10 Cara Hilangkan Komedo Tanpa Uap Panas

hilangkan komedo

Komedo merupakan jenis jerawat juga yang banyak dialami hampir setiap orang. Walaupun tidak senampak jerawat namun komedo juga sangat mengganggu penampilan lho. Komedo adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (Blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Komedo ada 2 jenis yaitu komedo hitam dan komedo putih. Komedo hitam berwarna hitam karena mengandung melanin yang membuat warnanya menjadi hitam. Pada dasarnya komedo hitam ini merupakan komedo putih saat pertama kali muncul pada permukaan kulit wajah. Namun pengaruh oksidasi udara membuatnya berubah warna menjadi hitam.

 

Berbeda dengan komedo hitam yang terletak diluar kulit, komedo putih justru terletak di dalam pori-pori kulit. Komedo putih tidak mengalami oksidasi udara karena letaknya di dalam, namun memiliki epitel yang mirip akar dalam pori-pori.

Cara Menghilangkan komedo tanpa uap panas antara lain :

  1. Menggunakan Putih Telur

Seperti telah diketahui banyak orang sebelumnya bahwa putih telur telah banyak dimanfaatkan dalam dunia kecantikan salah satunya untuk menghilangkan komedo. Bagaimana caranya? Gampang sekali hanya dengan memisahkan putih dan kuning telur lalu oleskan putih telur tersebut pada wajah yang telah dibersihkan. Biarka mengering sekitar 10-15 menit setelah itu bilas dengan air bersih. Agar hasil maksimal gunakan masker putih telur ini seminggu 2x.

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Segudang fungsi yang lidah buaya punya tidak luput dari khasiatnya menghilangkan komedo lho. Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut dan kecantikan kulit wajah. Lalu bagaimana cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya? Kamu hanya perlu penyiapkan sebatang lidah buaya lalu potong ambil gel nya oles ke bagian wajah yang berkomedo biarkan mengering lalu bilas dengan air bersih.

  1. Menggunakan Lemon

Seperti yang kita ketahui bahwa lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan vitamin c yang tinggi ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo. Caranya mudah sekali iris lemon menjadi beberapa bagian lalu oleskan irisan lemon tersebut ke bagian yang berkomedo. Setelah itu pijatlan wajah lalu keringkan dengan air bersih.

  1. Pasta Gigi

Caranya juga gampang Bersihkan kulit wajah dengan menggunakan air hangat. Ambil pasta gigi secukupnya lalu campurkan dengan garam secukupnya, aduk hingga merata. Oleskan campuran pasta gigi dengan garam pada bagian wajah yang berkomedo secara merata. Gosok wajah halus  lalu bersihkan dengan air bersih.

  1. Menggunakan Pepaya

Pepaya dipercaya mampu membantu untuk mengatasi masalah komedo. Begini caranya :

Potong dan haluskan pepaya sampai menjadi masker. Oles ke bagian wajah tunggu beberapa saat lalu bilas dengan air. Lakukan hal ini sebelum tidur.

  1. Kacang Kedelai

Kacang kedelai kaya akan serat dan dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo. Cara penggunanya sebagai berikut: caranya bersihkan kacang kedelai lalu haluskan (bisa menggunakan blender) campurkan dengan sedikit air sampai menyerupai masker. Setelah itu oles di bagian wajah diamkan sekitar 30 menit lalu bilas.

  1. Menggunakan Baking Soda

Baking soda berfungsi membersihkan kulit dari kotoran dan kuman yang hinggap di wajah. Caranya : Campur dua sendok teh baking soda dengan air matang untuk membuat pasta. Oleskan pasta tersebut pada daerah kulit yang terdapat komedo disertai pijatan yang lembut. Biarkan kering selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini 1-2 kali seminggu.

  1. Menggunakan Teh Hijau

Teh hijau juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Teh hijau mengandung antioksidan tinggi serta enzim, asam amino dan fitokimia seperti polifenol yang bagus untuk mengusir bakteri penyebab komedo. Caranya : Campurkan satu sendok daun kering teh hijau dengan sedikit air, lalu hancurkan. Gosok secara lembut campuran tersebut di area yang terdapat komedo selama 2-3 menit. Scrub alami ini dalam membersihkan kulit dari minyak berlebih dan membantu membuka pori-pori agar komedo bisa keluar. Bilas dengan air hangat.

  1. Madu dan Susu

Susu memiliki asam laktat yang dapat membuat kulit lebih lembut. Sedangkan madu memiliki sifat antibakteri. Keduanya bagus untuk menghilangkan komedo dengan cepat. Caranya gampang sekali, ambil 1 sendok susu dan madu murni lalu panaskan tunggu sampai menjadi seperti pasta. Tunggu sampai dingin lalu oles ke bagian wajah tunggu mengering lalu bilas dengan air bersih.

  1. Kayu Manis Bubuk

Kayu manis dapat digunakan untuk menghilangkan dan mencegah komedo. Caranya cukup mudah  Campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis dan jus lemon. Oles di bagian wajah tunggu kering lalu bersihkan dengan air bersih.

Tips Mencegah Komedo Datang Kembali

  1. Bersihkan wajah secara teratur minimal sehari 2x
  2. Hindari polusi berlebih, kamu bisa gunakan masker untuk mencegah polusi udara nempel di kulit.
  3. Kurangi makanan yang berminyak seperti cokelat, goreng-gorengan, dan fast food.
  4. Bersihkan wajah sebelum tidur terutama sisa sisa make up.