Destinasi Liburan Musim Salju di Jepang

ireztia

Berbeda halnya dengan Indonesia, Jepang memiliki 4 musim yaitu musim dingin, musim gugur, musim panas, dan musim semi. Musim dingin atau musim salju adalah salah satu fenomena langka bagi para travellers Indonesia karena Indonesia tidak memiliki musim tersebut. Dan ini menjadikan destinasi liburan musim salju di Jepang layak dicoba.

Ulasan kali ini, ireztia.com akan membahas beberapa referensi destinasi liburan musim salju di Jepang jika anda berkunjung ke negara Matahari Terbit tersebut saat musim salju.

1. Gala Yuzawa Snow Resort

Gala Yuzawa Snow Resort adalah salah resort yang terletak di kota Echigo Yuzawa, Prefektur Nigata, sekitar 200 km di utara Tokyo. Resort ini cukup terkenal karena memiliki curah salju yang tinggi. Ketinggian dari snow resort ini adalah 1,181 m hingga 358 mdpl. Karena itu, resort ini cocok bagi para wisatawan yang menyukai ski. Gala Yuzawa Snow Resort terkoneksi dengan stasiun sehingga begitu sampai stasiun, anda bisa langsung meminjam perlengkapan snowboard dan alat bermain ski.

Gala Yuzawa Snow Resort

Untuk tarif bermain ski, sekitar 4600 yen untuk orang dewasa dan 2300 yen untuk anak-anak. Harga tersebut telah termasuk naik gondola untuk naik dan turun gunung. Selain itu, anda juga dapat mengelilingi area pegunungan dan menikmati sensai berendam air panas di tengah salju. Jam operasional Gala Yuzawa Snow Resort adalah mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00.

Bagaimana cara pergi ke Gala Yuzawa Snow Resort?

Jika anda dari Tokyo Narita Airport, anda bisa naik Narita Express ke Stasiun Tokyo, kemudian dilanjut naik Joetsu bullet train atau Joetsu Shinkansen platform 20-23, dan naik kereta Tanigawa atau Max-Tanigawa. Naik Joetsu Shinkansen dari Tokyo akan memakan waktu 77 menit, kemudian anda akan sampai di Gala Yuzawa Stasiun yang tepat berada di dasar resort.

Soal penginapan, ada beberapa hotel di sekitar Gala Yuzawa diantaranya Hotel Nikko Niigata, Shiratamano Yu Senkei, dan Takanosukan. Harganya mulai Rp800.775 hingga Rp1.503.825. Selain itu, anda tidak perlu cemas makanan halal disekitar tempat ini. Ada Hananome yang menggunakan bahan-bahan segar seperti Juuzen terong, tiram Jepang, Northern udang, dan Seaperch blackthroat. Alamatnya terletak di hokuyuubiru 3F, 1-2-12, Higashiodori, Chuo-ku, Niigata-shi, Niigata, 950-0087. Jika anda lebih menyuksi sushi, anda bisa datang ke Sushi Kiwami. Kemudian, ada juga The Restaurant Swan Lake yang beralamat di 345-1, Kanaya, Agano-shi, Niigata, 959-1944.

2. Gunung Fuji

Gunung Fuji menampakan keindahannya dari ketinggian 3.776 meter diatas permukaan air laut (mdpl). Gunung tersebut bisa didaki dari 4 trail atau jalur yang tersedia. Dari keempat jalur tersebut, Yoshida Trail adalah jalur favorit yang sering didaki.

Gunung Fuji

Bagaimana cara ke gunung Fuji?

Untuk melihat gunung Fuji, anda harus ke Kawaguchiko terlebih dahulu. Pertama, anda harus naik bus ke daerah Shinjuku, Tokyo. Namun, sebelumnya anda harus ke loket Japan Railways untuk membeli semacam kartu. Japan Railways yang beroperasi di daerah Narita adalah JR East. Sementara Japan Railways yang beoperasi di Tokyo adalah JR Central. Sedangkan JR yang ada di daerah Kansai yaitu Osaka, Kyoto, dan tempat-tempat lainnya adalah JR West.

Di loket JR East inilah, anda bisa membeli kartu SUICA & N’EX. Terdapat beberapa hotel yang bisa anda singgahi untuk menginap diantaranya Palaza Inn Fujikawaguchiko dengan harga mulai Rp653.893, Oike Hotel dengan harga mulai Rp1.426.675, dan Lake Villa Kawaguchiko harga mulai Rp1.926.011.

Mengenai makanan halal, terdapat Kedai Taishikan yang terletak di pos 8 rute pendakian Yoshida. Restoran ini menyediakan makanan berupa kare halal bagi para pendaki muslim. Dengan adanya kare halal ini, para pendaki gunung Fuji yang beragama muslim tidak perlu ce,as soal makanan.

