Faktor – Faktor Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinya

admin_ireztia

Kondisi kulit wajah yang bikin jengkel selain berjerawat adalah mempunyai kulit kusam. Setuju? Kulit kusam menjadikan wajah menjadi tampak gelap tak bercahaya. Penyebab wajah kusam bukan hanya karena faktor usia loh. Wajah kusam juga bisa disebabkan gaya hidup yang kurang baik.

Jadi jangan salahkan perawatan wajah ya, jika wajah kita kusam. Karena penyebabnya itu berawal dari kesalahan kita sendiri. Tanpa disadari, kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan yang bisa menyebabkan hal tersebut. Agar terbebas dari kulit kusam, kita harus kenali dulu penyebab wajah kusam dan bagaimana cara mengatasinya.

Nah, di kesempatan kali ini kita akan mengulas faktor-faktor penyebab kulit kusam dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya. Yuk, simak!

Faktor-faktor yang bisa menyebabkan kulit kusam.

1.Kurang tidur

Kurang tidur juga berakibat pada kusamnya kulit wajah, loh. Waktu tidur di malam hari adalah waktu terbaik bagi kulit untuk meremajakan sel-selnya. Saat kita tertidur pulas, tubuh akan melepaskan hormon-hormon pertumbuhan dan perbaikan.

Bagi kulit, hormon-hormon tersebut berfungsi memperbaiki dan meremajakan sel kulit.Hormon juga bekerja membakar lemak yang ada di jaringan kulit, hingga mengencangkan dan mencerahkan permukaan kulit.

Itu sebabnya kenapa orang yang kurang tidur atau sering begadang memiliki kulit kusam. Hal ini dikarenakan hormon yang bekerja memperbaiki kulit tidak bisa diproduksi dengan baik.

2.Pola Makan Tidak Sehat

Penyebab yang paling mempengaruhi kulit menjadi kusam adalah karena pola makan. Ada beberapa makanan yang menjadi kan kulit berminyak sehingga kulit cenderung kusam. Contohnya gorengan, makanan yang mengandung banyak santan dan juga junk food.

Kurangnya konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur juga bisa menyebabkan kulit kusam. Vitamin C dan E yang terdapat dalam buah dan sayur berfungsi untuk membuat sel-sel kulit menjadi segar dan sehat. Sehingga dapat beregenerasi dengan baik. Kurangnya vitamin dari makanan sehat juga bisa menyebabkan kulitmu menjadi kering.

Kita juga sebaiknya memperhatikan kadar gula dan garam pada setiap makanan yang dikonsumsi. Terlalu banyak makan garam dan gula dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. Untuk itu penuhi nutrisi untuk kulit dengan bahan makanan yang alami dan sehat.

3. Faktor lingkungan/ Polusi

Faktor lingkungan juga berpengaruh besar terhadap kulit wajah yang kusam dan berminyak. Kamu berada atau bekerja di lingkungan berpolusi dan berdebu? Pantas saja kulit menjadi kusam. Debu polusi akan

Sebenarnya interaksi kulit dengan polusi atau udara yang kotor tidak dapat dihindari. Hal ini membuat sel-sel kulit menjadi rusak karena mengendapkan partikel udara kotor serta efek dari paparan sinar UV.

Jika debu dan kotoran menyempel pada kulit dan menyumbat pori-pori kulit, sel kulit akan berubah menjadi sel kulit mati. Tentunya akan menghambat pertumbuhan sel kulit baru. Inilah penyebab utama kulit menjadi terlihat kusam jika terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan dan terpapar udara kotor

4.Merokok

Rokok mengandung zat karsinogen yang dapat merusak seluruh elemen tubuh, termasuk kulit. Struktur kulit menjadi kendur dan keriput karena zat ini. Selain itu, kolagen yang diproduksi kulit juga menjadi tidak sempurna, sehingga sel-sel kulit tidak bisa teremajakan dengan baik dan terlihat kusam juga gelap.

5. Kurang mengkonsumsi air putih

Air putih sangat penting sekali bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Air putih akan membuang racun dalam tubuh serta menjaga kelembaban kulit. Hampir 80% bagian sel kulit terdiri dari air.

Jika kulit dehidrasi dan mengandung kadar air yang rendah, tentunya sel kulit tidak akan dapat bekerja untuk membentuk sel-sel baru setiap harinya. Jika sel kulit baru tidak diproduksi, sel kulit lama yang sudah rusak dan banyak menimbun kotoran atau racun akan terus bertahan.

Inilah sebabnya mengapa jerawat, komedo, kerutan halus atau kulit kusam susah dihilangkan hanya karena kurang minum air putih. Itulah pentingnya mengkonsumsi air mineral minimal 8 gelas perharinya.

6. Stres

Stress atau beban pikirang yang berlebih juga dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. Stress adalah kondisi yang sangat berpengaruh untuk kesehatan kulit. Biasanya, stress muncul akibat banyaknya pikiran dan permasalahan dalam hidup.

Hormon yang diproduksi dalam kondisi stress langsung berakibat pada kulit wajah yang kusam. Selain itu, perubahan mood yang menjadi buruk juga mengakibatkan kulit wajah menjadi tidak cerah dan terlihat lusuh.

7.Tidak memakai sunscreen

Kehadiran sunscreen dalam perawatan wajah memang sangat penting. Sunscreen bisa didapatkan dalam bentuk produk, ataupun formula yang terkandung dalam sebuah produk. Sunscreen akan berfungsi sebagai lapisan untuk melindungi wajah dari bahaya sinar matahari. Jika tidak dilindungi dengan sunscreen, sel-sel kulitmu akan melemah dan mudah kusam.

Berikut beberapa cara mudah dan cepat mengatasi masalah kulit wajah yang kusam dan berminyak.

1. Membersihkan kulit secara teratur

Cara pertama untuk mengatasi masalah kulit kusam dengan membersihkan kulit secara teratur. Tidak hanya membersihkan menggunakan air, namun kita harus menggunakan sabun khusus atau pembersih kulit. Dengan begitu kulit akan bersih dan terbebas dari kulit  kusam.

2.Jangan lupa memakai sunscreen  dan krim pelembab alami

Suncreen melindungi kulit dari sinar paparan matahari yang mengandung sinar UV. Terpapar sinar matahari terlalu lama sangat berpengaruh, membuat kulit menjadi kusam. Tak kalah penting dengan menggunakan pelembab.

Pelembab yang bagus terbuat dari bahan alami sehingga aman digunakan. Seperti Moist Plus mengandung bahan alami yaitu olive oil (minyak zaitun), lilin lebah, bee pollen, madu, royal jelly dan propolis. Pelembab sangat penting sekali untuk mencegah kulit kusam. Jadi jangan lupa untuk selalu gunakan pelembab agar kulit anda terbebas dari kulit kusam.

3. Olah raga

Olah raga tidak hanya bermanfaat untuk tubuh saja, olah raga juga dapat menjaga kecantikan kulit. Kegiatan ini mebuat kulit tetap kencang dan awet mudah, mencegah kulit kusam. Hal ini dikarenakan olah raga akan membuat aliran darah pada kulit menjadi lancar.

4.Perbanyak mengkonsumsi air putih

Seperti yang kita ketahui salah satu penyebab kulit kusam berminyak adalah karena kulit kurangan air putih. Tidak hanya kusam dan berminyak saja, namun masalah kulit lainnya seperti jerawat, keriput, sel kulit mati juga akan mudah muncul jika kulit kekurangan air putih. Oleh sebab itu penuhlah kehutuhan air putih. Air putih akan menjaga kelembaban kulit.

5.Kurangi stress

Ketika tubuh mengalami stres, kulit akan memproduksis minyak lebih banyak dari biasanya. Hal ini akan menyebabkan kulit menjadi kusam dan berminyak. Kurangilah stres agar kulit terbebas dari kulit kusam dan berminyak.

6.Istirahat cukup

Kurang tidur atau sering begadang akan menyebabkan kulit menjadi pucat, kering, kusam, berminyak dan keriput. Hal ini dikarenakan regenerasi sel kulit terganggu. Oleh karena itu cukupilah tidur selama 8 jam dalam semalam.

7. Atur pola makan sehat

Nah ini sangat penting, sebisa mungkin harus menghindari makanan penyebab kulit berminyak. Seperti gorengan, makanan bersantan atau junk food, minuman bersoda, rokok dan lain sebagainya.

Itulah pembahasan tentang faktor penyebab kulit kusan dan cara mudah untuk mengatasinya. Semoga pembahasan diatas bermanfaat ya. Tidak kalah penting baca juga Review Moist Plus EB Skin, Ini Bener-Bener Pelembab Luar Biasa.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply