Resiko Veneer Gigi Yang Harus Kamu Tahu

admin_ireztia

Siapa sih yang gak kepengen punya gigi yang terlihat rapi dan warna putih bersih. Pasti itu jadi impian semua orang yang akan membuat senyuman terlihat sempurna. Penampilan gigi seperti ini bisa diwujudkan dengan mudah memakai veneer gigi. Veneer gigi yang mempunyai manfaat memperbaiki warna, bentuk serta posisi gigi yang kurang sempurna. Tapi ada resiko veneer gigi yang harus kamu ketahui.

Ada bahaya yang mengintai pemasangan veneer, apa saja sih resiko veneer gigi yang bisa terjadi? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu veneer gigi?

Veneer gigi merupakan salah satu prosedur kecantikan dari dokter spesialis gigi dengan membuat lapisan buatan.Tujuan memasang veneer ini biasanya untuk membuat warna gigi menjadi lebih putih.

Veneer menjadi pilihan untuk membuat gigi terlihat putih selain bleaching gigi. Selain itu bisa juga digunakan untuk meratakan permukaan gigi yang tidak rata. Serta menutup kerenggangan serta keretakan gigi.

Awalnya, lapisan veneer akan dicetak dulu di laboratorium sebelum dipasang. Bahan pembuatannya juga digunakan bermacam-macam, termasuk porselen, keramik dan komposit. Tapi kebanyakan veneer gigi terbuat dari lapisan tipis porselen yang kemudian akan dipasang menutupi lapisan gigi depan.

Biaya pemasangannya pun bervariasi tergantung dari jenis bahan yang dipakai serta jumlah gigi yang akan dipasang veneer. Veneer gigi bisa bertahan sampai hitungan tahunan dan baru bisa diganti apabila sudah rusak atau terkelupas.

Manfaat Veneer Gigi

Semakin populernya veneer gigi ini terjadi tidak hanya daya tarik estetisnya saja, namun ada beberapa hal bermanfaat dan kelebihan veneer gigi yang lainnya.

Daya tahan lama.

Veneer gigi terbuat dari bahan yang sangat kuat dan tahan lama, sehingga anda bisa tetap menikmati berbagai aktivitas di dalam mulut tanpa perlu merasa khawatir.

Veneer terlihat alami.

Bahan veneer gigi yang terbuat dari porselen ini memang dibuat secara khusus untuk disesuaikan dengan warna alami gigi, sehingga hasilnya terlihat lebih bagus dan natural.

Tahan pewarnaan atau noda.

Veneer gigi juga bersifat stain resistant atau tahan terhadap pewarnaan, tidak seperti gigi asli. Warna putih dari veneer tidak akan mengalami masalah meskipun kamu senang minum kopi, teh atau berbagai makanan yang mengandung zat pewarna lainnya.

Meningkatkan rasa percaya diri.

Senyum membuat rasa percaya diri semakin baik dengan melakukan veneer gigi.

Memperbaiki struktur gigi

Veneer gigi juga bisa digunakan untuk memperbaiki struktur gigi seperti retak, pecah, banyak spasi atau renggang, tidak sejajar, rusak parah dan sebagainya.

Kekurangan Veneer Gigi

Selain memiliki banyak kelebihan, veneer gigi juga ternyata memiliki beberapa kekurangan dalam penggunaan sehari-hari.

• Harga veneer gigi poselen masih terlalu mahal dan belum bisa dijangkau berbagai kalangan masyarakat tidak seperti komposit dan jenis veneer lainnya.

• Veneer bisa terlepas, jika anda memiliki kebiasaan menggigit kuku, es batu dan berbagai benda keras lainnya.

• Veneer gigi tidak bisa dijalani pada gigi yang mengalami masalah seperti jumlah enamel tidak mencukupi, fraktur gigi, gigi busuk, gusi sakit, gigi rusak dan ada tambalan besar pada gigi.

• Dengan memasang veneer gigi, maka para pengguna juga harus membatasi makanan dan minum yang menyebabkan noda seperti anggur merah, kopi dan teh.

• Gigi yang sudah di veneer juga masih dapat mengalami proses pembusukan gigi.

• Veneer gigi tidak bisa diperbaiki jika terjadi kerusakan, sehingga harus diganti dengan veneer yang baru.

• Gigi menjadi lebih sensitif pada makanan atau minuman yang panas atau dingin karena email gigi sudah terkikis.

• Saat veneer sudah dipasang, maka tidak bisa di rubah kembali, sehingga jika anda ingin memutihkan gigi asli, maka harus dilakukan sebelum pemasangan veneer.

Resiko Veneer Gigi

Seperti pada perawatan gigi lainnya, veneer gigi juga memiliki beberapa resiko yang bisa ditimbulkan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami resiko veneer gigi dengan baik. Meliputi efek samping serta masalah potensial. Sehingga bisa sebagai bahan pertimbangan serta biaya yang mungkin akan dibutuhkan untuk melakukan perbaikan.

Tidak Bisa Dilepas

Veneer memang secara khusus dipasang untuk permanen atau tidak dapat dilepas. Banyak orang yang berpikir jika pemasangan permanen merupakan solusi yang memang dicari supaya tidak dibutuhkan perawatan secara berkala.

Akan tetapi, sebaiknya sebelum memasang veneer harus dipikirkan dengan lebih matang. Sekali veneer dipasang, maka sudah tidak mungkin untuk dilepas kembali. Meskipun merasa kurang sesuai dengan veneer yang sudah terpasang tersebut.

Gigi Menjadi Sensitif

Resiko lainnya yang terjadi dari pemasangan veneer adalah gigi menjadi sensitif. Gigi menjadi lebih rentan terhadap panas serta dingin. Dibandingkan saat tidak menggunakan veneer. Namun, tingkat sensitivitas ini akan berkurang sesudah sekitar 1 minggu.

Merusak Gigi

Destruktif pasti terjadi pada veneer gigi dalam tingkat yang rendah atau yang tinggi. Kerusakan ini terjadi karena beberapa email akan dihilangkan. Email dihilangkan dari permukaan gigi bagian depan dan terkadang juga dibutuhkan pengeboran.

Selain itu bahan porselen tidak bisa membusuk. Sehingga anda masih bisa mengalami masalah gigi. Karies di sekitar pinggir veneer terjadi karena tidak membersihkan mulut dengan baik.

Menimbulkan Keretakan

Saat menggunakan veneer gigi dan mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas dan dingin. Maka gigi akan melebar dan berkontraksi sehingga menimbulkan perubahan termal. Jika tebal semen lebih besar dari tebal veneer, maka akan terjadi kontraksi polimerisasi. Serta menimbulkan keretakan pada permukaan veneer gigi.

Gusi Menyusut

Semakin bertambahnya usia, maka kapasitas gusi juga akan mengalami penyusutan. Dengan melakukan veneer gigi, proses penyusutan gigi akan berjalan lebih cepat. Karena penyakit gusi atau abrasi gigi secara alami sebanyak 1 sampai 2 milimeter setiap 10 tahun.

Baca juga :Klinik Kecantikan Yang Menyediakan Thread Lift

Nah sudah lengkap ya, sekarang kita jadi tahu Veneer gigi itu seperti apa. Dengan mengetahui veneer gigi mulai dari manfaat dan resiko veneer gigi yang bisa terjadi. Semoga menjadi gambaran buat kamu yang berencana untuk melakukan veneer gigi.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply