang dimulai sejak 2006 misalnya, merupakan terjemahan Departemen Marketing terhadap tantangan mengambil peran strategis implementasi CSR Danone Aqua.

Selain itu pada tahun 2006, Danone Aqua bekerjasama Danone Wetland dan UNESCO membuat program pengenalan pendidikan lingkungan kepada siswa Sekolah Dasar melalui permainan Ramsar. Permainan berbentuk ular tangga dan monopoli yang isinya mengenai pengetahuan lingkungan. Program tersebut juga melibatkan dinas pendidikan dan sekolah-sekolah di daerah.

2. PT. Telkom Indonesia

PT Telkom Indonesia yang menjalankan program Indonesia Digital Learning (IDL), sebuah program CSR yang mendorong terjadinya perubahan paradigma digital untuk guru diseluruh Indonesia. Program ini rupanya mendapatkan apresiasi dan penghargaan sebagai The Best Program oleh The La Tofi School of CSR.

CSR terbaik

Program IDL dinilai CSR terbaik karena memberikan pengaruh positif terhadap perubahan kehidupan komunitas guru di Indonesia. Sebab IDL mampu meningkatkan kompetensi, keterampilan dan kualitas pengajar lewat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

Tidak heran bila kemudian para dewan juri yang beranggotakan Chairman The La Tofi School of CSR, La Tofi. Direktur Eksekutif Komisi CSR Nasional, Wahyu Aris Darmono. Dan Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia Ibnu Hamad mengganjar program ini sebagai CSR terbaik pada tahun 2016.

Ukuran Penilaian CSR

Penilaian yang dilakukan oleh The La Tofi School of CSR pada CSR yang dilakukan oleh perusahaan swasta maupun BUMN dilakukan menggunakan sejumlah alat ukur. Seperti dampak dari program berdasarkan tingkat dan cakupan kesuksesan program dalam mengatasi masalah dari kebutuhan sosial. Penilaiannya dihitung berdasarkan hasil perhitungan kuantitatif.

Selain kesuksesan CSR juga diukur berdasarkan faktor inovasi pada program yang menilik strategi atau inisiatif baru apa saja telah diadopsi untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Inovasi yang dimaksud adalah hasil inisiatif yang berbeda dengan pendekatan yang belum diterapkan secara luas.

CSR juga diukur berdasarkan faktor kemudahan penerapan dan duplikasi, yang berarti seberapa mudah CSR tersebut mampu dan bisa merangsang dan mendorong pihak lain untuk menduplikasi metode mengentaskan masalah. Kemudahan penerapan menjadi penting karena akan membuat program menjadi efektif dan memberikan hasil yang konsisten di lokasi-lokasi berbeda.

Alat ukur yang terakhir adalah kemudahan untuk diukur, yang artinya program dapat diukur tingkat keberhasilannya sehingga mampu untuk dikembangkan potensinya. Kemudahan pengukuran akan memermudah program untuk mencapai target yang lebih besar dimasa yang akan datang.

Program pembelajaran ICT bagi guru di seluruh Indonesia telah dilakukan Telkom secara konsisten sejak 2008 yang lalu. Program yang dahulu dikenal dengan tajuk “Bagimu Guru Ku Persembahkan” tersebut telah melatih ribuan guru untuk menjadi lebih baik lewat penerapan metode-metode pengajaran yang lebih baik.

Kini program tersebut telah menjadi program Indonesia Digital Learning yang berfokus pada bagaimana memberikan edukasi dan pelatihan pada para guru untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam melakukan pengajaran di kelas.

3. PT.Unilever Indonesia

PT.Unilever Indonesia telah banyak melakukan beberapa program CSR (Corporate Social Responsibility) sebagai bentuk tanggung jawab yang tinggi terhadap masyarakat, secara berkelanjutan tidak hanya program korporasi tetapi juga pada brand yang merupakan produk rumah tangga. Sukses Unilever tidak dapat diraih tanpa kepercayaan masyarakat.

Program CSR yang sudah dilakukan PT.Unilever diantaranya adalah
• Kampanye cuci tangan dengan sabun (Lifeboy)
• Program edukasi kesehatan gigi dan mulut (Pepsodent)
• Program pelestarian makanan tradisional (Bango) dan masih banyak lagi.

Sementara dalam bidang korporasi, di bawah payung Yayasan Unilever Indonesia, telah menjalankan tanggung jawab perusahaannya dalam bidang : Program pemberdayaan masyarakat / UKM (Program Pemberdayaan Petani Kedelai Hitam), program edukasi kesehatan masyarakat (Pola Hidup Bersih dan Sehat / PHBS).

CSR terbaik

Pada tanggal 31 Maret 2008, PT. Unilever Indonesia melalui Yayasan Unilever Indonesia bersama mitra stratergisnya diantaranya Badan Pengelola Lingkungan Hidup DKI Jakarta (BPLHD) kembali melanjutkan program Jakarta Green and Clean (JGC) di tahun 2008 ini sebagai salah satu bentuk kegiatan CSR.

Program CSR ini dilakukan untuk yang ketiga kalinya, sejak digulirkannya program ini ternyata antusiasme masyarakat Jakarta sangat tinggi, hal ini terbukti oleh semakin banyaknya jumlah peserta yang mengikuti program ini. Dan hal ini juga membuktikan bahwa masih banyak warga masyarakat yang peduli pada lingkungn hidup.

Kebersihan dan kelestarian lingkungan hidup akan berlangsung efektif Jika dimulai dari keluarga sebagai lingkungan terkecil dan meluas kepada lingkungan masyarakat sekitar. Melalui program ini diharapkan dapat lebih menyadarkan, memberdayakan serta menampung keinginan masyarakat untuk kembali menghijaukan lingkungan. Berbuat bijak dengan sampah rumah tangga yang dihasilkan dengan konsep reduce, reuse dan recycle.

Gerakan Jakarta Green and cleen (JGC)

Gerakan ini salah satunya adalah mengelola sampah menjadi komoditi yang lebih produktif. Misalnya sampah basah yang dahulu tidak berguna dapat diolah menjadi kompos yang dapat digunakan sendiri atau dapat dijual. Sampah kering dapat diolah menjadi barang kerajinan.Melalui program ini dapat menginspirasi pihak lain untuk mengelola sampah dengan baik, tidak hanya terkait dengan aspek lingkungan saja tetapi dapat mengangkat ekonomi masyarakat kecil.CSR terbaik

JGC mengelola isu yang sangat strategis. Salah satu yang penting sebagai sasaran JGC adalah membangun resourches dan memberdayakannya. Mulai dari pemberdayaan individu volunteers sebagai fasilitator, pemberdayaan komunitas, sampai pemberdayaan seluruh stake holders.

JGC dapat dijadikan model yang siap untuk direplika sebagai ikon baru pemberdayaan lingkungan hidup yang berbasis volunteer dan komunitas. JGC bisa menjadi sumber inspirasi dan solusi tuntas pemberdayaan bangsa. Sebab bangsa dengan lingkungan hidup yang rusak berarti kehancuran bangsa itu sendiri.

Program JGC ini merupakan bentuk keseriusan dan kepedulian sektor swasta terhadap masalah lingkungan khususnya masalah persampahan, penghijauan dan resapan di Jakarta.

Diharapkan melalui program JGC ini, kepada masyarakat dapat meningkatkan kepedulian untuk pengelolaaan lingkungan. Menggali potensi kreatifitas masyarakat dan meberdayakan secara positif. Meningkatkan pendapatan msayarakat dari mengumpulkan sampah dan mendaur ulang sampah. Memperkuat kedekatan antar warga di masyarakat, memunculkan tokoh masyakarat yang peduli sebagai inspirasi warga lainnya.

Melalui program ini pula, diharapkan sektor swasta lainya dapat turut ambil bagian dalam program JGC. Dengan semakin banyak pihak yang melakukan program seperti ini semakin besar pula dampak positif yang akan dirasakan oleh masyarakat.

4. PT. Semen Gresik

PT Semen Gresik, salah satu operating company PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, kembali meluncurkan program tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) unggulan 2017 untuk memberdayakan dan mendorong kemandirian masyarakat di sekitar perusahaan.

Lima program CSR terbaik unggulan PT Semen Gresik Tahun 2017. Pertama, Semen Gresik kembali menyerahkan bantuan kepada Forum Masyarakat Kokoh (FMK) senilai Rp7,25 miliar di 26 desa dan 3 kecamatan dengan fokus pada program-program pemberdayaan masyarakat dan mendorong kemitraan serta keterlibatan bersama segenap pemangku kepentingan.

 

Kedua, sebagai bentuk partisipasi dalam memperingati Hari Raya Idul Adha 1438 H, Semen Gresik menyalurkan 34 ekor sapi kurban kepada masyarakat di seluruh Kabupaten Tuban. Bantuan akan diserahkan kepada Pemkab Tuban, DRPD Tuban, Masjid Agung Tuban, 26 desa sekitar perusahaan, Panitia Idul Kurban Semen Gresik, dan lembaga-lembaga lainnya senilai total Rp903.500.000.

Ketiga, dalam upaya mendukung program pengentasan kemiskinan dari pemerintah pusat dan Pemkab Tuban, Semen Gresik berkomitmen melaksanakan Program Bedah Rumah Tak Layak Huni sebanyak 40 rumah senilai total Rp1,8 miliar. Bantuan bedah rumah diperuntukkan bagi masyarakat pra sejahtera di area pengembangan perusahaan maupun di seluruh area Kabupaten Tuban.

Keempat, bantuan pendampingan petani green belt. Sejak 2004, perusahaan telah membangun kerja sama erat dengan salah satu mitra strategis perusahaan yaitu para petani pengelola sabuk hijau area tambang atau yang disebut petani green belt. Hingga 2017, total petani green belt yang mengelola lahan perusahaan sebanyak 328 orang dan terbagi dalam 20 kelompok petani dari desa-desa terdekat.

Kelima, bantuan semen secara simbolis sebanyak 4.740 sak atau senilai Rp237 juta untuk pembangunan gedung sekolah, sarana pendidikan Al-Quran, masjid dan musala, gereja dan fasilitas publik lainnya.

5.PT. PJB (Pembangkitan Jawa Bali)

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu program yang di buat  untuk menjadi jembatan bagi Perusahaan dan masyarakat sekitar untuk berkomunikasi. Dalam rangka memenuhi kebutuhuan akan sumber daya manusia yang kompeten seiring dengan permintaan pemerintah untuk memperbesar kapasitas kelistrikan di Indonesia 35000 MW.

CSR terbaik

PT. PJB (Pembangkitan Jawa Bali) membuat aktivitas CSR terbaik dengan program Akademi Komunitas. Melalui program ini PT. PJB memberikan pendidikan gratis D1 kelistrikan untuk masyarakat yang berada di sekitar Unit Pembangkit. Selain itu melalui program ini PT. PJB ingin membantu mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran yang ada disekitar. Dengan cara memberikan pekerjaan di Unit Pembangkit setelah lulus dari pendidikan D1 kelistrikan.

Adapun sikap yang diukur dalam penelitian ini adalah kognitif, afektif dan konatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan teknik total sampling sebanyak 120 responden.

Itulah contoh-contoh CSR terbaik yang dilakukan perusahaan di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasn kita semua. Baca juga Contoh Program CSR UKM yang Bisa Kita Tiru.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply