Bahan-bahan Herbal untuk Jamu Pelangsing

ireztia

Tubuh yang langsing merupakan idaman bagi para wanita karena kerap kali tubuh yang ideal dikaitkan dengan kecantikan dan keindahan. Sayangnya, banyak orang yang menginginkan tubuh bak biola spanyol tapi mereka malas untuk berolahraga. Hasilnya, tubuh gemuk dan perut buncitlah yang akan mereka dapatkan.

Kurang gerak, banyak tidur, dan banyak makan adalah ciri yang dialami oleh orang yang jarang berolahraga. Akibatnya, berat badan terus melonjak naik dan timbulah berbagai problem kesehatan.

Adakah cara alami untuk melangsingkan tubuh tanpa harus berolahrga berjam- jam setiap hari dan tidak perlu mengonsumsi obat- obatan yang biayanya mahal? Jawabannya, tentu saja ada yaitu dengan bahan- bahan herbal untuk jamu pelangsing.

Beberapa resep jamu pelangsing berikut bisa anda praktikan sendiri di rumah.

1. Kunyit Asam

Ternyata khasiat kunyit asam tidak hanya untuk kesehatan tubuh tapi juga untuk diet tanpa risiko efek samping. Kunyit yang dikenal dengan nama latin Curcuma Longa Linn atau C domestica Val adalah keluarga rimpang. Namun, kegunaan kunyit untuk melangsingan tubuh ini belum diketahui sebagian banyak dari anda.

Bahan herbal ini ternyata mengandung minyak gliserida, Heksahidro- hidrositetrametil- fenanti- non, azadirachtin, dan asam asetiloksifuranil- tolfuranasetat- keton yang nyatanya bermanfaat untuk menjadikan tubuh lebih ideal.

Bagaimana cara membuat jamu pelangsing kunyit asam untuk melangsingkan tubuh?

Pertama, siapkan bahan- bahannya yaitu 500 gram kunit yang sudah cukup tua, 500 gram asam jawa, 250 gram gula merah, 2 liter air, dan 1/8 sendok teh garam dapur. Kedua, cuci bersih kunyit hingga tidak ada kotoran yang tersisa.

Disarankan untuk mencucinya dibawah air mengalir. Ketiga, haluskan kulit dengan cara diblender atau diparut. Saring hasil parutan dengan kain tipis dan ambil sarinya saja. Keempat, campur sari kunyit dengan air lalu rebus dengan bahan tambahan seperti garam, asam jawa, dan gula merah. Biarkan ramuan mendidih di atas api yang kecil. Terakhir, dinginkan terlebih dahulu sebelum diminum.

2. Jahe dan Lemon

Menurut Institute for Human Nutrition di Columbia University, menambahkan jahe panas pada menu diet akan mebuat anda merasa kenyang lebih lama. Disamping itu, studi menunjukan bahwa jahe dapat mengontrol nafsu makan yang lebih baik. Mengolah jahe dan lemon untuk dijadikan jamu terbukti dapat mengecilkan perut buncit dan juga menurunkan berat badan.

Lemon mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk membuang racun- racun dari dalam tubuh dan juga mengecilkan perut. Selain itu, kombinasi jahe dan lemon akan membantu mebakar lemak dalam tubuh sehuingga proses penurunan berat badan akan terealisasi dengan cepat.

Adapun cara membuat jahe dan lemon untuk jamu pelangsing tubuh. Pertama, rebus air hingga mendidih dan tuangkan dalam cangkir atau gelas. Kedua, masukan jahe 1 ruas yang telah ditumbuk dan tutup hingga 10 menit. Ketiga, tambahkan 1 sendok perasan lemon dan kemudian aduk hingga rata. Kemudian, minum jamu ini sekali sehari sebelum sarapan pagi.

3. Kencur: Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur dalah ramuan tradisional yang telah dipercaya dapat mengatasi kegemukan dan mengecilkan perut yang buncit. Kencur mengandung zat- zat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan diet seperti pati, mineral, minyak atsiri berupa alkaloid, asam anisat, paraeumarin, kamphene, borneol, etil ester, asam sinamat, sineol, dan masih banyak yang lainnya.

Sebenarnya beras kencur untuk pelangsing dapat anda temukan di tukang jamu herbal. Namun, jika anda khawatir akan keamanan dan kealamian bahannya, anda bisa buat sendiri dirumah.

