Pilihan Spot Diving Terbaik di Alor

Pilihan Spot Diving Terbaik di Alor

Bagi anda yang memiliki hobi diving atau menyelam, menemukan spot baru untuk menyelam adalah salah satu hal yang mengasyikan. Apalagi jika spot diving tersebut dikelilingi oleh panorama yang indah dan terumbu karang yang terawat dengan baik. Jika anda hobi diving dan ingin merasakan sensasi yang berbeda, mengapa tidak mencoba spot diving terbaik di Alor? Alor tidak kalah dengan spot diving terbaik Indonesia seperti Wakatobi, Bunaken, Karimun Jawa, dan Raja Ampat. Ulasan kali ini, saya akan membahas surga bawah laut sebagai pilihan spot diving terbaik di Alor yang wajib diketahui dan dieksplorasi oleh penggila diving.

Saya dan suami berangkat ke Alor sekitar pertengahan bulan Agustus 2017, yang disebut-sebut sebagai salah satu waktu terbaik untuk berangkat ke Alor. Lokasi Alor sendiri adalah di sebelah Timur Flores, Nusa Tenggara Timur. Alor tidak hanya memiliki kekayaan sejarah dan budaya. Alor juga kaya akan keindahan bahari bawah lautnya. Alor memiliki kekayaan surga bawah laut yang sangat mempesona. Saking indahnya, keindahan bawah laut di Alor dijuluki dengan Karibianya Indonesia. Ditambah promosi dari mulut ke mulut membuat Alor cukup diincar oleh diver domestik dan mancanegara.

Di pulau ini, anda bisa mencoba dan menikmati hampir 50 spot penyelaman hingga ke Pulau Pantar. Titik atau spot penyelaman tersebut bervariasi dan cukup sulit dan menantang baik bagi diver pemula maupun professional. Bahkan, 20 titik penyelaman diantaranya terbilang berkualitas dan terbaik di dunia.

Kebetulan kami sudah memiliki diving lisence meski hanya Openwater. Sudah cukup untuk mendapatkan tiket masuk ke gerbang bawah laut Alor yang indah ini. Kami menggunakan jasa trip diving Alor Dive, yang dimiliki oleh Bapak Thomas, seorang berkebangsaan Jerman yang sudah menetap di Alor selama 11 tahun dan menikahi seorang perempuan Alor disana.

Kami mengikuti 2 program yang disediakan Alor Dive, yaitu paket snorkeling 1 hari (300k/ orang) dan paket diving 9x selama 3 hari (3.800.000/orang). Biaya tersebut sudah termasuk penjemputan dari homestay, peralatan menyelam lengkap, aneka snack dan makan siang di kapal.

Sebenarnya ada banyak sekali pilihan dive spot terbaik di Alor yang bisa dijelajahi, namun karena arus Alor yang seringkali kuat, kami harus memilih lokasi yang lebih aman untuk kami selami.

Kebetulan saat itu kami mengisi dive log kami di Bubu, Mutiara, Coral Garden, The Patch, Tritop, Coconut Grove, Pink Forest, Comet Bay, dan Secret Garden. Best spot bagi kami adalah di Bubu Spot, Coral Garden dan Mutiara.

Bubu Spot memiliki karakteristik coral wall dimana banyak terdapat bubu miliki warga yang dipasang disana. Bubu adalah sejenis penjerat iklan tradisional yang terbuat dari bambu. Terumbunya sangat beragam dan berdekatan. Namun arus di Bubu terbilang lumayan keras dan beberapa kali berubah arah sehingga kami harus lebih berhati-hati. Lokasi Spot Bubu Alor berada dekat dengan Pantai Pura yaitu sekitar 2 jam dari Kalabahi. Di spot bubu, kedalaman yang paling menarik untuk dijelajahi adalah sekitar 19 meter. Apabila cuaca cerah, jarak pandang anda adalah sekitar 20 meter. Gradasi yang terbentuk dari sinar matahari dalam air sangatlah cantik.

Mungkin disini akan dibahas beberapa karakteristik spot saja

Di Coral Garden, terumbu karangnya lebih terhampar luas menyerupai kebun koral yang berwarna-warni. Arusnya juga tidak terlalu sulit sehingga kami benar-benar menikmati sesi diving disana. Belum lagi ratusan spot Nemo yang bermunculan. Kadang kami menemukan Headbump dan penyu, serta beberapa Lion Fish.

Masih banyak spot lain di Alor yang jauh lebih menantang dan kami jadikan wishlist kami saat kembali lagi ke Alor. Spot-spot menyelam di Alor diantaranya, Rahim’s Point, Moving Pictures, Eagle Ray Point, No Man’s Land, The Chatedral, The Ball, Trip Top, The Mlai Hall, Nite Delht, Kal’s Dream, Three Coconuts, The Arch, Fallt Line, Nite Delht, Night Snacks, Alor Expree, Rocky Point, Cave Point, Barrel Sponge Wall, Mola-Mola Point, Sharks Reeway, Octopus Garden Never-Never wall, Tuna Channel, Anemone Country, The Edge, Coral Clitts, Baeylon, School’s Ut, Shark Close, Half Moon Bay, Peter’s Prize, Crocodile Rook, Baruna’s Point, Captain’s Choice, dan The Refrigerator.

Perairan di sekitar Selat pantar adalah pertemuan arus antara Laut Banda dan Laut Sawu. Hal inilah yang menjadikan Alor memiliki kenaekaragaman hayati. Yang membuat diver atau penyelam senang menjelajahi Alor adalah pulau ini memiliki banyak biota laut yang beraneka ragam. Selain itu, laut di alor sangatlah bersih dan jernih. Bahkan anda masih bisa menikmati keindahan bawah laut pada malam hari. Pada malam hari, anda bisa melihat fauna atau binatang yang muncul hanya pada malam hari melalui sesi Night Dive.

Dengan air yang jernih dan bening, anda bisa melihat cantiknya biota laut dan terumbu karang dari jarak 40 meter. Tentunya hal ini akan membuat anda dan diver lainnya bersemangat karena akan dikelilingi oleh keindahan bawah laut yang masih terawat dengan baik. Jika anda beruntung, anda bisa bertemu dengan ikan hiu, paus, pari, mola-mola, mantis, dan ikan napoleon. Anda juga bisa menemukan penghuni perairan Alor lainnya seperti ikan-ikan pelagis, nudibranch, penyu, ikan-ikan karang warna warni, Plankton, soft coral, hard coral, dan masih banyak yang lainnya.

Perairan di sekitar Selat pantar adalah pertemuan arus antara

Waktu terbaik untuk diving di Alor adalah sekitar bulan Agustus hingga November. Namun, ada baiknya sebelum anda berangkat menuju spot diving terbaik di Alor, anda menanyakan keadaan dan cuaca terkini. Karena pada bulan-bulan tertentu, udara dingin dari Australia berhembus melewati Alor. Suhu di bawah laut menjadi 5 derajat Celcius yang membuat ikan-ikan mengambang karena kedinginan. Masyarakat pun biasanya berkumpul di sekitar pantai untuk mengambil ikan-ikan tersebut. Pada saat itulah perairan Alor menjadi perlintasan migrasi lumba-lumba, paus, dan orca.

Untuk menjajal spot diving terbaik di Alor, ada baiknya anda menggunakan jasa paket diving yang disediakan oleh beberapa operator. Anda bisa bergabung dengan lembaga diving berpengalaman seperti Alor Dive (www.dive-alor.com), www.divealordive.com, dan www.la-petite-kepa.com.

Kebetulan, kemarin kami menggunakan jasa Alor Dive yang disediakan oleh Mr. Thomas. Beliau menetap di Kalabahi. Anda bisa melakukan reservasi melalui kontak 0813 3964 8148. Tarif dari paket diving ini mulai dari 624.000 / orang, termasuk makan siang, alat diving, dan boat. Mr. Thomas ini baik sekali, mesti sedikit pendiam namun beliau memperhatikan setiap buddy yang dive bersamanya.

Saya ingat saat hari pertama dive dan kaget dengan arus Alor yang kencang, sepanjang penyelaman saya nempel di tangan Mr. Thomas seperti ikan kecil yang berlindung di balik ikan hiu sebagai inangnya, hahaha…

Diving operator di Pulau Alor selanjutnya adalah La Petite Kepa. La Petite Kepa adalah eco resort di Pulau Kepa yang merupakan salah satu pulau kecil di sebelah barat Alor. Ini dikelola oleh Cedric & Ana, asal Perancis yang telah lama menetap di pulau ini. Jika anda mengambil paket penginapan disini, anda juga bisa sambil mengambil diving package di sekitar Pulau Kepa. Anda bisa melakukan reservasi melalui kontak +6281339102403. Tarif per malamnya adalah Rp200.000 hingga Rp500.000.

Ada beberapa hotel dan homestay perlu anda pertimbangkan jika anda berencana menginap di Alor. Di Kalabahi kota, terdapat hotel yang nyaman, diantaranya Hotel Nusa Kenari Indah, Hotel Adi Dharma, dan Hotel Pelangi Indah. Ada juga Pulo Alor Hotel. Hotel ini baru dibuka pada April 2016. Hotel ini menyediakan fasilitas kamar yang nyaman, bersih, dan bagus. Harga per kamar adalah Rp549.000 baik single atau double bed termasuk sarapan dan antar jemput ke bandara. Untuk reservasi anda bisa menghubungi kontak +62 81 339 648 148 atau +62 (0)386 2222663.

Terdapat juga Cantik Homestay, yang kebetulan adalah homestay yang kami tinggali selama seminggu penuh di Alor. Homestay ini tepatnya beralamat di Jl Dahlia No 2, Kalabahi, Kabupaten Alor. Homestay ini diperuntukan untuk keluarga dengan kamar sederhana yang bersih dan tenang. Tarifnya hanya 250.000 / malam sudah termasuk sarapan. Fasilitas yang disediakan adalah AC, TV, dan kamar mandi dalam. Homestay ini juga dapat menyediakan masakan Indonesia atau sesuai permintaan tamu untuk makan malam. Anda bisa melakukan reservasi melalui +62 81 339 648 148 atau +62 (0)386 2222663.

Cantik Homestay ALor

Cantik Homestay ALor

Om Kris, pemilik Cantik Homestay ramah banget. Dia pula yang mencarikan kami sewa motor. Begitu kencangnya prmosi dari mulut ke mulut akan keindahan Alor, tak heran mengapa kapal dari Pulau Komodo dan Bali banyak yang berlabuh untuk menjajal pulau ini. Jika anda memang benar-benar sedang mencari spot menyelam yang menantang, anda wajib memasukan Alor kedalam list tempat diving yang anda akan tuju. Oleh karena itu, segeralah bergabung dengan operator diving di Alor untuk menaklukan spot diving disana.