Bagaimana Cara Menggunakan Sabun dan Toner Wajah Dengan Benar ??

cara mencuci wajah

Hal yang sangat penting dalam perawatan wajah tentunya adalah tahap awal yaitu pembersihan wajah/ cleansing. Kamu pasti tidak akan pernah mendapatkan kulit yang kamu inginkan bila cara pembersihan wajah kamu juga kurang tepat. Dalam hal pembersihan wajah ini tidak bisa dianggap sepele apalagi bagi kulit yang sensitif dan gampang jerawatan. Kamu harus mengetahui cara yang tepat untuk membersihkan wajah. Lalu bagaimana metode cleansing yang benar? Caranya :

  1. Cucilah wajah minimal sehari 2x

Tidak bisa dipungkiri hal ini sangat penting bagi kesehatan wajah kita. Dengan rutin cuci muka wajah tentu lebih bersih dan terhindar dari hal hal yang membuat kulit wajah tidak oke. Cucilah wajah kamu minimal sehari 2x yaitu pagi sebelum beraktifitas dan malam sebelum tidur. Biasanya kalo malem kita males cuci muka karena capek setelah beraktifitas dan langsung tidur. Ini salah besar yaa karena wajah setelah aktifitas itu kotor sekali bahkan bila tidak cuci muka dulu akan menimbulkan jerawat biasanya.  

  1. Jangan lupa bersihkan sisa make up

Bila sisa make up yang kamu pakai tidak dibersihkan ini akan menimbulkan tertinggalnya sisa make up pada pori pori hal ini bisa beresiko untuk timbulnya jerawat.

  1. Sebaiknya gunakan air suam suam kuku untuk mencuci wajah

Ternyata membersihkan wajah yang tepat adalah dengan menggunakan air suam suam kuku. Hal ini dapat membuka pori pori kamu sehingga kotoran di wajah menjadi bersih dan terangkat semua.

  1. Berikan pijatan pijatan lembut pada wajah

Pemijatan lembut bagi wajah akan membantu kamu mengangkat debu dan sisa make up setelah beraktifitas. Lakukan pijatan selama kurang lebih 30 detik, kemudian bilas hingga bersih.

  1. Hindari menggosok muka dengan handuk.

Setelah selesai, keringkan wajah dengan menepuk-nepuk handuk dan bukan menggosoknya. Hal ini dikarenakan kondisi wajah yang telah dicuci akan terasa lembap dan dapat berisiko terkena iritasi apabila digosok dengan serat handuk yang cukup kasar.

  1. Cucilah tangan sebelum membersihkan wajah

Cucilah tangan kamu sebelum dipakai untuk mencuci wajah. Bila tangan kita kotor lalu ditambah dengan facial wash dan kotoran bercampur dengan facial wash ini ga akan membuat w3ajah bersih namun malah membuat kotor dan nambah masalah.

  1. Pilihlah facial wash yang cocok untuk jenis kulitmu

Pilihlah facial wash sesuai dengan jenis kulitmu. Contohnya kamu berminyak pilihlah yang untuk kulit berminyak bukan untuk kulit kering.

  1. Jangan mencuci wajah terlalu sering

Mencuci  wajah justru tidak baik untuk kesehatan kulitmu karena akan membuatnya menjadi kering dan iritasi. Bahkan untuk jenis kulit wajah berminyak, kulit akan semakin banyak memproduksi minyak jika dicuci terlalu sering. Untuk itu, kamu cukup mencuci wajah dua kali sehari saat pagi dan malam hari, atau cukup sekali sehari untuk jenis kulit kering.

  1. Jaga kebersihan handuk

Kebersihan handuk merupakan suatu hal yang penting juga karena bisa saja kotoran menempel di handuk dan menularkannya ke bagian wajah. Jagalah selalu kebersihan handuk minimal cuci seminggu sekali.

Setelah pembersih wajah hal yang tak kalah pentingnya adalah penggunaan toner. Tak kalah pentingnya dengan facial wah toner juga memberikan kontribusi yang besar bagi kesehatan kulit wajah. Dengan adanya toner, kulit menjadi lebih ternutrisi dan mempersiapkan kulit untuk pemakaian cream agar lebih meresap di kulit.

Toner sebaiknya tidak terlalu sering digunakan karena dapat mengikis minyak alami pada kulit dan membuat tubuh memproduksi lebih banyak kelenjar minyak untuk melembapkannya. Akibatnya pori-pori tersumbat dan timbul komedo serta jerawat. Idealnya toner cukup digunakan pada pagi dan malam hari, terutama bagi Anda yang memiliki kulit berminyak. Sebaiknya toner digunakan setelah membersihkan wajah dan sebelum serum/ produk lainnya.

Manfaat Toner bagi Kecantikan Wajah

1.       Sebagai penyegar wajah

Setelah membersihkan wajah dengan facial wash hal yang juga tak kalah pentingnya adalah menyemprotkan toner. Dengan penggunaan toner wajah menjadi lebih terlihat segar.

2.       Pembersih wajah

Selain dapat menyegarkan wajah, toner juga biasanya di jadikan sebagai langkah kedua untuk pembersih wajah, berbagai kotoran yang masih tersisa dapat terangkat sehingga wajah kamu bersih secara maksimal.

  1. Membuat Cream Cepet Meresap

Pengaplikasian toner sebelum menggunakan cream akan membantu mempercepat proses penyerapan cream kedalam kulit wajah, dibandingkan dengan tidak menggunakan toner maka cream akan lebih lama proses penyerapannya.

Adapun metode pemakaian toner yang tepat bisa dengan menyemprotkan toner ke area wajah lalu tepuk tepuklah dengan telapak tangan sampai dirasa meresap ke dalam wajah. Bila dirasa perlu gunakan cream yang kamu pakai setelahnya.