7 Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Sumatera Barat

admin_ireztia

Sudah tahu apa saja wisata alam di Sumatera Barat? Sumatera Barat adalah provinsi yang dikenal sebagai penghasil tambang. Provinsi ini kaya akan hasil tambang, diantaranya Batu Gamping, Nikel, Tembaga, Emas, dan masih banyak yang lainnya. Kawasannya memiliki banyak wisata alam, berupa pantai dan pegunungan yang indah. Tempat- tempat wisata ini dapat menjadi wisata andalan Provinsi Sumatera Barat.

Faktanya, untuk mencari tempat wisata yang eksotik, anda tidak perlu berlibur di luar negeri. Masih banyak tempat wisata di Indonesia yang luar biasa indah. Dan, bagi anda yang berencana untuk berlibur atai sekedar ingin mengetahui tempat-tempat wisata alam di Sumatera Barat, kami akan rekomendasikan tempat-tempat mana saja yang harus dikunjungi.

Berikut akan kami ulas secara tuntas 7 tempat wisata alam mana saja yang harus dikunjungi ketika traveling ke Sumatera Barat.

1. Pantai Nirwana

wisata alam di Sumatera Barat

Salah satu tujuan yang tepat untuk anda kunjungi saat berkunjung ke Padang adalah Pantai Nirwana. Pantai Nirwana berjarak sekitar 14 km dari Kota Padang, tepatnya berada di Pantai Barat Sumatera. Pantai ini berlokasi tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur yang sejak zaman kolonial Belanda telah terkenal akan keindahannya.

Dari Pantai Nirwana, anda dapat menyaksikan baik kapal dagang atau kapal penumpang berlabuh maupun berlayar. Ketika senja atau menjelang malam tiba, pesona dan keindahan yang terpancar dari Pantai Nirwana tidak kalah hebatnya. Pelabuhan Teluk Bayur menampilkan lampu- lampu yang menyala dan berkelap- kelip yang terlihat sangat indah. Lampu- lapu itu tidak akan pernah gagal membuat suasana di kawasan pantai menjadi sangat romantis dan begitu mempesona.

2. Lawang Adventure Park

wisata alam di Sumatera Barat

Lawang Adventure Park menawarkan danau yang memesona dan juga kebun buah. Tempat wisata alam di Sumatera Barat yang seringkali dijuluki Second place of Swedia ini menampilkan pemandangan utuh dari Danau Maninjau. Apalagi jika anda datang di kala senja, anda akan tahu mengapa tempat ini memiliki julukan Second place of Swedia. Dan, anda bebas menjelajahi setiap sudut tempat ini dengan merogoh kocek hanya Rp10.000.

Disana, anda akan menemukan beragam aktivitas yang tersedia. Lawang Park menyediakan spot- spot cantik untuk para penyuka selfie. Selain itu, tempat ini memberikan fasilitas untuk para penggila olah raga ekstrem seperti paralayang.

Anda akan dibuat kagum dan takjub melihat panorama eksotis Danau Maninjau yang berada tepat di depan mata anda. Juga, terdapat beberapa penginapan untuk anda bermalam jika anda tertarik menikmati sensasi senja atau fajarnya yang begitu magis. Disamping itu, bila sedang musim apel, stroberi, dan jeruk, anda dapat memetik langsung dari kebunnya. Bayangkan anda bisa memandangi keindahan alam sambil menikmati buah-buahan yang lezat dan segar.

3. Janjang Saribu

wisata alam di Sumatera Barat

Janjang Saribu merupakan tempat wisata di Sumatera Barat yang terdapat di Kota Bukit Tinggi. Objek wisata ini pun sering dijuluki Janjang Saribu Great Wall. Ingin tahu tembok besar Chinanya Sumatera Barat? Ya, anda tingga mengunjungi Janjang Saribu ini.

Jika anda sedang singgah di Sumatera Barat, jangan sampai melewatkan tempat wisata Great Wall. Dan, jangan lupa pastikan bahwa stamina anda dalam keadaan yang baik saat datang kesini. Jangan lupa juga untuk membawa minuman.

Janjang Saribu memiliki panjang sekitar 1 KM. Lokasi tempat wisata alam ini berdekatan dengan Goa Jepang. Panorama disini juga sangat mengagumkan. Pengunjung bisa menyaksikan fenomena alam berupa pengangkatan lempeng atau patahan-patahan yang menjulang membentuk bukit. Ini sungguh fenomena geologi yang tiada duanya dan begitu luar biasa.

4. Danau Singkarak

wisata alam di Sumatera Barat

Ingin tahu danau paling besar di daerah Sumatera Barat? Jawabannya adalah Danau Singkarak. Panjang danau ini hingga 21 km. Selain menawarkan pemandangan yang indah, tempai ini menyediakan fasilitas berupa boat, sampan, dan penginapan. Di sekitar Danau tersebut pun disediakan tempat bersantai.

Danau ini tentunya memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Pemandangan berupa pepohonan yang membuat cuaca tidak terlalu panas dan menjadi lebih rindang. Tak heran mengapa banyak pengunjung yang tak ingin melewatkan untuk singgah di Danau Singkarak ini. Tempat wisata alam ini beralamat di Jalan Raya Padang Panjang-Solok.

5. Pulau Cubadak

wisata alam di Sumatera Barat

Pulau Cubadak berlokasi di Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat. Tempat wisata alam di Sumatera Barat ini memiliki pantai berpasir putih nan bersih dan keindahan alam yang luar biasa lainnya. Ikon di pulau indah nan cantik ini adalah adanya teluk, tanjung, dan batu karang. Sejauh mata memandang, anda akan melihat pulau-pulau menghijau dan paronama laut yang biru yang membuat penikmatnya tidak ingin beranjak dari pulau ini.

Aktivitas liburan yang bisa dilakukan oleh pengunjung, diantaranya bermain canoe, snokerling, dan hiking (berlayar). Keseruan dan keindahan akan semakin terasa dengan menyaksikan pemandangan Pulau Cubadak yang terlihat utuh di atas bukit. Selain itu, di pulau ini, ada penginapan berbahan alami yang dikelola oleh investor Itali. Di pulau ini, adapun Pantai Pincuran Talu yang dijuluki Teh Paradise of Teh South yang berupa pantai elok nan surge dengan luas sekitar 710 ha.

6. Pantai Carolina

wisata alam di Sumatera Barat

Pantai Caroline Padang merupakan bukti nyata lain bahwa anda tidak perlu meragukan lagi keindahan alam di Sumatera Barat. Pantai ini dulunya memang dikenal sebagai sebuah pantai pribadi sehingga jarang di kunjungi dan sepi oleh pengunjung. Namun, kini Pantai Caroline sudah menjadi destinasi wisata alam di Sumatera Barat yang ramai disinggahi oleh para pengunjung lokal maupun mancanegara.

Anda wajib mengunjungi pantai ini dan menyaksikan sendiri keunikannya. Pantai Caroline ini terkenal memiliki garis pantai yang cukup unik, yaitu berbentuk hati atau seperti huruf W. Bentuk pantai seperti hati akan nampak jelas dari udara jika anda menerbangkan drone di pantai ini.

7. Kebun Teh Alahan Panjang

wisata alam di Sumatera Barat

Ada tempat yang sempurna bagi anda para pencinta teh. Adalah Kebun Teh Alahan Panjang yang dikenal bak permadani hijau di tepi danau. Kebun Teh Alahan Panjang ini akan memberikan kesejukan dan kenyaman, jauh dari kerumunan turis.

Selain bentang alam hijau, anda pasti akan menyukai udara sejuk yang bercampur aroma teh. Disamping itu, anda pun bisa menyaksikan petani-petani teh sedang memetik daun teh terbaik. Juga, terdapat dua danau cantik sekaligus yang menambah daya tarik dari destinasi ini. Tidak hanya itu saja, anda tidak perlu merogoh kocek untuk menikmati semua keindahan alam ini.

Bagaimana? Kini anda sudah tahu referensi tempat wisata alam di Sumatera Barat yang keren, bukan? Jadi, tunggu apa lagi untuk merencanakan angkat kaki untuk liburan ke sana? Baca juga 7 air terjun yang wajib dikunjungi di Pulau Bali.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply