Wisata Air Terjun di Malang Yang Wajib Dikunjungi

admin_ireztia

Malang merupakan sebuah daerah di Provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak wisata Air Terjun atau istilahnya “Coban” yang menakjubkan dan eksotis. Air terjun di Malang menawarkan sensasi berlibur yang menyenangkan sekaligus berbeda. Tempat wisata ini cocok dikunjungi oleh anda yang memiliki jiwa petualang.

Di Malang, banyak lokasi air terjun yang menjadi objek wisata baru yang di cari dan diburu untuk dikunjungi. Air terjun di daerah ini tersembunyi tapi layak untuk anda kunjungi. Bahkan yang tersembunyi biasanya memiliki panorama alam yang alami yang akan membuat anda tak ingin beranjak pergi.

Kealamian inilah yang diburu oleh para pengunjungnya, baik beburu foto untuk menghasilkan foto yang ciamik dan eksotis, bersantai di tepi, ataupun berenang di lokasi Air Terjun.

Tidak perlu bingung untuk jika anda tidak mengetahui air terjun di Malang, berikut adalah ulasan mengenai wisata air terjun di Malang yang wajib dikunjungi.

1. Coban Nirwana

air terjun di Malang

Karena lokasinya yang penuh dengan spot cantik untuk berselfie dan berfoto, air terjun ini sangat populer di kalangan pengguna media social dan sekaligus menjadi primadona di kalangan para traveler muda. Air terjun bertingkat satu ini berlokasi di Desa Gedangan, Kec- Gedangan, Kab- Malang. Tempat ini berada di perbatasan Sumber Manjing Wetan dan wilayah Gedangan.

Anda harus menempuh jarak kurang lebih 50 kilometer dan memerlukan waktu sekitar 90 menit perjalanan dari pusat kota Malang untuk sampai ke air terjun ini. Untuk biaya masuknya, sumbangan sukarela bisa diberikan untuk warga yang telah berperan aktif mengelola tempat wisata air terjun ini. Hal itu dikarenakan belum adanya tarif retribusi resmi yang dikenakan pada para pengunjung. Ditambah, karena belum ada fasilitas yang memadai di tempat ini, anda harus mempersiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat.

Sebenarnya, air terjun ini belum mempunyai nama resmi. Dahulu, air terjun ini disebut Coban Mbok Karimah yang diambil dari nama sesepuh yang tinggal di sekitar air terjun. Namun, kini air terjun diberi nama Coban Nirwana.
Yang perlu anda ketahui juga, belum banyak petunjuk arah untuk menuju ke tempat ini. Jadi, jangan ragu untuk bertanya pada penduduk sekitar jika sudah berada di seputaran lokasi air terjun.

2. Coban Tumpak Sewu

air terjun di Malang

Coban Tumpak Sewu bisa dibilang mahakarya sang pencipta yang tiada duanya. Air terjun ini berada di kawasan perbatasan Malang – Lumajang. Dan, jika belum mencoba sensasi menjelajahi Coban Tumpak Sewu, jangan mengaku sebagai petualang sejati.

Kata “Coban” diambil dari panggilan masyarakat jawa untuk air terjun. Sementara, kata “sewu” berarti seribu. Dinamakan seperti itu karena memang air terjun mengalir dari ketinggian seribu, tidak hanya satu dua kaki. Inilah alasan mengapa air terjun ini disebut Coban Sewu. Disini, anda dapat menyaksikan keindahan dari derasnya air yang meluncur dari ketinggian kurang lebih 180 meter.

Coban Tumpak Sewu merupakan niagara yang bermukim di Jawa Timur. Dengan melihatnya, anda seakan- akan sedang melihat air terjun Niagara. Bakan banyak orang yang beranggapan bahwa cucuran air terjun Coban Tumpak sewu ini berasal dan turun dari surga. Pasalnya, airnya begitu menyegarkan, sejuk, dan jernih. Siapa saya yang melihatnya akan merasa kagum. Air terjun ini berlokasi di Tamanayu, Pronojiwo, Lumajang arah Malang, Jatim.

3. Coban Rondo Malang

air terjun di Malang

Coban Rondo Malang merupakan air terjun di Malang sebagai salah satu wisata dambaan yang tidak pernah dilewatkan oleh para traveller. Sebelumnya, akan diceritakan sedikit mengenai air terjun Coban Rondo. Dalam bahasa Jawa, Coban berarti Air Terjun dan Rondo berarti Janda. Coban Rondo berarti “air terjun janda”. Berdasarkan legenda, air terjun ini berhubungan dengan kisah percintaan antara Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma, suaminya.
Dikisahkan Raden Baron Kusuma tewas dalam pertempuran melawan Joko Lelono yang sangat tergila- gila dengan Dewi Anjarwati. Joko Lelono berniat merebut Dewi Anjarwati dari tangan suaminya. Namun, sang suami segera menyembunyikan istrinya dan darisitulah air terjun ini mulai ada. Jika anda berniat untuk singgah ke tempat wisata air terjun ini, anda bisa datang ke desa Pandansari, Kec- Pujon, kurang lebih 12 Km dari kota Batu.

4. Coban Jahe

air terjun di Malang

Keindahan air terjun Coban Jahe terletak pada ketinggian aliran air terjun yang mencapai 45 meter dan tebing bebatuan cadas di setiap sisinya. Ini akan menjadi spot cantik sebagai latar belakang untuk mengambil foto dan berselfie. Disamping berfoto, aktivitas lainnya yang bisa dilakukan oleh pengunjung adalah tubing. Mengenai lokasinya, air terjun ini berada di Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kec- Jabung, Kab- Malang, Jatim.

Untuk mencapai lokasi, anda bisa menggunakan mobil sampai di Dusun Bengawan. Sesampainya di gapura masuk Dusun Bengawan, anda diharuskan berjalan kaki karena jalan yang cukup parah terjal dapat menyulitkan kendaraan untuk bisa masuk. Selain itu, anda juga harus melewati pematang sawah. Mengenai tiket masuknya, per orang dikenakan biaya Rp5.000. Untuk parkir kendaraan, biayanya Rp2.000.

5. Coban Gintung

air terjun di Malang

Anda harus menempuh jarak 75 km dari Kota Malang untuk sampai di air terjun Coban Gintung. Namun, begitu anda pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini, semua rasa letih dan lelah itu akan terbayar. Tentu saja, keindahan yang ditawarkan Coban Gintung akan memanjakan mata Anda. Mulai dari nyanyian burung, udaranya yang sejuk, gemercik airnya yang bisa anda lihat, dengar, dan rasakan di tempat ini.

Selain itu, terdapat rumah pohon yang terletak di dekat air terjun yang menjadi spot foto paling menarik ditempat ini. Jika anda berniat untuk datang ke air terjun ini, datang ke Sidorenggo, Ampel Gading, Malang.

Demikianlah, air terjun di Malang yang bisa menjadi referensi anda untuk dikunjungi dan juga bersahabat dengan kantong. Yuk tunggu apalagi, segera sambangi satu atau semua tempat wisata air terjun di Malang yang diulas tadi. Selain di malang coba juga wisata alam ke Sumatra Barat, berikut 7 rekomendasi wisata alam di Sumatera Barat.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply