10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang

admin_ireztia

Semarang merupakan kota terbesar yang berada di Jawa Tengah. Semarang telah menjadi salah satu kota yang paling sering dikunjungi wisatawan, baik untuk keperluan bisnis ataupun sekadar pelesir. Aneka tempat wisata yang variatif dan tempat bersejarah menjadikan alasan orang-orang pergi wisata di Semarang.

Berikut ini ulasan tentang daya tarik 10 tempat wisata di Semarang yang menyegarkan mata sehingga tempat ini wajib dikunjungi

1. Hutan Pinus Kayon

Wisata di Semarang

Pilihan terakhir untuk menghabiskan waktu liburan di Semarang adalah berkunjung ke Hutan Pinus Kayon. Kawasan wisata yang terletak di lereng Gunung Batur dan masuk dalam wilayah Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang ini sangat cocok untuk para pencinta alam. Wisatawan kerap menghabiskan waktunya untuk berkemah di sini. Jangan khawatir, saat berkemah di tempat wisata di Semarang ini, sumber air bersih bisa ditemukan dengan mudah.

Deretan pohon pinus membuat tempat wisata di Semarang ini memiliki suasana yang hampir mirip dengan Hutan Pinus Mangunan di Jogja dan Gunung Pancar di Bogor. Para wisatawan dapat memilih berbagai lokasi sebagai sarana untuk berpose narsis. Bahkan, terdapat pohon pinus yang memiliki bentuk batang unik, melengkung seperti sebuah kursi alami. Pohon inilah yang menjadi lokasi favorit tempat berfoto para wisatawan.

2. Umbul Sidomukti

Wisata di Semarang

Kunjungan ke Semarang akan terasa hambar kalau tidak datang ke Umbul Sidomukti. Tempat wisata di Semarang yang satu ini dikenal sebagai area wisata dengan fasilitas yang komplet. Umbul Sidomukti terletak di lereng Gunung Ungaran yang memiliki ketinggian mencapai 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga memiliki suhu yang sejuk. Tidak heran kalau wisatawan merasa nyaman saat berada di kawasan wisata ini karena sajian pemandangan bentangan alam yang khas dan indah.

Umbul Sidomukti merupakan kawasan wisata air hangat yang memanjakan kita dengan tempat pemandian air hangat diantara dinginnya hawa udara pegunungan Ungaran di Kabupaten Semarang. Sumber air hangat di tempat ini keluar secara alami dari dalam tanah dimana masyarakat Jawa sering menyebutnya “Umbul”.

Tidak perlu khawatir dengan pilihan aktivitas selama berada di tempat wisata ini. Mulai dari kolam renang alami, kafe dengan pemandangan yang menyejukkan mata, fasilitas outbond, area berkemah, hingga pondok wisata bisa ditemukan di tempat wisata ini. Kalau mau, Anda juga bisa melakukan aktivitas trekking menyusuri kawasan di sekitar Umbul Sidomukti.

3. Kawasan Wisata Eling Bening

Wisata di Semarang

Jika ingin mencari tempat wisata dengan fasilitas komplet, Eling Bening Ambarawa merupakan pilihan yang pas. Di tempat wisata di Semarang ini, kita tidak hanya bisa menyaksikan pemandangan indah. Tersedia pula beberapa fasilitas pendukung seperti kolam renang, restoran, fasilitas outbond, area berkemah, kafe, hingga ruang pertemuan. Tidak heran kalau Eling Bening sering menjadi pilihan untuk berbagai aktivitas, baik liburan keluarga atau liburan bersama rekan kantor.

Kawasan Wisata Eling Bening ini memang memiliki pemandangan mengagumkan. Di tempat wisata di Semarang ini, kita bisa menyaksikan suguhan pemandangan deretan delapan gunung. Tidak hanya itu, kita juga dapat melihat keindahan Rawa Pening, area persawahan, serta perkebunan kopi di sekitarnya. Pemandangan pun akan semakin menakjubkan jika datang ke sore hari, ditemani suasana matahari terbenam. Asyik banget kan.

4. Pantai Marina

Wisata di Semarang

Pantai Marina adalah kawasan wisata alam pantai laut yang ada di Kota Semarang. Di kawasan Pantai Marina ini kita bisa menikmati udara khas laut dan pantai yang akan membuat kita merasa tenang dan santai. Kita bisa memancing, jalan – jalan, ataupun melakukan aneka kegiatan wisata bahari lainnya.

Pantai Marina juga sangat terkenal di Kota Semarang. Tempat ini memberikan sebuah sentuhan tersendiri bagi Kota Semarang yang memang berada di ujung pesisir utara dari Pulau Jawa. Pantai Marina bisa menjadi obyek wisata yang menarik bagi para wisatawan yang menginginkan wisata alam pantai dan laut di Kota Semarang.

5. Kota Lama Semarang

Wisata di Semarang

Berkunjung ke Semarang tidak akan terasa lengkap kalau tidak datang ke kawasan Kota Lama Semarang. Tempat wisata di Semarang ini memang sudah lama dikenal sebagai lokasi wisata paling populer di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah tersebut. Apalagi, kalau Anda adalah seorang yang gemar berburu foto. Deretan bangunan tua bergaya Eropa klasik, kerap menjadi buruan para fotografer.

Di kawasan Kota Lama Semarang, Anda akan menjumpai keberadaan tempat-tempat yang kerap diramaikan oleh pengunjung. Gereja Blenduk dengan atap berbentuk kubah menjadi pilihan favorit pertama. Suasananya pun kian asyik dengan adanya Taman Srigunting yang terletak di depan gereja. Kalau ingin tampil narsis, bisa menyewa sepeda tua sembari berfoto dengan latar belakang Gereja Blenduk.

Ada pula Kafe Spiegel yang menawarkan tempat kuliner unik dengan suasana bangunan klasik. Selain Spiegel, deretan kafe lain yang juga menawarkan suasana ala zaman kolonial juga cukup banyak. Di antaranya adalah Kafe Nuris, Tekodeko, ataupun Retro Cafe.

6. Lawang Sewu

Wisata di Semarang

Bangunan ini merupakan bangunan kuno bekas gedung kereta api dan bekas kantor pemerintahan Belanda dimana tempat ini mempunya banyak sekali pintu dan sekarang menjadi tempat wisata di Semarang yang sering dikunjungi wisatawan. Lawang sendiri berarti Pintu dan Sewu artinya Seribu, jadi bisa dikatakan Lawang Sewu adalah bangunan tua dan kuno dengan pintu seribu.

Meski sebenarnya jumlah pintunya tidak ada seribu, karena saking banyaknya pintu di bangunan ini dikiaskan oleh masyarakat setempat seolah – olah ada seribu pintu. Tempat ini juga dikenal karena cerita – cerita mistis dan horor yang menyelimuti berdirinya Lawang Sewu hingga sekarang.

Bangunan ini menjadi sangat mistis karena memang dahulu banyak orang terbunuh dan disiksa di tempat ini. Meski angker, Lawang Sewu banyak mengundang minat karena memiliki arsitektur yang unik yang masih dipertahankan hingga sekarang.

7. Benteng Pendem Ambarawa

Wisata di Semarang

Jika ingin mengunjungi tempat wisata bersejarah datanglah ke Benteng Pendem yang juga disebut dengan nama Benteng Willem I. Benteng ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1834. Meski telah berusia lebih dari 1 abad, bangunan benteng ini masih berdiri kokoh. Para wisatawan yang datang ke tempat wisata di Semarang ini kerap menjadikannya sebagai objek foto yang menarik.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan kalau berkunjung ke tempat wisata di Semarang ini. Benteng Pendem Ambarawa berada di wilayah Kompleks Lapas Kelas II Ambarawa, sehingga para pengunjung diharuskan untuk meminta izin terlebih dulu. Tidak terlalu sulit, buktinya tempat wisata ini selalu ramai dengan wisatawan. Bahkan, pengambilan gambar film Soekarno yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dilakukan di tempat wisata di Semarang yang satu ini.

8. Kampung Pelangi

Wisata di Semarang

Kampung Pelangi menjadi pilihan tempat wisata terbaru di Kota Semarang. Keberadaannya menyaingi Kampung Jodipan di Kota Malang. Seperti halnya Jodipan, kampung yang sebelumnya disebut dengan nama Kampung Gunung Brintik ini dulunya dikenal sebagai kampung kumuh. Proyek renovasi Pasar Bunga Kalisari yang terletak di depan kampung pun membuat tempat ini bertransformasi sehingga memiliki penampilan yang menarik.

Keberadaan Kampung Pelangi ini berhasil menarik perhatian dunia. Apalagi, setelah beberapa pengguna Instagram memajang pose berfoto dengan latar belakang warna-warni kampung. Tidak heran kalau para wisatawan pun banyak berdatangan. Hal ini memberikan dampak yang sangat positif terhadap perekonomian warga. Selain itu, warga juga mulai menyadari keuntungan yang bisa diperoleh dari aktivitas menjaga kebersihan lingkungan.

9. Klenteng Sam Poo Kong

Wisata di Semarang

Dikenal sebagai kota multi etnis, Semarang juga menjadi tempat yang menarik untuk menyaksikan keanekaragaman suku. Salah satu tempat wisata di Semarang yang cocok untuk kegiatan tersebut adalah Klenteng Sam Poo Kong yang merupakan tempat beribadah etnis Tionghoa di Semarang. Tempat wisata di Semarang ini dibangun di lokasi kedatangan laksamana dari Tiongkok yang terkenal, yakni Laksamana Cheng Ho pada tahun 1400-an.

Klenteng yang terletak di kawasan Simongan, Semarang ini memiliki desain arsitektur khas Tiongkok. Warna merah pun menjadi warna dominan pada bangunan kelenteng. Kompleks kelenteng yang juga disebut dengan nama Klenteng Gunung Batu ini memiliki luas mencapai 3,2 hektare. Di dalamnya terdapat lima bangunan, yakni Sam Poo Kong, Tho Tee Kong, Kyai Juru Mudi, Kyai Jangkat, serta Kyai Cundrik Bumi.

10. Kopeng Treetop

Wisata di Semarang

Tempat wisata yang satu ini cocok untuk yang ingin berlibur bersama teman atau keluarga. Tepatnya berada di Semarang dan Salatiga. Keadaan geografisnya terletak di lereng gunung Merbabu, membuat tempat ini punya spot spot dengan lanskap alam terbuka yang tampak menawan. Tempat wisata ini sangat pas untuk yang gemar dengan adventure. Sebab, tersedia permainan outdoor serta terdapat camping ground yang sangat asik untuk anda kunjungi.

Obyek wisata di Jawa Tengah yang berikut ini memang menyediakan jenis wisata adventure untuk keluarga khususnya mulai dari anak hingga orang dewasa. Pada tempat ini wisatawan akan dapat menikmati keindahan alam pegunungan yang penuh dengan pepohonan pinus yang tampak rimbun. Ditambah lagi dengan lengkap dengan udaranya yang sangat sejuk khas iklim pegunungan.

Kebun strawberry Kopeng juga menjadi ciri khas dengan wisata petik sendiri. Yang seperti berada pada kaki Gunung Merbabu menjadikan tempat ini punya udara yang begitu segar. Jadi bisa menjadikan para pengunjung merasa tubuhnya merasa segar bugar setelah beraktivitas penuh dan dengan pekerjaan yang padat.

Baca juga yuk artikel tentang 11 Kuliner khas malang.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply