Kawah Putih, Daftar Wajib Tempat Wisata di Ciwidey, Bandung

kawah putih

Bandung memang selalu memiliki tempat eksotis untuk dikunjungi. Termasuk area Ciwidey, Bandung Selatan ini ternyata memiliki banyak tempat wisata yang tidak pernah sepi pengunjung. Salah satunya adalah Kawah Putih, daftar wajib tempat wisata di Ciwidey, Bandung yang harus para traveler kunjungi.

Jika anda ingin berkunjung kesini, kawah putih buka mulai dari pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Untuk tempat, Kawah Putih terletak di bagian Selatan Kota Bandung Jawa Barat yang berjarak kurang lebih 46 kilometer dengan waktu tempuh sekita 2-2,5 jam dari pusat kota Bandung. Tepatnya Kawah Putih beralamat di Jalan Raya Soreang KM25 yang dapat dicapai mudah jika anda menggunakan kendaraan pribadi.

Lokasi ini tidak jauh dari Situ Patenggang. Jika anda dari Jakarta, anda bisa menggunakan jalur tol Cipularang dan keluar dai pintu tol Kopo. Darisana anda menuju ke soreang dan berkendara di bagian Selatan Ciwidey. Selain itu, banyak transportasi umum yang siap mengantarkan anda hingga ke gerbang Kawah Putih. Bila anda menggunkan transportasi umum, anda bisa naik Ankot Leuwi Panjang ke Terminal Ciwidey. Dari terminal Ciwidey, anda bisa naik Angkot yang menuju Situ Patenggang dan turun di depan Gerbang Kawah Putih.

Dahulu sebelum Kawah Putih dibuka untuk masyarakat umum, setelah terjadi letusan Gunung Patuha, masyarakat sekitar percaya bahwa Kawah Putih adalah tempat yang angker dan penuh misteri. Hal itu dikarenakan banyak burung yang mati saat melintasi area Kawah Putih.

Namun, pada tahun 1837, Dr. Franz Wilhelm Junghun, seorang ilmuwan dari Jerman membantahnya. Akhirnya dia melakukan penelitian dan menemukan fakta bahwa burung mati diakibatkan semburan lava belerang. Karena kadar belerang yang sangat tinggi, Belanda mendirikan pabrik belerang bernama Zwavel Ontgining. Kemudian, usaha itu diteruskan Jepang dengan nama Kenzanka Gokoya Ciwidey. Lalu pada tahun 1987, PT.Perhutani III Jawa Barat, Banten mulai membuka tempat wisata ini sebagai sarana objek wisata.

Kawah putih merujuk pada tanah yang notabene berwarna putih. Warna putih tersebut timbul akibat belerang bercampur dengan unsur-unsur lainnya. Kawah Putih ini terletak di dataran tinggi kawasan pegunungan, tepatnya sekitar 2400 dpml. Karena terletak di dataran tinggi, suhu udara di Kawah putih sangatlah dingin. Suhu di kawasan ini adalah 8 hingga 22 derajat Celcius.

Tempat wisata Kawah Putih sebenarnya adalah danau kawah yang berasal dari gunung Patuha. Disana terdapat dua kawah yaitu Kawah Saat yang terletak di bagian barat dan Kawah Putih yang terletak di bawahnya. Kedua kawah tersebut terbentuk akibat letusan Gunung Patuha pada abad ke 10 dan 12.

Danau Kawah putih memiliki keunikan yaitu air danau yang bisa berubah-ubah.

Kadang-kadang air kawah berwarna hijau apel, warna kebiru-biruan jika cuaca cerah atau terkena pantulan sinar matahari, coklat susu, dan yang paling sering adalah warna putih dengan kabut tebal diatasnya. Ketika kandungan belerang menguat, air danau akan menjadi pekat, dan warna danau pun akan berubah menjadi putih.

kawah putih

Jika kadar belerang cukup tinggi, aroma belerang yang tercium pun akan sangat menyengat. Kondisi di kawasan Kawah putih akan sangat dipengaruhi oleh intensitas hujan dan cuaca sekitar. Jika intesitas hujan tinggi, kadar belerang akan menurun. Saat intensitas hujan rendah, konsentrasi dan kadar belerang danaupun akan menurun.

Karena pemandangannya yang sangat indah, tempat wisata ini sering dijadikan tempat foto pra-wedding, background fotografi, melukis, dan film. Salah satu film yang menjadikan Kawah putih sebagai lokasi syuting adalah film “Heart”. Keunggulan lainnya kawan putih berbeda dengan objek wisata lainnya yang hanya menawarkan 1 objek keindahan, tempat ini memiliki objek dan lingkungan yang khas. Tak hanya kawah, Kawah putih juga menawarkan keindahan pemandangan tebing yang hijau dan pohon-pohon mati yang cantik dan juga eksotis.

kawah putih

Bahkan kini pengelola Kawah putih baru saja membuka fasilitas dermaga Apung atau Dermaga Ponton dengan panjang 50 meter dan lebar 2 meter. Dermaga ini terletak di tengah-tengah danau vulkanik dengan lanskap Gunung Patuha. Dermaga ini menjorok dari pinggir danau ke pulau kecil yang menyembul di tengah-tengah danau.

Dermaga tersebut dapat mengapung karena terdapat drum pastik di sisi bawahnya yang berguna sebagai pelampung. Kemudian, setiap sisi jembatan ditahan dengan tambang. Ketinggian jembatan akan tergantung pada tinggi permukaan air. Oleh karena itu, jembatan ini akan turun pada musim kemarau dan naik pada musim hujan.

Selain dijadikan ajang keromantisan, kawasan ini juga sering dijadikan ajang kegiatan menantang seperti berkuda dan hiking. Kemudian, karena telah dijadikan sebagai kawasan wisata, Kawah putih memiliki fasilitas yang cukup memadai diantaranya area parkir yang luas, mushola, restoran dan warung makan, pusat informasi, transportasi dari gerbang sampai ke kawah, dan juga toilet. Harga tiket masuk pada hari biasa maupun hari libur sama yaitu Rp15.000/orang.

Sedangkan untuk harga karcis parkir kedaraan berbeda-beda. Harga karcis parkir mobil di bagian atas adalah Rp15.000, parkir motor di bagian atas Rp35.000, parkir mobil di bagian bawah Rp6000, parkir motor di bagian bawah Rp.5000, parkir bus di bagian bawah Rp25.000, dan ontang-anting adalah Rp13.000.

Yang dimaksud dengan parkir atas adalah membawa kendaraan hingga ke lokasi kawah. Namun, bus tidak bisa di parkir diatas. Sedangkan yang dimaksud dengan parkir di bagian bawah adalah anda memarkirkan kendaraan di gerbang masuk kemudian naik ontang anting menuju kawah.

kawah putih

Ontang-anting adalah kendaraan antar jemput dari gerbang masuk ke lokasi kawah. Dalam bahasa Sunda, ontang anting berarti mondar-mandir. Kendaraan ini berupa mini bus yang telah dimodifikasi terbuka dan juga dilengkapi dengan pengaman. 1 ontang-anting memiliki kapasitas untuk 12 orang. Namun, anda tidak usah khawatir mengantri dan tidak dapat ontang-anting, kendaraan ini banyak disediakan oleh pihak pengelola Kawah Putih.

Jika anda ingin menginap, anda bisa menemukan penginapan yang dekat dengan Kawah Putih. Terdapat beberapa tempat penginapan diantaranya Patuha Resort, Ciwidey Valley Resort, Hotel Kampung Strawberry, dan Penginapan MS. Beberapa penginapan lainnya yang dapat anda gunakan adalah Cimanggu Cottage Ciwidey di Jalan Raya Ciwidey KM13, Saung Gawir di Jalan Raya Ciwidey Rancabali KM05, dan Villa Patengan di Jalan Raya Ciwidey, Rancabali. Untuk tarif, penginapan-penginapan tersebut membandrol harga mulai dari Rp300.000 hingga Rp1.000.000 tergantung tipe dan fasilitas kamar.

Ada beberapa tips agar dapat mengunjungi Kawah Putih dengan nyaman. Anda harus membawa masker karena terkadang bau belerang sangat menyengat. Jika anda tidak membawanya, anda bisa membeli di tempat dengan harga Rp10.000. Kemudian, berangkatlah ke Kawah Putih pada musim kemarau yaitu Februari-Oktober. Pada musim hujan, terkadang Kawah Putih tertutup kabut yang cukup tebal. Usahakan juga membawa kendaraan pribadi berupa motor pada weekend atau long weekend karena kemacetan disana cukuplah panjang dan memakan waktu yang lama.