Manfaat, Resiko, dan Cara Kerja IPL Dalam Dunia Estetika

nuffield-health-laser-hair-removal

Dalam dunia estetika banyak sekali teknik yang dilakukan untuk perawatan kulit. Salah satunya adalah dengan teknik IPL (Intense Pulse Light) teknik ini sekarang ini banyak digunakan dalam bidang dermatologi dengan memanfaatkan spektrum cahaya yang dapat di kendalikan. Beda dengan laser yang juga dikenal dengan teknik cahaya, IPL mengeluarkan spektrum cahaya yang cukup luas dan mencakup area yang besar dengan panjang gelombang yang berbeda. Untuk laser sendiri biasanya menggunakan panjang gelombang dengan warna tunggal dan hanya ditargetkan pada kondisi tertentu (area cakupan lebih kecil dari IPL).

Dalam praktek IPL pasien tidak perlu anestesi atau obat penenang sebelum dilakukan. Spektrum cahaya yang masuk ke kulit tidak akan melukai bagian epidermis. IPL ini juga tidak memiliki efek negatif terhadap jaringan yang ada di wilayah yang mejadi terget. Setelah praktek IPL ini pasien dapat melakukan aktifitas normal kembali dan bisa dilakukan dengan waktu yang sangat cepat prosesnya.

Teknik ini bisa membantu menghilangkan noda akibat kontak dengan matahari yang terlalu lama, bisa menghilangkan bintik usia, melasma jerawat dan tanda tanda penuaan. Pada proses ini sel yang memproduksi melanin akan dihancurkan dan setelah hancur tubuh akan menghasilkan sel baru yang warnanya mirip dengan sel yang sebelumnya. Tak hanya itu, IPL juga bisa membantu menghilangkan bulu yang tidak diinginkan misal di bagian ketiak, wajah kaki dan tangan. Hal ini terjadi dengan proses menghancuran folikel yang menghasilkan rambut.

Bagaimana Cara Kerja IPL?

Sebenarnya teknik IPL ini bisa digunakan oleh siapapun yang telah dilatih dan bisa untuk mengoperasikan mesin IPL. Untuk keselamatan, lebih baik kita memilih teknisi yang sudah tersertifikasi demi ketenangan pasien dan keselamatan. Teknisi disini juga harus mengenali mendalam tentang jenis-jenis kulit pasien. Tidak boleh sembarangan, teknik IPL ini juga harus merupakan saran dari dokter kulit dan harus di evaluasi dulu apakah seorang pasien cocok atau tidak menjalani proses IPL ini. Sebelum menjalani proses ini, wajah akan dibersihkan dahulu dari kotoran yang menempel yang bisa mempengaruhi efektifitas perawatan. Setelah kulit besih, nanti akan dioleskan gel dingin untuk mengurangi rasa terbakar pada kulit. Selain itu, kacamata pelindung juga sangat diperlukan untuk melindungi mata selama perawatan berjalan. Nanti teknisi/ ahli kecantikan akan mengatur intesitas dan panjang gelombang dari mesin selama perawatan berlangsung. Setelah ini selesai, pasien dapat melakukan aktifitas seperti biasanya dengan tetap harus menghindari cahaya matahari sementara waktu.

Apa Resiko IPL?

Resiko yang disebabkan IPL ini terbilang ringan seperti kemerahan pada kulit yang bisa sembuh dalam beberapa hari setelah pengobatan. Kemudian biasanya ada rasa panas dan terbakar yang lumayan ringan dan dapat ditangani dengan gel biasanya. IPL ini juga bisa sampai menyebabkan kulit melepuh atau bercak putih di kulit.

Manfaat IPL

  1. Menghilangkan Bulu di Bagian Tubuh yang diinginkan

Untuk kaum pria biasanya bulu ini dilambangkan sebuah tanda maskulin. Namun untuk wanita hal ini bisa sangat membantu, bulu-bulu yang tumbuh di sekitar kulit dirasa membuat kulit terlihat lebih gelap dan kusam. Dengan teknik IPL ini pertumbuhan rambut di kulit akan diperlambat bahkan akan terhenti. Biasanya teknik ini di lakukan di bagian ketiak, kaki, tangan bahkan daerah bikini.

  1. Menghapus noda penuaan

Noda penuaan tentu mengganggu dan menghilangkan rasa percaya diri. Setiap manusia tentuk menginginkan wajah bersih dan tanpa noda serta bercahaya. Dengan teknologi IPL ini kamu bisa menghapus noda hitam di wajah dan menjadikan kulit terlihat lebih cerah dan bebas noda.

  1. Menghilangkan Jerawat

Teknik IPL ini juga berfungsi untuk menghilangkan jerawat dan pori-pori besar. Lakukan perawatan ini sampai 5-8x.

  1. Peremajaan Kulit

Cahaya yang dipancarkan oleh mesin ILP ini mampu merangsang pertumbuhan pada kulit. Sehingga kulit yang terlihat tua akan terlihat lebih fresh kembali. Hal ini bisa dicapai dengan 6-8x perawatan.

  1. Menghilangkan Kerutan Kulit

Kerutan sangat mengganggu karena akan terlihat lebih tua dari umur yang kita miliki. Salah satu cara menghilangkan kerutan ini dengan teknik IPL yang menyamarkan garis halus sehingga kulit menjadi lebih kencang dan halus.

Itulah berbagai ulasan mengenaik teknik  IPL. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi untuk pengambilan keputusan untuk melakukan teknik ini atau tidak.