Wisata Bumi Perkemahan Rancaupas – Bandung

bumi perkemahan rancaupas

Wisata Bumi Perkemahan Rancaupas – Bandung cocok sekali bagi anda yang menyukai kegiatan outdoor atau kegiatan di alam terbuka. Bumi Perkemahan Rancaupas adalah salah satu tempat camping favorit untuk merasakan sensasi alam bebas di kawasan Bandung. Tempat wisata ini berada di ketinggian 1700 meter diatas permukaan air laut. Tak heran mengapa tempat ini cocok dan segar dengan suhu 18-23 derajat celcius.

Bumi Perkemahan Rancaupas memiliki luas 215 hektar yang terdiri akan pebukitan dan hutan alami. Ditumbuhi oleh berbagai jenis tubuhan seperti Pohon Pasang, Kurai, Hamirung, Kihujan, Kitambang, Huru, Jamuju, dan Puspa. Sementara hewan yang ada di Bumi Perkemahan Rancaupas adalah elang, surili, gagak, dan burung tekukur.

Bumi Perkemahan Rancaupas sering dijadikan tempat pelatihan untuk komunitas yang ada di kawasan Bandung. Kegiatan perkemahan juga sering dilakukan oleh lembaga pendidikan mulai dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Selain letak geografisnya yang memungkinkan, Bumi Perkemahan Rancaupas juga mendukung penggiat alam berlatih survival di alam bebas. Selain itu, mereka juga bisa berlatih navigasi di alam bebas.

bumi perkemahan rancaupas

Masalah fasilitas, fasilitas utama di Bumi Perkemahan Rancaupas adalah Smart Camp Adventure. Fasilitas ini adalah kawasan camping yang sangat luas dengan kapasitas mencapai 10.000 orang. Anda bisa leluasa dan bebas untuk memilih spot berkemah di tempat ini. Fasilitas ini biasanya digunakan untuk para pencinta alam mendirikan tenda, berkemah dan berlatih. Selain cocok untuk para pencinta alam berlatih, Bumi Perkemahan Rancaupas juga cocok untuk tempat berlibur yang nyaman dan menyenangkan. Bumi Perkemahan Rancaupas ini memiliki tempat pemandian air panas yang luas. Disini juga terdapat Waterboom ciwidey yang dibangun pada tahun 2010.

Selain itu, Bumi Perkemahan Rancaupas juga menyediakan wahana permainan menegangkan seperti Flying Fox, Cargo Net, Water Ball, dan Shake Stairs. Area Tegal Kawani adalah area outbond yang berada satu tempat dengan penangkaran rusa. Anda juga bisa merasakan sensai naik ATV di Bumi Perkemahan Rancaupas ini. Bahkan, ada satu pohon besar di Bumi Perkemahan Rancaupas yang dijadikan rumah pohon untuk tempat bermain. Jika anda datang bersama keluarga dan teman-teman anda pasti tidak akan bisa berpetualang dan mencoba berbagai wahana di Bumi Perkemahan Rancaupas.

Adanya penangkaran rusa juga merupakan salah satu daya tarik Bumi Perkemahan Rancaupas ini. Di tempat wisata ini, anda bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa yang lucu dan menggemaskan. Rusa-rusa ini berasal dari Kebun Binatang Ragunan di Jakarta akan dilepas bebas dalam area yang cukup luas. Rusa-rusa ini berjenis Rusa Jawa yang berwarna coklat kemerahan dengan leher, pantat, dan kaki yang lebih terang. Telinganya kedepan dan ekornya pendek. Bumi Perkemahan Rancaupas ini memelihara 11 ekor rusa diantaranya betina yang telah melahirkan beberapa ekor bayi rusa.

bumi perkemahan rancaupas

Pastikan anda membeli sekantong wortel sebelum memasuki penangkaran rusa ini. Rusa-rusa akan menghampiri anda dan senang ketika anda memberi makan mereka dengan wortel. Harga sekantong wortel adalah Rp5000 saja. Sistem pembelian wortel juga cukup unik karena tidak aja yang menjaga wortel-wortel tersebut. Selain itu, Bumi Perkemahan Rancaupas juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang menunjang kehidupan sehar-hari seperti masjid dan WC umum.

Tarif untuk masuk ke Bumi Perkemahan Rancaupas cukup murah hanya Rp10.000 per-orang. Jika anda membawa mobil, biaya akan ditambah Rp5000. Sedangkan jika anda membawa sepeda motor, anda harus menambah Rp2000.

Jika anda berencana untuk berkemah di Bumi Perkemahan Rancaupas, persiapan yang dilakukan haruslah matang. Tentu saja anda harus membawa tenda dan peralatan berkemah lainnya. Anda perlu membawa obat-obatan, air minum, kompor portable, bahan makanan, jaket, senter, dan perlatan lainnya. Jika anda tindak ingin repot, Bumi Perkemahan Rancaupas akan menyediakan tenda dan perlatan kemah lainnya.

Anda bisa menyewa tenda dengan harga Rp70.000 per-hari untuk kapasitas 4 orang. Sementara untuk tenda dengan kapasitas 10 orang, anda akan merogoh kocek seharga Rp300.000. Tenda yang paling besar memiliki kapasitas untuk 20 orang dengan harga Rp400.000 perharinya. Selain itu, perlengkapan outdoor seperti lampu petromax, sleeping bag, dan hingga kayu bakar, bisa anda beli dan sewa disini.

bumi perkemahan rancaupas

Lebih baik anda menyewa tenda daripada membeli tenda atau membawa tenda dari rumah. Kecuali jika anda berpengalaman dalam memasang dan membongkar tenda meruapakan aktivitas yang mengasyikan bagi anda. Anda juga perlu membawa bahan makanan yang cukup dibandingkan membeli makanan disana. Anda juga bisa membawa kompor portable, wajan, dan panci sendiri. Jangan sampai perut anda meronta minta diisi dan pada akhirnya anda tidak bisa menikmati pengalaman berlibur di Bumi Perkemahan Rancaupas. Kemudian, anda bisa membawa bantal, selimut tebal, tikar, dan kasur matras anda sendiri agar tidak pelu menyewa. Anda juga diwajibkan untuk membawa jaket, sweater yang tebal, sandal jepit, dan sepatu bot jika ingin berkemah.

Mengenai hal-hal yang jangan dilakukan di Bumi Perkemahan Rancaupas, anda jangan sekali-kali bermain api di lahan yang kering. Membuat api unggun memang diperbolehkan, namun tidak dengan bermain-main dengan api di lahan kering terutama bagi anda yang merokok. Selain itu, jangan meninggalkan sampah terutama sisa plastic bekas makanan. Apalagi bertindak asusila yang dilarang dalam norma-norma dalam masyarakat. Hormati juga para peserta camping dan berkemah lainnya. Karena pasti mereka berkemah juga menginginkan ketenangan di alam.

Untuk Wahana permainan yang disediakan di Bumi Perkemahan Rancaupas, anda harus mengeluarkan dana terpisah. Harga menyewa sepeda gunung adalah Rp10.000 per-jam, Fun Games Rp47,000, Paint Ball Rp90,000, Buggle Trampolin Rp15,000, Jembatan Goyang Rp15,000, Burma V Rp15,000, Elvis Bridge Rp15,000, dan Flying Fox Rp15,000.

Sedangkan untuk Camping area dan perlengkapan tenda juga memiliki harga terpisah. Harga Booking Area adalah Rp200,000, Tenda Vango (10 orang) adalah Rp350,000, Tenda Roopi (12 orang) adalah Rp350,000, Tenda Charly (5-7 orang) adalah Rp300,000, Tenda Charly (2-3 orang) adalah Rp150,000, Tenda Regu (20 orang) adalah Rp350,000, Tenda Pleton (40 orang) adalah Rp600,000, dan Sleeping Bag adalah Rp20,000.

Untuk masalah akses, Bumi Perkemahan Rancaupas ini terletak 45 kilometer di arah Selatan Bandung. Alamat lengkat dari Bumi Perkemahan Rancaupas ini adalah Babakan Jampang, Cibuni-Ciwidey. Jalur Bumi Perkemahan Rancaupas juga masih serah dengan kawah putih dan Situ Patenggang. Rute perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi adalah lebih baik anda keluar dari tol kopo atau pintu tol Cimahi. Selanjutnya anda bisa menuju kea rah Ciwidey. Namun, hal yang perlu diingat adalah jalan menuju kea rah Ciwidey penuh dengan tanjakan dan kelokan. Pastikan bahan bakar anda cukup dan kendaraan anda dalam kondisi terbaik.

Tidak disarankan untuk datang ke Bumi Perkemahan Rancaupas dengan menggunakan kendaraan umum karena tidak pasti. Namun, jika anda ingin mencoba menggunakan kendaraan umum anda bisa naik bus atau mobil ELF dari terminal Leuwi Panjang yang menuju ke Terminal Ciwidey. Biasanya harga ditarif Rp6000. Dari terminal Ciwidey, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan dengan kendaraan umum dengan kisaran harga Rp10.000.

Demikianlah ulasan mengenai Bumi Perkemahan Rancaupas yang sering menjadi tujuan favorit destinasi wisata di Daerah Ciwidey-Bandung. Anda yang menjalankan kegiatan perkemahan ini, pasti akan merasakan efek positif terutama soal kemadirian dalam menajalani hidup.