Punya Komedo Membandel? Ikuti Cara-Cara Ini!

admin_ireztia

Masalah komedo membandel selalu membayang-bayangi tipe wajah berminyak. Kenapa? Karena biasanya kulit dengan tipe berminyak akan lebih rentan untuk berjerawat dan berkomedo. Tapi taak jarang juga tipe kulit normal dang kering mengalami masalah komedo. Lalu Bagaimana caranya menghilangkan komedo membandel?

Di kesempatan ini aku akan share cara menghilangkan komedo membandel, sebelumnya simak dulu penyebab dan jenis komedo di bawah ini ya!

Penyebab komedo

Setiap folikel rambut terdiri dari sehelai rambut dan kelenjar minyak (sebum) yang berfungsi menjaga kulit tetap halus. Komedo disebabkan oleh sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel kulit. Karena kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara, maka warna komedo menjadi tampak hitam.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu tumbuhnya komedo membandel, di antaranya:

• Meningkatnya jumlah bakteri propionibacterium acnes pada permukaan kulit.
• Iritasi folikel rambut yang menyebabkan sel kulit mati tidak rontok secara teratur.
• Mengalami perubahan hormon yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak, terutama pada saat remaja dan saat menstruasi.
• Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya steroid, lithium, atau pil KB.
• Kulit yang terlalu kering sebelum menstruasi karena pemakaian pelembap kulit atau berada dalam cuaca yang lembab.
• Memakai produk dengan bahan kimia tertentu, termasuk pomade (sejenis gel rambut untuk pria) yang berminyak dan beberapa cat rambut.
• Makanan tertentu dapat menimbulkan komedo, misalnya produk susu dan makanan dengan indeks glikemik tinggi (kandungan gula dan lemak tinggi).
• Folikel rambut yang rontok karena cedera, misalnya akibat memencet jerawat, efek samping chemical peels (teknik pembersihan kulit dengan cara dikelupas menggunakan larutan kimia), atau efek samping perawatan laser.

Jenis-jenis Komedo

Komedo yang biasa muncul di area T wajah yakni sekitar hidung dan dahi dibedakan menjadi dua jenis. Kedua jenis komedo ini memiliki tampilan yang mirip namun jauh berbeda.

Komedo pertama adalah komedo hitam atau black comedo. Komedo ini berwarna hitam karena mengandung melanin yang membuat warnanya menjadi hitam. Pada dasarnya komedo hitam ini merupakan komedo putih saat pertama kali muncul pada permukaan kulit wajah.

Namun pengaruh oksidasi udara membuatnya berubah warna menjadi hitam. Kehadirannya sangat menjengkelkan karena tampilannya mirip pori-pori kulit namun berwarna hitam. Kulit wajah terasa lebih kusam dan kotor jika komedo hitam ini muncul pada kulit wajah.

Jenis komedo berikutnya adalah komedo putih atau white comedo. Berbeda dengan komedo hitam yang terletak diluar kulit, komedo putih justru terletak di dalam pori-pori kulit. Komedo putih tidak mengalami oksidasi udara karena letaknya di dalam, namun memiliki epitel yang mirip akar dalam pori-pori.

Saat mencabut komedo putih ini akan nampak pangkal runcing yang merupakan epitel untuk tumbuh atau menempel pada pori-pori. Kedua jenis komedo ini sama-sama bandel dan sulit dihilangkan. Namun komedo putih jauh lebih berbahaya dan lebih sulit menemukan cara menghilangkan komedo membandel di hidung dan wajah.

Pencegahan Komedo

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri untuk mencegah kemunculan komedo.

• Cuci muka secara teratur. Mencuci muka sebelum dan setelah tidur dapat membuang penumpukan minyak yang menyebabkan komedo, terutama jika mengonsumsi makanan-makanan berminyak (minyak dari makanan dapat menyumbat pori-pori). Gunakan sabun yang ringan dan lembut. Usahakan untuk tidak mencuci muka lebih dari dua kali sehari karena hal tersebut berisiko memperburuk jerawat yang ada dan membuat kulit mengalami iritasi.

• Menggunakan produk pengupas kulit mati. Cobalah menggunakan produk pengupas kulit seperti scrub dan masker wajah untuk mengangkat sel kulit mati dari wajah. Cari produk yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Sebaiknya tanyakan kepada dokter mengenai produk yang aman.

• Gunakan produk kecantikan yang tidak mengandung minyak. Pilih make up, lotion, dan sunscreen yang tidak mengandung minyak. Beberapa produk kecantikan yang mengandung minyak bisa memperparah komedo.

Cara Menghilangkan Komedo

Selain melakukan usaha mencegah munculnya komedo, berikut ini tips untuk menghilangkan komedo membandel. Semoga saja cara ini dapat membantu menghilangkan komedo membandel dan mencegah muncul kembali.

Baca Juga : Cara Mengecilkan Pori-Pori di Wajah Yang Terbukti Berhasil

1.Uap Air Panas

Caranya pun cukup sederhana. Kamu hanya perlu merebus air hingga mendidih. Kemudian, masukkan air tersebut ke dalam wadah tahan panas. Dekatkan wajah dengan wadah tersebut, lalu selubungi kepala dengan menggunakan handuk. Hal ini dilakukan guna membuat uap dari air mengarah ke wajah sepenuhnya.

komedo membandel

Lakukan selama 3-5 menit hingga terasa pori-pori wajah terbuka. Saat pori-pori wajah terbuka, bersihkan komedo menggunakan alat pencabut komedo. Kondisi ini akan lebih mudah mengerjakannya karena posi-pori wajah telah membuka sepenuhnya.

Dengan cara ini, kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari uap yang menyentuh kulit. Kitadapat melakukan perawatan kecantikan ini satu minggu sekali atau empat kali dalam sebulan untuk meremajakan kulit.

2.Air Garam

Larutkan garam dengan air hangat dan basuh wajah menggunakan air garam ini. Air yang hangat akan membuka pori-pori wajah, sementara garam akan mengangkat kotoran termasuk komedo membandel yang bersarang di pori-pori wajah. Lakukan secara teratur sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal dengan hilangnya komedo membandel.

3.Masker Alami

Perawatan wajah menggunakan masker alami kini lebih banyak dipilih para wanita untuk menyelesaikan masalah komedo yang muncul pada wajahnya. Selain dapat dilakukan di rumah juga bahannya mudah didapatkan.

Salah satu masker alami yang paling sering digunakan untuk mengatasi komedo adalah putih telur. Selain mampu mengencangkan kulit, putih telur juga terbukti mampu mengeluarkan komedo yang menyumbat pori-pori kulit.

 komedo membandel

Bahan alami selain putih telur yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo adalah kulit jeruk. Jika mengupas jeruk jangan buang kulitnya. Usapkan kulit jeruk pada bagian yang berkomedo seperti hidung sambil melakukan pijatan pelan. Bilas dengan air hangat setelah usapan kulit jeruk. Kamu akan mendapati hasil menakjubkan saat menerapkan cara menghilangkan komedo membandel di hidung dan wajah menggunakan kulit jeruk.

Itulah pembahasan seputar komedo, dari penyebab munculnya komedo, jenis komedo sampai cara membasmi komedo membandel. Semoga tips kali ini sangat membantu untuk kamu yang sudah capek menghadapi komedo membandel.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply