11 Tahapan Totok Wajah Sendiri di Rumah

totok wajah

Kelelahan setelah beraktifitas seharian kadang menjadikan wajah lebih terlihat capek dan kuyu dan tanpa kita sadari akan menimnulkan ketegangan dan tekanan pada tubuh. Biasanya aura wajah menjadi tidak terlihat. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mempraktekan gerakan totok wajah di rumah untuk mengembalikan kesegaran wajah. Dengan totok wajah ini wajah akan terlihat lebih segar lagi dan awet muda.

Totok wajah banyak sekali manfaatnya diantaranya membuat mata selalu indah dan bersinar, kulit wajah terlihat bercahaya, membuat Wajah menjadi semakin kencang dan terasa kenyal sehingga terus terlihat awet muda, mampu membantu mengurangi jumlah keriput dan mencegah datangnya keriput, mengurangi flek hitam, mampu mengobati alergi pada kulit dan mengurangi terlihatnya kantung mata.

Hal yang harus diperhatikan dalam totok wajah adalah jari jari yang lembut, jangan terlalu menekan suatu bagian karena ditakutkan malah terjadi memar. Gunakan 2 jari saja yaitu jari tengan dan jari manis. Hal yang menjadi fokus kita disini adalah otot wajah bukan tulang ya. Lakukan penekanan secara perlahan sambil menahan nafas, kemudian hembuskan sambil melepaskan tekanan tersebut. Ketika kamu ingin berpindah ke titik lain, jari kamu harus tetap menempel pada wajah.

Beberapa area wajah yang harus ditotok diantaranya atas mata, bawah mata, dahi atas, dahi tengah, pipi, dan dagu. Totok semua area tersebut secara bergantian supaya mendapat hasil optimal. Jari harus tetap menempel saat berpindah dari satu titik ke titik lain. Kurangi tekanannya saat berpindah ke area lain, namun jari tetap menempel.

Lalu bagaimana cara totok wajah yang tepat?

  1. Cici wajah dan bilas dengan air hangat agar pori-pori terbuka

Hal ini sangat penting dilakukan. Sebelum melakukan totok wajah, wajah kita harus bersih terlbih dahulu, pakailah sabun yang menurut kamu cocok, setelah pakai sabun kamu bisa membilasnya dengan air hangat agar pori-pori wajah terbuka.

 

  1. Tarik Nafas sampai kita merasakan relaks

Hal ini sangat mudah sekali di praktekkan, kamu cukup tarik nafas panjang dari hidung lalu keluarkan perlahan dari bagian mulit. Lakukan hal ini minimal 5x.

  1. Pijat Dahi dan Dagu

Pijat dahi ke arah luar, pijat dahi sebanyak 5 kali. Kemudian, tarik tangan ke bawah, kemudian dengan jari tengah dan jari manis lakukan gerakan memutar di dagu sebanyak 3 kali. Ulangi rangkaian gerakan ini sebanyak 5-10 kali. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi ketegangan otot wajah.

 

  1. Pijat Titik Diantara 2 Alis

Pijatlah tulang diatas idung, tepat di antara kedua alis. Lakukan gerakan memutar serah jarum jam selama 30 detik.

 

  1. Pijat Kedua Kening

Kamu bisa mempraktekkan cara ini dengan menyimpan kedua ujung jari di bagian rahang, setelah itu bagian laukukan pijat kening dengan jari telunjuk dan jari tengah lakukan gerakan memutar searah jarum jam selama 30 detik. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi ketegangan di sekitar kepala.

 

  1. Pijat Daerah Sinus

Posisi untuk cukup gampang, kamu bisa membalikkan tangan sampai jari-jari kamu berada di bagian telinga dan letakkan ibu jari kamu di bagian sekitar hidung. Lakukan pijatan lembut oleh ibu jari kamu ikuti tulang pipi dengan lembut. Ini bermanfaat agar nafas menjadi lega. Lakukan pijatan ini minimal 30 detik.

 

  1. Pijatlah di Garis Rahang 1

Caranya cukup mudah, simpanlah ibu jari kanan dan kiri di bagian leher dan keempat jari lainnya menmpel di bagian rahang kemudian lakukan pijatan yang lembut dan arahkan memutar ke bawah sampai kedua jari kelingking saling bertemu. Bisa dilakukan 5-10x pijatan.

 

  1. Pijat di Garis Rahang 2
  2. Posisikan ibu jari di bagian dagu dengan jari telunjuk menempel di bagian dagu. Pijatlah lembut ke arah atas Pijat lembut ke arah atas sampai otot pipi tertarik seperti saat tersenyum. Lakukanlah pijatan 5-10 kali. Pijatan ini bisa membantu mengencangkan otot pipi.

 

  1. Pijat Lembut sekitar Daun Telinga

Pijatlah dengan lembut di sepanjang pinggiran daun telinga dari atas hingga bawah. Pijat dengan ibu jari dan bagian telunjuk Lakukan pijatan sampai 5-10 kali. Manfaatnya adalah memperbaiki organ-organ penting dalam sistem tubuh juga mengurangi kelelahan kaki dan tangan kamu.

 

  1. Pijatlah sekitar dahi kembali

Pijatlah dahi dengan menggunakan jari-jari tangan ke arah luar. Lakukan minimal 5x kemudian tariklah tangan ke bawah, setelah itu lakukan gerakan memutar di dagu dengan menggunakan jari tengah dan jari manis sebanyak 5x. Manfaatnya  mengurangi ketegangan otot pada wajah kamu.

 

Itulah beberapa cara yang tepat untuk melakukan totok wajah. ternyata totok wajah ini bganyak sekali manfaatnya yaaa. Selain untuk kesehatan juga memenag bermanfaat untuk kecantikan. Semoga bermanfaat.