Terdapat cara membuat jamu kencur untuk tubuh yang ideal. Pertama, siapkan 150 gram kencur yang sudah ditumbuk halus. Kedua, siapkan beras yang sudah dicusi dan kemudian tumbuk sampai halus. Ketiga, sediakan beberapa ruas jahe lalu tumbuk hingga halus. Keempat, masukan semua bahan tersebut kedalam panci dan kemudian tambahkan 200ml air.

Kelima, rebus hingga mendidih dan hingga airnya mnyusut hingga 1 gelas. Saring rebusan tersebut dan masukan kedalam gelas. Tambahkan sedikit madu dan minum 2 gelas perhari untuk hasil yang optimal.

4. Kulit Manggis

Di kalangan masyarakat tradisional, selain mampu menyembuhkan berbagai penyakit, Kulit Manggis pun dapat membuat tubuh makin singset. Hal ini dikarenakan kulit manggis mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh. Misalnya antioksidan berupa antosianin, asam fenolat, tannin, dan xanthon. Selain itu, kulit buah manggis mengandung air lemak, protein, dan juga karbohidrat.

Adapun cara membuat jamu pelangsing dari kulit manggis. Pertama, siapkan 2 buah kulit manggis yang segar. Kedua, cuci sampai kulit manggis bersih. Ketiga, rebus manggis dan 2 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas. Keempat, minum air rebusan dua kali sehari. Namun, efek dari jamu kulit manggis ini tidak akan instan dirasakan karena ini merupakan cara yang alami.

5. Daun Jati Belanda

Jati Belanda memiliki nama latin Guazuma ulmifolia. Jati Belanda terkenal dengan daunnya yang bermanfaat untuk melangsingkan tubuh. Daun herbal ini mengandung senyawa- senyawa seperti flavonoid, resin, asam fenolat, karotenoid, terpen, kafein, sterol, dan alkaloida. Kandungan- kandungan tersebut bermanfaat untuk membuat tubuh lebih ideal.

Bagaimana cara membuat daun jati cina untuk melangsingkan tubuh? Pertama, siapkan helai daun jati belanda dan bila perlu boleh ditambah 7 lembar daun tempuyung. Kedua, cuci bersih kedua herbal tersebut. Ketiga, tambahkan 110ml air dan kemudian direbus selama 15 menit dengan menggunakan api kecil. Keempat, minum ramuan ini sekali sehari selama 30 hari hingga tubuh anda langsing.

6. Teh hijau

Kemampuan teh hijau dalam melangsingkan tubuh sangat tergantung pada komponen biokatif yang dikandungnya. Proses pengolahan teh hijau yang benar mampu mempertahankan manfaat dan fungsi kandungannya. Kandungan teh hijau ini, antara lain kafein, katekin, L-teanin, mangan, vitamin C, fluoride, polifenol. Dan zat antioksidan lainnya.

Terdapat cara membuat teh hijau celup. Pertama, sediakan satu teh celup. Kedua, masukan air panas secukupnya ke dalam gelas. Ketiga, seduh teh selama 2 sampai 3 menit untuk menghindari rasa pahit yang berlebihan. Terakhir, biarkan air teh hijau dingin sebelum meminumnya.

Adapun cara membuat teh hijau yang bubuk. Pertama, tambahkan teh bubuk ke air dalam panci. Kedua, rebus airnya dalam panci hingga airnya berubah warna. Ketiga, saring air teh ke dalam cangkir atau gelas. Tambahkan perasan lemon atau madu secukupnya. Kemudian, minum.

7. Daun Sirih

Daun sirih dapat bermanfaat untuk melangsingkan tubuh dan menurunkan berat badan. Khasiat daun sirih untuk diet ini tidak lepas dari kandungan senyawa yang ada didalamny, seperti kavibetol, eugenol, tannin, alkaloid, minyak atsiri, dan flavonoid.

Bagaimana cara membuat daun sirih untuk jamu pelangsing?

Pertama, rebus 5 ruas kunyit yang sebelumnya dicincang, satu genggam daun sirih sekitar 5 lembar, dan 2 gelas air putih. Kedua, rebus ramuan tersebut hingga mendidih dengan api kecil. Ketiga, saring air rebusan daun sirih tersebut. Keempat, diamkan beberapa saat hingga mendidih. Kelima, tambahkan 2-3 sendok untuk meminimalisir rasa pahit daun sirih.

Jadi, inilah beberapa resep yang bisa anda praktekan di rumah untuk menuju tubuh langsing dan sehat. Namun jika anda menginginkan proses yang lebih cepat, anda bisa mencoba teknik suntik kurus yang reviewnya bisa dilihat disini.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply