Prosedur dan Biaya Veneer Gigi Yang Harus Dipersiapkan

admin_ireztia

Setelah mengetahui apa itu venner gigi dan Resiko Veneer Gigi Yang Harus Kamu Tahu. Ada beberapa hal lagi yang harus kamu ketahui. Seperti prosedur dan biaya veneer gigi yang harus dipersiapkan.

Kenapa kita harus mengetahui prosedur dan biaya veneer gigi? Dengan mengetahui hal-hak tersebut persiapan untuk veneer gigi menjadi lebih matang. Sehingga kemungkinan kita kecewa sangatlah kecil.

Berikut ini Prosedur dan biaya veneer gigi yang hatus dipersiapkan untuk memantapkan kita melakukan tindakan veneer gigi.

Dimulai dari prosedur yang harus kita ketahui, apa aja sih? Yuk simak.

Prosedur Veneer Gigi

Biasanya untuk melakukan veneer gigi ada beberapa prosedur yang harus dilakukan. Umumnya harus dilakukan dengan 3 kali kunjungan ke dokter gigi. Yakni kunjungan pertama untuk konsultasi. Kunjungan kedua dan ketiga untuk pemasangan veneer gigi.

Diagnosis dan Perencanaan Perawatan

Tahap pertama dalam veneer gigi adalah konsultasi antara pasien dengan dokter gigi. Kita harus menjelaskan kepada dokter maksud kita melakukan veneer gigi. Beritahu juga hasil yang ingin di dapatkan dalam veneer tersebut. Dokter akan memeriksa gigi kita untuk memastikan jenis veneer gigi yang paling sesuai. Lalu dokter akan melakukan sinar X serta membuat cetakan gigi.

Persiapan

Desain dari persiapan veneer gigi ini sangat bervariasi serta menggunakan beberapa teknik persiapan. Namun secara keseluruhan, ada beberapa hal yang biasanya akan dilakukan.Tahap persiapan dimulai dengan memberikan ketebalan yang cukup.

Ketebalan ini untuk integritas struktural veneer porselen, membersihkan permukaan gigi, mengakomodasi ruang untuk morfologi baru, mengakomodasi untuk pergeseran gigi yang akan dilakukan, perubahan struktur gigi dan membersihkan bagian gigi yang busuk.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan gigi untuk dilakukan proses veneer. Dokter akan mengeluarkan sekitar 1/2 milimeter enamel dari permukaan gigi yang ketebalannya hampir sama dengan ketebalan veneer yang akan ditambahkan pada permukaan gigi.

Sebelum memangkas enamel, dokter akan berdiskusi untuk memutuskan perlu tidaknya anestesi lokal. Hal ini sebagai cara mematikan saraf pada area gigi.

Selanjutnya, dokter akan membuat model dari gigi. Model dikirim ke laboratorium gigi untuk dibuat veneer. Biasanya membutuhkan waktu antara 2 sampai 4 minggu.

Sebelum veneer permanen akan dipasang ke permukaan gigi, dokter akan meletakan veneer sementara. Untuk melihat apakah sesuai dalam segi bentuk dan warnanya. Dokter juga akan beberapa kali memotong dan mengganti veneer untuk mendapatkan hasil yang paling baik. Warna veneer sendiri juga bisa disesuaikan dengan semen yang dipakai.

Prinsip lainnya dalam tahap persiapan pemasangan veneer ini adalah mempertahankan enamel untuk kekuatan ikat. Menyelesaikan tahap persiapan pada atau diatas gingiva untuk mengendalikan kelembaban selama proses sementasi, memastikan titik kontak supaya tidak terletak pada margin, menghindari sudut yang tajam dan sebagainya.

Pemasang Veneer

Langkah selanjutnya adalah pemasangan veneer pada permukaan gigi. Gigi akan dibersihkan terlebih dahulu, kemudian dipoles dan diukir. Semen khusus akan diaplikasikan pada veneer kemudian veneer akan dipasang pada gig. Sesudah posisi veneer tepat, maka akan dilanjutkan dengan menyinari gigi untuk mengaktifkan bahan kimia yang terdapat pada semen sehingga bisa keras dan selesai lebih cepat.

Langkah terakhir adalah menghilangkan semen berlebih pada permukaan gigi, mengevaluasi gigi serta membuat penyelesaian akhir yang diperlukan. Dokter juga mungkin akan meminta kita untuk melakukan kunjungan lanjutan.

Kunjungan berikutnya dilakukan beberapa minggu berikutnya. Hal ini dilakukan untuk memeriksa keadaan gusi. Memeriksa penempatan veneer. Serta meminta tanggapan setelah pemasangan veneer. Dokter juga akann menanyakan keluhan yang terjadi.

Biaya Veneer Gigi

Untuk kamu yang ingin melakukan veneer gigi pasti penasaran kan. Berapa sih biaya yang harus disiapkan untuk melakukan veneer gigi?

Biaya yang dibutuhkan untuk veneer gigi sendiri berbeda-beda bergantung dari bahan yang digunakan serta rumah sakit setempat. Biasanya biaya yang harus disiapkan adalah 2-10 juta rupiah. Memasang veneer ini juga umumnya tidak ditanggung oleh pihak asuranasi. Jadi kita harus menyediakan dana tersendiri untuk melakukan veneer ini.

Tipe Veneer Gigi

Ada dua tipe veneer gigi, veneer direct dan veneer indirect. Veneer direct lebih murah ketimbang veneer indirect. Karena langsung dikerjakan di dalam mulut pasien dalam satu kali kunjungan saja tanpa biaya laboratorium tambahan. Harganya kisaran Rp2,4 juta sampai Rp.3,5 juta tergantung dari bahan yang digunakan.

Sedangkan, veneer indirect dapat berupa veneer ceramic atau komposit. Veneer indirect harus melalui proses pencetakan dulu kemudian diproses oleh laboratorium. Baru hasilnya diaplikasikan kepada gigi kita.

Veneer ceramic punya keunggulan. Misalnya preparasi minimal invasive yang aman dan tidak merusak jaringan gigi terlalu banyak. Terus juga mengurangi risiko reaksi gusi seperti diskolorasi gingival pada mahkota terselubung.

Selain itu veneer ceramic memiliki translusensi yang lebih baik. Sehingga memberikan warna yang natural dan estetik yang bagus. Beberapa penelitian mencoba melihat tingkat keberhasilan dalam hal estetik, biokompabilitas dan ketahanan veneer laminasi ceramic selama 10-15 tahun.

Jangan pernah melakukan veneer sembarangan apalagi di tukang gigi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan secara medis. Itulah prosedur dan biaya veneer gigi yang harus kamu ketahui.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply