Wisata Alam Terpopuler Di Sukabumi Tahun 2018

admin_ireztia

Ketika menyaksikan keindahan dengan keanekaragaman objek wisata alam di Sukabumi, ungkapan tepatn yang dapat mengambarkannya adalah Tuhan menciptakan Sukabumi sambil tersenyum. Sukabumi terletak di ketinggian rata rata mencapai 584 MDPL dibawah kaki Gunung Pangrango dan Gunung Gede. Saat ini, Sukabumi menjelma menjadi salah satu destinasi wisata dengan jutaan keindahan alam didalamnya.

Berikut kami berikan daftar wisata alam di Sukabumi yang paling populer tahun 2018 lengkap beserta perkiraan akomodasinya.

1. Gunung Kayu Damar

wisata alam di Sukabumi

Gunung Kayu Damar merupakan objek wisata baru di Sukabumi yang bisa menjadi destinasi wisata anda saat berlibur berasa keluarga atau teman- teman. Tempat wisata alam di Sukabumi ini beralamat di Kampung Cipicung, Desa Cibolang, Kec- Gunungguruh, Kab- Sukabumi.

Dari puncak Gunung Kayu Damar, anda bisa melihat dengan jelas semua titik di Kota dan Kabupaten Sukabumi. Hal itulah yang menjadikan tempat wisata ini berbeda dari tempat wisata lainnya di Sukabumi. Disamping itu, dari Jalur Mangkalaya hanya akan memakan waktu sekitar 15 menit.

Terdapat berbagai tempat yang disediakan untuk melihat pemandangan lebih jelas. Diantaranya, “kapal ferry GKD”, “tenjo laut”, “gazebo”, dan “pintu ke mana saja”. Selain menjadi ajang swafoto, tempat- tempat itu pun dapat memperindah lokasi wisata.

Dengan adanya fasilitas- fasilitas tersebut, para wisatawan berbondong- bondong datang ke tempat wisata tersebut. Bahkan jumlah pengunjung dapat mencampai 300 orang dalam sehari. Selain itu, tariff masuk ke Gunung Kayu Damar tidak begitu mahal, hanya Rp 2.000 perorang.

2. Karang Para

wisata alam di Sukabumi

Karang Para adalah salah satu tempat wisata alam di Sukabumi yang baru dan sangat menarik.Tempat wisata ini berlokasi di Kampung Padaraang, Desa Kebonmanggu, Kec- Gunungguruh, Kab- Sukabumi. Bahkan tempat wisata ini mulai dipenuhi wisatawan lokal dan mancanegara.

Destinasi wisata Sukabumi ini jauh dari permukiman warga dan berada di areal perbukitan. Walaupun letaknya berada di atas perbukitan, wisatawan tidak hanya dapat mengunjungi tempat wisata ini dengan kendaraan roda dua. Para wisatawan dapat mengendarai kendaraan roda empat untuk sampai di lokasi.

Para wisatawan merasa penasaran akan areal wisata batu karang yang menyebar. Dan, sebenarnya tidak hanya Karang Para yang menjadi objek wisata Sukabumi yang ada di sana. Ada pula Karang Mesjid dan Karang Hiu.

Di tempat wisata ini, terdapat lintasan bambu. Para wisatawan dapat meniti bambu yang membentang di sana. Jembatan bambu yang menjadi favorit para pengunjung, diantaranya Jembatan Asmara, Jembatan Jodo, Jembatan Bambu Hati, dan Jembatan Cinta.

3. Curug Cikaso di Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu

Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu merupakan lokasi wisata yang meliputi 74 desa seluas 126.100 Ha. Desa- desa tersebut terbagi dalam delapan kecamatan, yakni Kecamatan Cisolok, Cikakak, Palabuhanratu, Simpenan, Waluran, Ciemas, Surade, dan Ciracap. Kemudian, Geopark Ciletuh dibagi lagi dalam tiga Geoarea, yakni Geoarea Cisolok, Geoarea Simpenan, dan Geoarea Ciletuh.

Geopark Ciletuh menyimpan banyak sekali keberagaman Budaya, Hayati, dan Geologi. Antara lain, batuan langka dan fosil, gua laut, batuan unik/estetik, pulau-pulau kecil, bentangalam, air terjun, pantai, dan Geyser.

Salah satu air terjun di Geopark Ciletuh yang bisa anda kunjungi adalah Curug Cikaso. Untuk sampai di Curug Cikaso, harus menempuh perjalanan sekitar 30-40 menit dari Ujung Genteng. Tempat wisata alam di Sukabumi ini tepatnya berada di Desa Surade.

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 80m dan lebar 100m yang menjadi keunikan tersendiri. Terdapat 3 air terjun sekaligus di tempat wisata ini masing-masing dinamai Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki. Ketiganya tidak dapat dipisahkan dan menjadi satu kesatuan dari Curug Cikaso.

Kolam yang terletak dibawah air terjun Curug Cikaso akan siap menampung aliran air. Dan, karena dipengaruhi oleh gangang yang ada di bawah kolam tersebut, kolamnya berwarna biru kehijau-hijauan. Untuk sampai di Curug Cikaso, anda dapat berjalan kaki sekitar 30 menit dari parkiran kendaraan ke lokasi. Atau, anda bisa menyewa kapal untuk menyusuri Curug dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp80.000 hingga Rp120.000 per kapalnya. Satu kapal dapat memuat delapa hingga sepuluh orang.

Kemudian, anda harus menrogoh kocek Rp3.000/orang untuk tiket masuk. Ditambah, Rp2,000/orang untuk kebersihan dan Rp27.000/Mobil jika anda menggunakan mobil. Untuk parkir, anda harus mengeluarkan dana Rp6.000/Mobil. Selain itu, disana sudah disediakan fasilitas kios cinderamata, warung makan, toilet umum, penginapan, camping ground, dan parkiran.

4. Curug Awang

wisata alam di Sukabumi

Curug Awang merupakan air terjun di Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu, Sukabumi selanjutnya. Air terjun yang memiliki tinggi 40m dan lebar 60m ini sudah populer dikalangan wisatawan. Bahkan banyak pengunjung yang menyebut Curug Awang merupakan Niagara nya Indonesia.

Adapun beberap tips saat berkunjung ke Curug Awan. Pastikan agar kendaraan yang anda gunakan harus aman dan siap. Selain itu, karena disini warung masih sedikit, anda harus membawa makan sendiri.

Harga tiket masuk per orangnya adalah Rp3.000. Untuk parkir, Rp3000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Fasilitas yang disediakan disini adalah warung, toilet umum, parkiran, dan saung.

5. Curug Cikanteh

wisata alam di Sukabumi

Air terjun di Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu, Sukabumi berikutnya adalah Curug Cikanteh. Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 60 meter. Diatas Curug Cikanteh, ada curug lainnya, salah satunya Curug Ngelay dengan ukuran berkisar 100 meter. Namun, karena aksesnya yang masih berbahaya dan sulit, Curug Ngelay ini tidak bisa dijangkau.

Letaknya yang tersembunyi dari Curug Cikanteh ini mengharuskan anda untuk berjalan sedikit menanjak ke hutan tropis dan bukit untuk sampai di lokasi. Ada juga sebuah jembatan kayu yang cukup unik dan pas untuk anda yang senang berselfie. Untuk harga tiket masuk, dikenakan biaya Rp3.000 per orang.

Nah, itulah wisata alam di Sukabumi yang perlu anda ketahui terutama bagi anda yang berencana untuk berlibur ke Sukabumi. Baca juga wisata air terjun di Malang yang wajib dikunjungi.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply