Filler Dan Threadlift, Kamu Pilih Yang Mana?

admin_ireztia

Hemh, Filler dan threadlift adalah tindakan kecantikan yang dilakukan dengan tujuan yang sama. Filler dan threadlift dilakukan untuk memperbaiki wajah sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Bagian wajah yang ingin di perbaiki misalnya hidung, dagu, jidat yang berkerut, dll.

Lalu apa perbedaan Filler dan Threadlift? Lebih aman Filler atau Threadlfit? Mari kita sma-sama bahas hingga tuntas.

Apa itu Filler?

Filler adalah suatu produk atau obat untuk kecantikan atau estetika yang dapat memperbaiki keriput atau kurang permanen pada wajah, mengubah postur pada wajah anda, dan menambah volume kulit agar terlihat lebih berisi dan kencang.

Kalau Thredlift?

Sedangkan Thredlift adalah proses pembentukan kolagen pada kulit wajah dengan cara menanamkan benang khusus di lapisan kulit sehingga kulit dapat dibentuk sesuai keinginan.

Yap, meskipun mekipun mempunyai tujuan yang sama dan kedua tindakan ini dilakukan tanpa tindakan operasi. Filler dan threadlift dilakukan dengan cara yang berbeda. Untuk mengetahui cara mana yang lebih aman untuk dilakukan, kita lihat dulu kelebihan dan kekurangan dari Filler dan Threadlift.

Kelebihan Filler :

• Kelebihan dari filler adalah waktu pengerjaan yang singkat yaitu hanya 15-30 menit, tanpa bekas jahitan, dan tanpa adanya efek inflamasi atau pembengkakan.

• Selain itu, prosedur non-bedah ini juga memiliki waktu relative singkat untuk penyembuhan hingga dibandingkan prosedur bedah.

• Jenis Filler Restylane juga memiliki kelebihan yaitu jika pasien kurang puas dan tidak cocok dengan bentuk tubuh pasca prosedur, dokter bisa mengganti dan memperbaikinya dengan cara menyuntikan cairan HA pada bagian yang disuntikan filler.

• Pasien akan disuntik filler dalam keadaan sadar, memberikan masukan tentang bentuk tubuh yang diinginkan, dan terhindar dari efek samping anestesi atau obat penenang.

• Selain itu, suntik filler juga tidak menggagu jaringan tulang karena prosedur ini tidak akan mengubah struktur dari tulang anda.

Sedangkan kelebihan Threadlift adalah :

• Pengerjaan kurang lebih 30 menit. Tindakan Threadlift berbeda denga tindakan operasi yang membutuhkan waktu beberapa jam.

• Anestesi hanya di tempat benang akan di tanam. Saat treatment dilakukan pasien akan bisa langsung melihat hasilnya. Jika merasa kurang puas dokter bisa langsung memperbaikinya.

• Benang yang digunakan adalah jenis Polydixanone (PDO) atau benang yang sering digunakan dalam operasi seperti benang Caesar. Benang ini aman dan akan larut sendiri ke dalam kulit.

• Hasil akan terlihat secara langsung setelah treatment selesai. Hasil yang maksimal akan terlihat paling lama setelah 2 minggu.

• Akan bertahan selama 8-12 bulan. Hasil bertahan didukung oleh aktivitas dan pola hidup pasien.

Meskipun Filler dan Threadlift dikatakan aman untuk dilakukan. Sebagian besar semua prosedur pasti memiliki kekurangan termasuk suntik filler wajah. Nah, berikut ini beberapa resiko dari tindakan Filler dan Threadlift sehingga bisa dijadikan perbandingan.

Resiko dari tindakan Filler:

•Kulit kemerahan dan bekas di tempat suntikan. Efek tersebut biasanya menghilang setelah beberapa jam tindakan. Hal yang bisa dilakukan untuk meredakan efek ini dengan kompres es.

•Bekas luka suntikan bisa berakibat permanen (tidak bisa hilang). Biasanya dokter menyuntikan kortikosteroid untuk menghilangkan luka tesebut.

•Kulit mengalami alergi. Beberapa orang yang memiliki kulit sensitif besar kemungkinan akan mengalami alergi dari cairan Filler. Diawali dengan kulit terasa panas, sensasi terbakar muncul, rasa gatal dan muncul ruam. Hal ini bisa dihindari dengan konsultasi sebelum melakukan tindakan Filler.

Resiko dari tindakan Threadlift:

Secara umum ada beberapa resiko yang perlu diketahui sebelum kita melakukan tindakan Tanam Benang threadlift, antara lain:

•Lebam. Lebam ini terjadi karena bekas masuknya benang. Hal ini biasanya terjadi akibat pecahnya pembuluh darah terutama dibagian-bagian kulit yang kaya akan pembuluh darah seperti kantung mata.

Namun lebam biasanya sangat mudah diobati dan biasanya tidak berlangsung lama (1-2 hari saja). Pengobatan yang dilakukan untuk lebam ini biasanya menggunakan cream anti lebam.

•Benang terlihat menonjol keluar. Hal ini biasa terjadi setelah treatment. Dikarenakan pasien banyak beraktifitas atau berbicara. Ketika benang terpasang diwajah ada baiknya tidak membuka mulut lebar-lebar.

Hal ini dikarena akan menyebabkan pergeseran benang yang sudah masuk ke jaringan kulit. Namun hal ini bisa dikoreksi oleh dokter. Tindakan dan pada saat retouch tersebut benang yang menonjol akan dikoreksi/ diperbaiki.

•Bisa beresiko kerusakan pada jaringan syaraf. Seperti pendarahan, infeksi, dan atau kerusakan pada jaringan saraf. Walaupun kemungkinannya dibawah 1% sebaiknya dijadikan pertimbangan.

Resiko ini terjadi biasanya dikarenakan tindakan tanam benang threadlift yang dilakukan oleh orang yang tidak berkompeten. Karena tindakan threadlift dilakukan pada titik lapisan kulit dan harus dilakukan oleh dokter yang berpengalaman dan sudah kompeten melakukan tindakan ini.

•Hasil tindakan Threadlift tidak simetris. Meskipun ada resiko ini tapi kemungkinannya jarang terjadi. Tingkat kemungkinan biasanya dibawah 5%. Resiko ini baru terlihat setelah 1-2 hari pasca tindakan. Hal ini juga dapat dikoreksi pada saat retouch mungkin pada bagian tertentu akan ditambahkan beberapa benang agar menjadi simetris kembali.

Itu dia kelebihan dan resiko yang bisa terjadi dari tindakan Filler dan Threadlift. Gimana sudah jelas? Semoga pembahasan kali ini membantu kamu yang sedang cari informasi ya.

Kalau menurut pandangan ku seperti apa? Kalau pandanganku sih antara Filler dan Threadlift sama-sama mempunyai resiko yang harus dipertimbangkan.

Lebih baik dengan cara yang alami dengan usaha yang dilakukan badan kita sendiri. Jika dilakukan alami tentunya resiko yang kita dapat juga hampir tidak apa. Intinya mungkin kita harus lebih serius dalam menjalankan pola hidup sehat. Tidak lupa rajin berolah raga dan asupan makanan yang bergizi yang tidak hanya mengenyangkan.

Sekian pembahasan kali ini, see yaa..
Jangan lupa baca juga : Cara Dokter Melakukan Tanam Benang

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply