Manfaat, Efek Samping, dan Cara Kerja Laser Rejuvenation

laser rejuvenation

Tanda-tanda penuaan, jerawat dan flek memang suatu hal yang sangat mengganggu penampilan apalagi untuk kaum hawa yang sangat menjaga penampilannya. Banyak dari kita yang mencoba berbagai teknik kecantikan salah satunya laser.  Laser memang sudah sangat lama dikenal sebagai teknologi kecantikan dan kesehatan yang banyak sekali menfaatnya.

Laser ini banyak sekali manfaatnya  diantaranya dapat menghilangkan pigmentasi pada kulit,  untuk mengencangkan wajah, mengencangkan bagian kulit tubuh, menghilangkan bulu badan dan wajah, melangsingkan badan, mengatasi problem jerawat, pemancungan hidung, menghilangkan keriput dan masih banyak lagi.

Selain jerawat dan pigmentasi, penuaan dini merupakan hal yang sangat ditakutkan oleh sebagian besar orang. Penuaan dini menjadi hal yang sangat menakutkan terutama bagi kaum wanita. Dengan hal ini, semakin banyak orang yang memilih laser untuk rejuvenation untuk meningkatkan kekenyalan kulit.

Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan selain laser misal dengan cream-cream kecantikan atau bahkan bahan yang alami. Namun kebanyakan orang memang lebih memilih cara yang lebih cepat untuk hasil yangt diinginkan.

Laser tidak bisa sembarangan dilakukan, harus dengan pengawasan ahli. Selain untuk perawatan saat laser, juga membutuhkan perawatan pasca laser. Pada masa penyembuhan, pasien biasanya tidak diperbolehkan berada di bawah sinar matahari agar kulit tidak infeksi.

Sinar laser sendiri bisa membuat luka di kulit bahkan peradangan akibat panasnya sinar laser tersebut. Peradangan kulit ini diperlukan untuk merangsang keluarnya asam aminopeptide yang akan memberi sinyal pada sel untuk melakukan regenerasi kulit.

Laser bisa dilakukan oleh segala usia, anak-anak sekalipun boleh melakukan terapi laser ini misal untuk menghilangkan tanda lahir di kulit.

TERAPI LASER REJUVENATION

Terapi laser rejuvenation bermanfaat untuk mempertahankan keremajaan kulit, mencegah penuaan dini. Ada beberapa area kulit yang bisa diobati dengan menggunakan laser rejuvenation. Perawatan ini bisa dilakukan kulit wajah, kaki, lengan, batang tubuh dan tangan.

Penampilan kulit wajah kita memiliki dampak yang besar pada seberapa menarik penampilan kita. Kulit wajah yang halus dan keriput membuat kita terlihat muda dan sehat. Pada dasarnya, peremajaan kulit laser dilakukan dengan memproyeksikan sinar laser ke noda kulit yang diobati. Energi yang diberikan menyebabkan sel-sel bermasalah memanas dan memecah menjadi zat yang kemudian bisa diserap dan dibuang melalui aliran darah.

Seperti banyak perawatan (medaesthetic dan lain-lain) yang menjalaninya mungkin mengakibatkan beberapa ketidaknyamanan. Ini adalah efek samping normal yang mungkin tak terelakkan meski keparahannya bervariasi dari satu individu ke orang lain (bahkan dari satu sesi pengobatan ke sesi lainnya). Efek samping peremajaan kulit laser semacam ini bisa membengkak, gatal, kulit tampak lebih terang (kulit baru yang sudah kurang terkena sinar matahari), area kulit merah muda atau merah.

Efek samping ini relatif ringan dan mudah diatasi. Pasien akan diinstruksikan oleh staf klinik medaesthetic untuk langkah-langkah apa yang harus diambil, sering melembabkan misalnya menggunakan tabir surya spektrum luas, menerapkan salep (seperti petroleum jelly), kadang-kadang icepacks dan tindakan lainnya.

Seberapa Aman Laser Rejuvenation?

Karena efek samping peremajaan kulit laser hampir tidak signifikan dan komplikasi sangat jarang perawatan ini dianggap sangat aman. Penting untuk menjalani perawatan semacam di klinik yang dikenal dengan staf berkualitas dan peralatan berkualitas tinggi, seperti mesin medaesthetic yang diproduksi oleh produsen terkemuka seperti SharpLite. Memilih praktisi atau peralatan berkualitas rendah dapat mengakibatkan komplikasi seperti luka bakar, jaringan parut, perubahan pigmentasi kulit dan bahkan infeksi bakteri.

Bagaimana Tahapan Laser Wajah?

Laser wajah merupakan hal yang serius maka dari itu kita harus melewati tahapan demi tahapan dengan baik. Ini dia tahapannya :

  1. Tahapan Persiapan

Taapan persiapan ini sebetulanya mudah sekali. Kita perlu membersihkan wajah dari segala macam kotoran. Cucilah wajah dengan pembersih wajah yang cocok untuk kita sampai bersih. Wajah harus benar benar dalam keadaan bersih sesaat sebelum melakukan laser.

  1. Proses Penyinaran

Proses penyinaran ini baiknya dilakukan oleh dokter ahli dermatologi. Untuk berapa lama proses penyinaran ini akan disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing. Durasi penyinaran ini diperoleh dari hasil diagnosa oleh dokter. Proses laser ini biasanya diawali dari bagian dahi, karena bagian ini lah yang paling sensitif dan paling gampang mengalami kerutan/ jerawat. Setelah bagian dahi beres, tahapan selanjutnya adalah ke bagian pipi, pada bagian ini penyinaran berfungsi untuk menyamarkan flek-flek hitam di wajah dan merapatkan pori-pori kulit. Tak hanya itu, banyak dari pasien biasanya mereka mengangkat tahi lalat yang biasanya dianggap mengganggu penampilan. Setelah bagian pipi selesai biasanya dilanjutkan dengan berbagai keluhan pasien yang lainnya seperti leher, bagian lengan dan bahkan bisa juga punggung.

Apabila semua tahapan telah selesai tahapan selanjutnya ialah alat laser wajah ini kembali disinarkan ke bagian tubuh untuk mengencangkan kulit.

Itulah sekilas pembahasan mengenai laser rejuvenation. Semoga bermanfaat.