Kelebihan dan Kekurangan Cream Berbentuk Gel (Jelly Cream)

jelly krim

Beragam merk kosmetik dan homecare (skincare) yang masuk ke masyarakat saat ini semakin bertambah. Perkembangannya yang pesat membuat calon konsumen memiliki banyak pilihan. Mungkin bisa jadi mereka akan kebingungan untuk memilih produk yang cocok dengan karakteristik kulit wajah mereka.

Memilih kosmetik memang bukan hanya perkara mahal tidaknya harga. Faktor  jenis kulit dan kecocokan dengan kulit wajah juga wajib menjadi perhatian. Formula/bahan aktif terbaik pun tidak akan menjamin memberikan manfaat yang sama besarnya terhadap kulit wajah yang berbeda jika tidak tepat dengan jenis kulit mereka.

Formula kosmetik dan kosmedik yang beredar di pasaran pada umumnya berbentuk krim, gel, dan losion. Lantas, apa sajakah perbedaan dari ketiga formula tersebut?

Kosmetik / Homecare Berbentuk Krim

Tekstur yang berbentuk krim biasanya terdiri dari komposisi minyak yang cukup banyak. Oleh sebab itu, formula yang satu ini cocok digunakan oleh Anda yang memiliki kulit wajah normal atau kering. Kulit wajah yang kering akan terasa lebih lembap dan tidak mudah kusam jika dirawat dengan kosmetik bertekstur krim yang tepat. Tekstur krim memang paling banyak ditemukan dan lebih disukai penggunanya karena dianggap mudah diaplikasikan pada wajah serta cepat meresap ke pori-pori kulit.

 

Kosmetik / Homecare Berbentuk Lotion

Masyarakat awam sering kebingungan membedakan tekstur krim dan lotion. Sekilas keduanya memang tampak sama, namun sebenarnya komposisi kedua jenis pelembap ini berbeda. Lotion bertekstur lebih cair dibandingan cream. Lotion tetap memiliki kandungan minyak, meskipun tidak sebanyak kandungan minyak pada krim. Oleh sebab itu, lotion lebih cocok digunakan oleh mereka yang memliki kulit normal atau cenderung berminyak. Sementara untuk orang yang kulit wajahnya kering, pelembap berbentuk lotion tak cukup ampuh untuk memberi kelembaban maksimal.

 

Kosmetik / Homecare Berbentuk Gel

Pelembap berbentuk gel merupakan kebalikan dari tekstur krim, karena terdiri dari kandungan air yang lebih banyak sehingga lebih cocok untuk kulit wajah berminyak. Kandungan airnya yang tinggi akan menetralkan minyak yang terdapat pada wajah. Hasilnya, wajah pun jadi lebih bersih dan segar. Kelebihan dari kosmetik yang bertekstur gel ini adalah non komedogenik, dimana kandungan akan cepat meresap ke lapisan bawah kulit dan tidak akan menyumbat pori-pori.

Dan akhir-akhir ini, homecare bertekstur gel semakin banyak beredar dipasaran. Diklaim lebih cepat meresap ke dalam kulit, tekstur gel ini menjadi booming sebagai cream pemutih yang bisa membuat kondisi kulit lebih kenyal dan glowing.

Sebelum anda menggunakan produk skincare bertekstur gel ini, ada baiknya anda mengetahui kelebihan – kelebihannya :

  1. Teksturnya ringan

Karena tekstur gel sebagian besar terbentuk dari air, menyebabkan ia memiliki karakteristik ringan di kulit sehingga sangat cepat terserap oleh kulit. Tekstur gel tidak akan meninggalkan minyak berlebih sehingga jarang menimbulkan komedo.

  1. Memilik kemampuan yang baik dalam menghidrasi kulit

Dengan kandungan air yang tinggi di dalam komposisinya, tentu saja pelembab berbentuk gel sangat baik untuk mencegah masalah kekeringan pada kulit. Menggunakan produk bertekstur gel ini mampu membantu kulit wajah yang kering terhidrasi kembali.

  1. Sensasi segar dan tahan lama

Tekstur gel terkadang memberikan sensasi rasa lebih dingin daripada tekstur cream sehingga kulit akan terasa lebih segar dalam jangka waktu lama. Inilah yang menyebabkan tekstur gel ini sangat cocok digunakan pada kondisi panas atau udara kering.

  1. Sangat baik dipakai oleh kulit berminyak maupun kering.

Jika pelembab bertesktur gel ini baik digunakan oleh kulit kering karena dapat menghidrasi kulit dengan baik, pelembab berbentuk gel ini cocok digunakan bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Tekstur yang mudah meresap membuat kulit tidak berminyak secara berlebihan.

  1. Sebagai highlighter

Tidak hanya melulu sebagai pelembab kulit, pelembab gel juga bisa digunakan sebagai highlight, sehingga dapat memberikan hasil riasan yang terlihat lebih “glowing”. Triknya mudah, cukup pulaskan sedikit produk ini di atas riasan terutama pada area tulang pipi, lekukan hidung, dan dahi.

 

Di Egyptian Beauty Skin , produk-produk homecare memiliki pilihan tekstur krim dan gel sehingga semua orang tetap mendapatkan perawatan dengan jenis kosmetik yang tepat dengan jenis kulitnya.

03. Essential Anti Aging Gel Serum11 Essential Acne Prone Gel Serum10. X-tra white serum