Cara Mengecilkan Pori-Pori di Wajah Yang Terbukti Berhasil

admin_ireztia

Mempunya pori-pori wajah yang terlihat besar tentu membuat tingkat kepercayaan diri menurun apalagi jika terjadi pada perempuan. Pori-pori atau titik-titik pada permukaan kulit sebenarnya merupakan folikel rambut yang terbuka. Nah tiap folikel ini mengandung kelenjar minyak. Umumnya pori-pori yang ada di wajah terutama bagian dahi dan hidung cenderung terlihat lebih besar. Lalu bagaimana caranya mengecilkan pori-pori?

Sebelum membahas cara mengecilkan pori-pori yang besar, kita harus tau dulu faktor apa saja yang menyebabkan pori-pori menjadi besar. Simak di bawah ini ya!

Faktor- faktor yang menyebabkan pori-pori menjadi besar

Bukan hanya membuat tingkat percaya diri menurun. Pori-pori besar juga dapat menjadi penyebab komedo dan jerawat guys. Pori-pori yang tersumbat, terbuka, dan membesar inilah yang biasanya menjadi awal muasal jerawat dan komedo. Jika kita sering keluar tentu akan menyebabkan debu, kotoran. Dan bakteri menempel pada kulit sehingga pori-pori menjadi makin besar lagi.

Faktor malas mencuci muka ini lah yang membuat tetap besar karena kotoran yang menempel terperangkap di dalam pori-pori. Jadi jangan pernah malas untuk membersihkan kulit agar kotoran yang menempel dikulit hilang.

 

Apakah kamu setiap hari menggunakan Make up? meski berguna untuk mempercantik wajah, ternyata dapat menjadi faktor pori-pori kulit terlihat lebih besar atau membesar. Hal ini dikarenakan make up menutupi kelenjar minyak sehingga sel kulit mati menjadi terperangkap dalam folikel.
Terlihat besarnya pori-pori seseorang juga bisa disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet. Bisa juga dikarenakan kadar kolagen yang menurun yang biasanya terjadi pada orang tua.

Selain itu faktor genetik juga sangat mempengaruhi pori-pori wajah yang besar. Coba perhatikan keluarga kita, terutama orang tua . Apakah keluarga kita juga yang memiliki pori-pori wajah yang besar? Jika ya, maka besar kemungkinan penyebab pori-pori di wajah anda karena faktor genetika, atau faktor keturunan.

Lalu bagaimana caranya mengecilkan pori-pori? Mengecilkan pori-pori bisa dilakukan dengan cara medis dan cara alami.

Cara mengecilkan pori-pori pada kulit wajah secara medis

1.Chemical Peeling

Chemical peeling adalah metode yang aman dan umum digunakan untuk mengobati bekas jerawat dan pori-pori besar. Chemical peeling menggunakan bahan kimia sebagai bahan utamanya.

2. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah perawatan untuk pengelupasan kulit yang menggunakan kristal-kristal mikro dan sangat baik untuk memperbaiki lapisan atas kulit.

Tujuannya adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang produksi sel kulit baru. Mikrodermabrasi nantinya akan mendorong produksi kolagen sehingga bermanfaat untuk berbagai masalah kulit seperti pori-pori besar di wajah.

3. Collagen Induction Therapy (CIT) dengan Dermaroller

Dermaroller adalah alat yang memiliki ratusan jarum baja mikro yang dapat menembus lapisan dalam kulit ketika digelindingkan.

Ketika alat ini digelindingkan dan menembus lapisan kulit, hal ini dapat merangsang produksi elastin dan kolagen kulit secara efektif mengecilkan pori-pori yang membesar.

4. Pobling Pore Sonic Cleanser

Alat ini merupakan alat pembersih muka yang dapat menjadikan kulit muka tetap sehat, mengecilkan pori-pori, dan juga membersihkan komedo.

Pobling Pore Sonic Cleanser ini bisa menghasilkan getaran hingga 10.000 getaran per menit, sehingga dapat mengangkat sisa makeup, sel kulit mati serta kotoran yang menempel di kulit muka.

5. Iontoforesis

Iontoforesis merupakan proses pemberian rangsang listrik pada kulit sehingga dapat mengganggu kerja kelenjar keringat. Iontoforesis dilakukan dengan cara memasukkan cairan serum vitamin C ke dalam pori-pori kulit wajah dengan menggunakan alat high vitaliont.

Hal ini nantinya bermanfaat agar kulit tampak lebih cerah, mengurangi flek hitam bekas jerawat, mengurangi produksi minyak di permukaan kulit, mengencangkan kulit dan membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah.

6. Laser Peremajaan

Laser adalah metode perawatan yang cepat untuk mengatasi pori-pori di kulit wajah.Laser yang berbeda memiliki efek yang berbeda pada pori-pori.

Ada perawatan laser yang menawarkan pengelupasan dan pembersihan, sementara yang lain menggunakan panas untuk mengecilkan dinding pori-pori.

Baca Juga : Faktor – Faktor Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinya

Cara mengecilkan pori-pori secara alami

1.Es Batu

Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan es batu. Es batu merupakan cara instan yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan permanen. Caranya juga tergolong sangat mudah yaitu dengan mengoleskan sebongkah es batu yang diselimuti dengan sapu tangan atau handuk wajah. Lakukan selama 15 menit agar pori-pori wajah mengecil

2.Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah lalu diamkan selama 15 menit.

3.Lemon

Jeruk yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C berikut adalah lemon. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Lemon juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Dengan mengoleskan air perasan lemon pada wajah dan membiar selama 15 menit akan membuat pori-pori menjadi menutup.

4.Kulit Jeruk

Dibandingkan dengan buahnya, kulit jeruk ternyata lebih banyak mengandung vitamin C. Kulit jeruk dapat Anda pakai sebagai masker wajah yang berguna sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering. Lalu tumbuk kulit jeruk hingga halus. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta. Setelahnya oleskan pada wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.
Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan mengecilkan pori-pori.

5.Kentang

Kandungan mineral yang ada pada kentang dapat menjadi antibiotik alami agar penuaan wajah dapat melambat dan membantu regenerasi kulit serta menyingkirkan kulit mati pada wajah sehingga pori-pori mengecil.. Anti-oksidan yang alami juga berperan penting agar noda atau flek wajah dapat tersamarkan dan hilang sempurna.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus kentang yang telah direbus lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

6.Mentimun

Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran wajah terjaga. Mentimun juga berguna sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dengan menggunakan mentimun adalah dengan mengiris mentimun tipis-tipis lalu tempelkan pada seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit lalu basuh dengan menggunakan air bersih. Atau bisa juga dengan memarut mentimun dan ambil airnya. Lalu dengan menggunakan kapas, oleskan pada wajah.

7.Lidah buaya

Dengan menggunakan lidah buaya, kita mendapatkan banyak manfaat sekaligus. Menyegarkan wajah, mencerahkan kulit wajah, serta mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya pun mudah, ambil gel lidah buaya yang ada di tengah lalu oleskan secara merata pada kulit wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

8.Alpukat

Alpukat bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini karena alpukat banyak mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari.
Sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal. Dengan alpukat, penyebab pori-pori membesar akan dibasmi sehingga pori-pori wajah akan mengecil dan menutup dengan sendirinya. Haluskan satu buah alpukat lalu gunakan sebagai masker wajah.

9.Pisang

Pisang kaya akan vitamin C dan tentu saja efektif untuk memutihkan wajah secara alami. Caranya mudah saja dengan menghaluskan 1 buah pisang lalu tambahkan 1 sdm madu. Campur hingga rata lalu oleskan pada wajah.

10.Pepaya

Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit Anda. Dengan pepaya, kulit mati menjadi hilang, membersihkan kotoran pada wajah juga, serta dapat mengecilkan pori-pori wajah. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah.

Dengan menghaluskan pepaya lalu menjadikannya sebagai masker selama 30 menit, akan membantu mengecilkan pori-pori wajah.

11.Strawberry

Ellagic ada dalam buah strawberry yang bagus untuk menghilangkan kotoran dan menyingkirkan kulit mati pada wajah sehingga pori-pori meengecil. Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dengan menggunakan strawberry adalah dengan menghaluskannya lalu campurkan dengan susu hingga mengental dan gunakan sebagai masker wajah.

12.Tomat

Senyawa anti-oksidan yaitu lycopine ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk sehingga pori-pori wajah mengecil. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

13.Putih telur

Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan wajah serta sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Putih telur digunakan sebagai masker wajah agar wajah terlihat cerah dan berseri. Untuk menghindari bau amis, bisa juga menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

14.Susu

Dalam wajah terdapat kolagen agar kulit tetap terlihat kenyal, tidak berkerut, dan agar pori-pori wajah tidak membesar. Nah susu memiliki kandungan vitamin D yang dapat meningkatkan produksi kolagen serta vitamin B6 berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap.

Cara adalah dengan mencampur 2 sdm susu segar dengan 1 sdm madu lalu jadikan masker wajah selama 30.

15.Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan susu. Oleh karena itu tentu saja yogurt mengandung kalsium dan zinc. Kalsium berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi sedangkan zinc berperan untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah. Ada juga vitamin B kompleks yang dapat menyehatkan wajah dan membuatnya bersinar alami sehingga pori-pori terlihat tidak nampak.
Gunakan yogurt tanpa rasa untuk digunakan sebagai masker wajah.

16.Bengkoang

Banyak sekali produk kecantikan yang mengandung bengkoang sebagai pemutih. Namun tidak hanya berguna sebagai pemutih wajah, bengkoang juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Hal ini dikarenakan bengkoang kaya akan vitamin B dan C agar sel kulit mati tidak menumpuk pada wajah dan mengakibatkan pori-pori wajah membesar. Caranya mudah saja. Parut bengkoang lalu peras dengan menggunakan air. Gunakan sarinya sebagai masker wajah alami

17.Teh hijau

Anti-oksidan yang terkandung pada teh hijau dapat menangkal radikal bebas agar kulit dapat beregenerasi dengan cepat serta juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga pori-pori wajah mengecil. Gunakan daun teh hijau segar atau bubuk teh hijau sebagai masker wajah. Jika menggunakan daun teh, rendam dalam air panas selama 15 menit lalu oleskan air pada wajah. Jika dengan menggunakan bubuk, campurkan 1 sdm bubuk teh hijau tambahkan dengan air hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada wajah.

18.Kopi dan gula

Kopi dan gula ini digunakan sebagai scrub wajah agar kulit-kulit mati yang tertinggal di wajah dapat terangkat sempurna sehingga tidak tertinggal dan menyebabkan wajah menjadi kusam. Dengan tidak adanya sel kulit mati inilah maka pori-pori wajah mengecil. Campurkan 1 sdt bubuk kopi dan 1 sdt gula lalu campurkan sedikit air hingga berbentuk pasta kemudian gosok-gosokkan pada wajah agar sel kulit mati terangkat.

19.Minyak zaitun

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Karena itulah minyak zaitun merupakan cara mengecilkan pori-pori wajah yang efektif. Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu lalu gunakan sebagai masker wajah.

20.Cuka apel

Cuka apel memang asam, namun justru asam ini dapat membantu regenerasi kulit serta mengikis mengangkat sel kulit mati. Cuka apel berfungsi sebagai toner alami bagi kulit wajah . Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air lalu celupkan kapas dan oleskan pada wajah .

Gimana lengkap bangetkan penjelasannya tentang mengecilkan pori-pori. Untuk cara medis memang praktis tapi kita harus menyiapkan budget yang lumayan. Tapi kita bisa menggunakan cara alami yang bersahabat dengan kangtong. Kekurangan cara alami tidak akan langsung terlihat hanya dengan satu kali pemakaian masker. Oleh karena itu harus rajin dilakukan.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply