Serunya Liburan Keluarga di Floating Market Lembang

Floating Market Lembang

Selain area Ciwidey, area Lembang di Bandung pun merupakan tempat yang memiliki sejuta pesona yang menarik untuk dijelajahi dan di eksplorasi. Tidak heran mengapa banyak destinasi wisata yang bermunculan di daerah Lembang ini. Ada suatu destinasi wisata di Lembang yang cukup populer karena menyajikan konsep yang berbeda dengan tempat wisata lainnya. Namanya Floating Market. Dan minggu kemarin saya pun kembali menikmati serunya liburan keluarga di Floating Market Lembang.

Floating Market Lembang melakukan perpaduan antara nuansa alam pegunungan Lembang yang indah dan mempesona dengan pasar terapung tradisional seperti di Langkat Sumatra Utara, Sungai Kuin Banjarmasin, dan Bangkok Thailand.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Floating Market Lembang cukup lengkap dan baik. Hal ini akan membuat pengunjung nyaman dalam menikmati wisata Floating Market Lembang. Uniknya setiap transaksi, fasilitas, dan wahana di Floating Market Lembang menggunakan koin khusus atau mata uang peng yang dibeli terpisah. Dimana nominal Rp5000 untuk koin kuning, Rp10.000 untuk koin biru, Rp50.000 untuk koin pink, dan Rp100.000 untuk koin orange. Hal yang perlu diingat adalah koin yang telh anda beli tidak bisa diuangkan kembali. Namun, koin ini dapat anda bawa pulang dan dipakai dalam kunjungan selanjutnya.

Floating Market Lembang

Setelah memiliki koin, para pengunjung Floating Market Lembang akan merasakan sensasi berbelanja diatas perahu terapung. Disana, anda bisa membeli makanan tradisional khas Jawa Barat dan makanan khas sunda lainnya. Bedanya dengan pasar terapung di tempat wisata lainnya, Floating Market Lembang tidak menjajakan bahan-bahan makanan yang dijual di pasar terapung lainnya. Konsep pasar terapung Floating Market Lembang mengusung konsep pariwisata bukan konsep perdagangan. Kemudian, anda tinggal menghampiri perahu diatas danau yang menjajakan makanan yang anda inginkan.

Floating Market Lembang

Kemudian, disekitar danau, akan disediakan gazebo untuk tempat bersantai yang nyaman bersama keluarga anda. Floating Market Lembang akan menyewakan gazebo-gazebo kepada para pengunjung dengan harga Rp65.000 per-jam. Disekitar gazebo, anda akan disuguhkan pemandangan pesawahan dan kolam renang mini. Ini merupakan pemandangan yang sungguh menyegarkan mata. Selain itu, anda juga bisa memberi makanan kepada kelinci, angsa, dan ikan yang ada disekitar gazebo.

Floating Market Lembang menyediakan wahana permainan untuk anak-anak dan dewasa. Di Floating Market Lembang, terdapat wahana permainan yang akan membuat anda dan akan-anak senang dan terhibur. Terdapat tempat fauna, kampong leuit, Kereta Api Mini, Pancing Magnet, dan Taman Miniatur Keresta Api. Tempat wisata ini juga menyediakan perahu air, kereta air, dan outbond yang cukup membuat agrenalin anda teruji.

Floating Market Lembang

Terdapat wahana Water Cycle atau Sepeda Air. Di wahana ini anda bisa mencoba sensasi menyusuri danau dengan menggunakan perahu yang dikayuh oleh kaki sendiri. Anda bisa merasakan sesasi sejuknya alam di tengah-tengah gemericik air dalam waktu durasi setengah jam. Jika anda menginginkan perahu yang muat untuk anda dan keluarga, anda bisa menyewa dinghy. Selain itu, masih banyak wahana yang bisa anda coba untuk menciptakan keriaan di kawasan danau. Anda bisa menaiki wahana kereta air yang akan mengajak anda mengelilingi danau dengan suasana yang menyenangkan.

Floating Market Lembang menyediakan wahana permainan untuk anak-anak dan dewasa

Ada juga wahana di darat yang digemari oleh anak-anak dan orang dewasa. Taman Miniatur Kereta akan menyediakan wahana yang hidup dan lengkap. Wahana ini berada di lahan seluas 2 hektar yang akan memberikan edukatif, merangsang kreatifitas, dan sangat menginspirasi anda dan anak-anak anda. Di wahana ini, anak-anak akan diajak mengenal miniature dan memorabilia yang berhubungan dengan kereta. Anda dan anak-anak akan menyaksikan hal-hal yang berhubungan dengan kereta, seperti rel, stasiun kereta, menara pengawas, terowongan, dan suasana yang bisa disaksikan lewat jendela seperti pegunungan, lembah, dan lain-lain.

Rumah Joglo juga merupakan fasilitas yang wajib dikunjungi jika anda berlibur di Floating Market Lembang. Sementara orang dewasa bersantai di Gazebo atau Rumah Joglo, anak-anak bisa mengambil paket bercocok tanam yang merupakan media belajar yang sangat edukatif. Selain itu, di Floating Market Lembang, Anda juga bisa membeli miniature kereta untuk dijadikan buah tangan.

Wahana Terbaru di Floating Market

Ketika saya kesana, ternyata ada perluasan lahan yang semakin memanjakan pengunjung. Nama spotnya adalah Rainbow Garden dan Kota Mini. Rainbow Garden adalah sebuah konsep penghijauan dengan ratusan budidaya bunga yang terhampar cantik dan membentuk sebuah taman bunga berwarna-warni. Anda bisa mengunjunginya dengan tiket masuk 10.000/orang.

Sementara, Kota Mini adalah sebuah lokasi yang cocok bagi Anda yang menyukai nuansa pedesaan di Eropa. Bangunan-bangunan tua berwarna-warni dibangun disana lengkap dengan atribut ala Europe seperti Kantor Pos, Sekolah, Kursus Memasak ala Eropa, lengkap dengan kostum Eropa yang bisa anda sewa. Anda bisa puas berfoto disana dan merasakan sensasi berlibur ke Eropa.

Dan yang terakhir, untuk anda menyukai alam yang bernuansa oriental seperti di Jepang, anda juga bisa mencoba wahana Kyotoku yang tersedia di Floating Market Lembang. Di wahana ini, anda bisa menyewa kostum kimono khas Jepang dengan tempat berfoto yang menarik, seperti objek bebatuan yang dipahat secara apik, aneka tanaman, dan suara gemericik air dan air terjun. Perpaduan antara objek-objek ini akan menciptakan sebuah simfoni dan suasana bak di zaman ratusan silam sebelum alam terjamah oleh tangan-tangan manusia. Wahana ini juga bagus untuk dijadikan spot foto.

Akomodasi

Untuk harga tiket masuk Floating Market Lembang cukup murah karena hanya Rp.15.000 per-orang. Untuk hari biasa yaitu Senin sampai Jumat, Floating Market Lembang buka dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Sedangkan untuk akhir pekan yaitu Sabtu sampai Minggu, tempat wisata ini buka dari pukul 09.00 hingga 20.00 WIB. Selain itu, anda dapat menukarkan tiket masuk ini dengan minuman ringan yaitu hot chocolate, lemon tea, atau hot cappuccino. Untuk tiket parkir mobil, harga berkisar Rp30.000. Sedangkan harga tiket parker motor adalah Rp5000.

Kemudian, untuk fasilitas dan wahana permainan yang lainnya juga cukup murah. Harga tiket untuk wahana permainan outbond anak adalah Rp25.000 per-anak, taman kelinci Rp20.000, Taman Miniatur Kereta Api Rp20.000, Lokomotif Mini Rp25.000, Becak dan Mobil Mini Rp20.000, Mancing Magnet Rp20.000, Kampung Kandang Rp20.000, Jasa Penyebrangan Danau Rp1000, Kereta air Rp20.000 per-orang dengan waktu 20 menit, Paddle Boat Rp30.000 per-orang dengan waktu 30 menit, Sepeda air Rp50.000 per-sepeda dengan waktu 30 menit, Sampan Rp70.000 per-sampan dengan waktu 30 menit, dan Kano Rp50.000 per-kano dengan waktu 30 menit.

Akses

Sebenarnya akses ke Floating Market Lembang cukup mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau angkot atau juga kendaraan pribadi. Jika anda menggunakan kendaraan umum, anda bisa naik angkot Margahayu Ledeng, Abdul Muis- Ledeng dan kemudian bisa dilanjutkan dengan naik angkot Ciroyom-Lembang dan St Hall-Lembang. Jika nada menggunakan kendaraan pribadi, akses menuju Floating Market Lembang cukup mudah. Anda bisa melewati jalan Setiabudi Ledeng dan Lembang. Anda harus melewati Pasar Lembang dan berputar ke jalan yang mengarah ke Bandung lagi. Kemudian, anda akan melewati Jalan Grand Hotel Lembang dan lokasi Floating Market Lembang adalah disebelah kiri. Alamat lengkap Floating Market Lembang adalah Jl. Grand Hotel No. 33 E Lembang.

Makanan

Beberapa jenis makanan yang tersedia di Floating Market Lembang adalah makanan berat dan makanan ruingan seperti otak-otak, duren bakar, jamur bakar, jagung bakar, baso tahu, siomay, tahu lembang, colenak, sosis bakar, surabi, dimsum, dan masih banyak lagi makanan lainnya. Untuk makanan ringan, penjual kuliner di Floating Market Lembang meberikan harga mulai dari Rp5000. Sedangkan untuk makanan berat, harga yang diberikan cukup mahal yaitu sekitar Rp36.000 per-porsi. Total jumlah perahu yang menjual makanan di Floating Market Lembang adalah 46 buah.

Hal yang memudahkan anda untuk membeli makanan adalah perahu ditata dengan rapi. Selain menyediakan tempat kuliner diatas perahu terapung, Floating Market Lembang juga menyediakan tempat kuliner bernuansa pesawahan dan Resto. Tempat kuliner ini menyajikan makanan khas Indonesia, Asia, dan bahkan Eropa. Hal ini akan menambah cita rasa dalam berlibur di Floating Market Lembang.

Apakah anda tertarik untuk berlibur ke Floating Market Lembang? Jangan lewatkan Floating Market Lembang jika anda berlibur ke Bandung bersama keluarga dan teman-teman. Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini baik di hari libur maupun hari biasa agar suasana lebih hening dan nyaman. Jangan lupa juga mempromosikan tempat wisata Indonesia ke mancanegara.