3. Takaragawa Onsen di Osenkaku.

Takaragawa Onsen adalah pemandian air panas yang terluas dan terhangat di Osenkaku, sebuah daerah yang tidak jauh dari Tokyo. Anda bisa berendam langsung di air hangat di tengah-tengah musim dingin. Tentunya, hal ini bisa menghangatkan tubuh dan sebagai sarana pijat alami untuk menghilangkan pegal-pegal.

Takaragawa Onsen di Osenkaku

Selain itu, anda berbagai pilihan tempat spa di Takaragawa Onsen seperti Tonaegawa dan Osenkaku yang merupakan pemandian air hangat terbesar di dunia. Tidak perlu khawatir jika anda tidak ingin bercampur dengan pengunjung lawan jenis. Takaragawa Onsen menyediakan pilihan pemandian seperti keinginan pengunjung diantaranya Super size bath yaitu laki-laki dan perempuan di kolam terpisah,

Maya bath yaitu khusus untuk perempuan, Kodakara bath yaitu campur antara laki-laki dan perempuan. Takaragawa Onsen terawat dengan baik dan tempatnya juga bersih. Tentu saja karena Jepang adalah salah satu negara yang sangat peduli akan kebersihan. Anda bisa membayangkan pemandian air panas yang sangat besar dengan pengunjung domestic dan turis tapi tetap bersih dan tidak ada sampah tergeletak dimanapun.

Bagaimana cara sampai di Takaragawa Onsen?

Dari Narita Airport, anda bisa menuju ke Stasiun Tokyo, kemudian transit di Satsiun Ueno atau bisa langsung menuju stasiun Takasaki dan berakhir di Stasiun Minakami. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan bus ke Takaragawa Onsen. Jika anda memilih untuk menginap di Takaragawa Onsen, anda tidak perlu khawatir karena tempat ini memang menyediakan fasilitas hotel.

Hotelnya menawarkan fasilitas antar jemput ke stasiun secara gratis, lapangan tenis, dan akses WIFI gratis di lobi. Semua kamar menampakan interior dengan gaya jepang, sekat geser shoji, TV, dan area yang menghubungkan kamar dengan tempat duduk. Anda bisa berbaring di kasur futon dan juga dilengkapi fasilitas seperti toilet pribadi, wastafel, dan jubah yukata. Mengenai makanan, ada sarapan khas barat dan khas jepang yang disediakan di ruang makan setaip pagi. Makan malamnya prasmanan Barat dan Jepang disajikan di ruang makan.

4. Festival Salju Sapporo

Festival musim salju terbesar di Jepang adalah Festival Salju Sapporo. Festival ini diselenggarakan selama 7 hari. Di festival ini, anda bisa menikmati pertunjukan music, melihat patung-patung es berskala besar dengan bentuk yang unik, dan menikmati makanan enak Hokkaido. Festival ini diadakan setiap tahun di dua minggu pertama bulan Februari.

Festival Salju Sapporo

Jutaan turis baik mancanegara maupun domestic berbondong-bondong datang untuk menikmati patung es yang indah hasil karya tangan pemahat salju professional. Biasanya festival ini diramaikan dengan kios-kios makanan seperti Yakisoba, Takoyaki, dan Yakitori.

Jika anda memutuskan mengnap di sekitar daerah festival, anda bisa menginap di Hotel Century Royal Sapporo, Morinoyu Hanakagura, dan Shiretoko Grand Hotel Kitakobushi. Harganya berkisar mulai dari Rp1.300.000 hingga Rp1.774.800. Untuk masalah makanan halal anda tidak perlu khawatir. Terdapat beberapa café dan restoran disana diantaranya Taj Mahal Restoran, Jingis Kan (Genghis Kan), dan Ishikari Nabe.

Taj Mahal Restoran adalah restoran yang menyajikan makanan khas India di Jepang. Taj Mahal didirikan oleh sekumpulan orang India di Jepang pada tahun 1982. Makanannya disajikan dengan banyak rempah-rempah, kari, dan daging halal. Restoran ini beralamat di Kita2-johigashi, Chuo-ku Sapporo-shi, Hokkaido 060-0032 dan buka mulai pukul 11.00 hingga pukul 21.30.

Kemudian di Ishikari Nabe, anda bisa menemukan masakan dengan bahan dasar ikan salmon. Ikan salmon dimasak dengan berbagai sayuran di dalam kaldu miso. Sedangkan di Jingis Kan (Genghis Kan), akan disajikan semacam daging barbeque yang dimasak diatas panci besar.

Demikianlah beberapa destinasi wisata di Jepang yang dapat anda kunjungi di musim salju. Pastikan untuk mempersiapkan perlengkapan musim dingin termasuk baju hangat musim dingin. Baca juga ulasan mengenai cantiknya bunga sakura yang bisa anda nikmati saat liburan musim semi di Jepang.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply