Pengaruh Teh dan Kopi untuk Program Diet

ireztia

Kopi merupakan minuman yang tak asing lagi di telinga kita. Banyak sekali varian kopi akhir akhir ini dan dengan maraknya tempat tempat minum yang menyediakan variasi kopi secara lengkap. Tak hanya rasanya yang enak kopi juga ternyata memiliki pengaruh untuk diet. Apa sajakah itu? Yuk simak :

  1. Menurunkan berat badan

Salah satu komponen yang pasti ada dalam kopi adalah zat kafein. Zat ini yang membuat anda ketagihan sebab efek samping dari kafein sendiri adalah menimbulkan sifat candu. Ternyata kafein dalam manfaat kopi untuk diet dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga kerja sistem tubuh juga semakin cepat. Oleh karena itu tubuh memerlukan banyak kalori yang harus dibakar. Akibatnya banyak lemak yang harus dikorbankan sebagai penyedia energi. Dari segi inilah kafein mampu menstimulasi tubuh untuk melakukan pembakaran lebih banyak.

  1. Menu untuk Diet

Kopi memiliki rasa yang pahit dan itu cocok untuk diet. Rasa pahit tersebut menjadi indikasi bahwa kandungan kalori yang rendah. Sehingga mengurangi resiko dari kegemukan. Lain cerita kalau kamu  tetap menjadikan kopi dengan rasa manis. Kamu memasuki program diet, namun masih menggunakan gula yang memicu tingginya kalori. Cara ini gagal untuk menjadikan kopi menu diet.

  1. Pengisi perut

Kopi meskipun memiliki kandungan rendah kalori serta minim gula, ternyata juga berpengaruh pada nafsu makan. Ketika kamu meminum secangkir hangat kopi, rasa pahit tersebut membekas di lidah. Secara efek psikologis, mampu menurunkan tingkat nafsu makan kamu. Oleh karena itu kebanyakan orang tua yang melewatkan sarapan pagi hanya dengan secangkir kopi sudah merasa kenyang.

  1. Menjaga tubuh

Orang yang memasuki tahap diet, mereka mengurangi porsi makan nasi dan segala macam makanan yang mengandung banyak kalori. Kadang mereka memaksakan perut untuk tidak mengkonsumsi apapun, kecuali minuman. Salah satu solusi trik jitu anda dengan memilih manfaat kopi untuk diet. Kandungan antioksidan dalam flavonoid dan asam chlorogenik mampu menangkal radikal bebas. Sehingga membantu mempertahankan kesehatan tubuh.

  1. Memperbaiki Mood

Banyak orang diet mengaku stress ketika diet yang dilakukan tak kunjung memberikan hasil. Mereka akan kehilangan mood apalagi untuk melakukan aktivitas kewajibanya. Salah satu menanggulanginya dengan secangkir kopi dapat memperbaiki mood. Menurut penelitian di Harvard, kandungan dopamine dan serotonin yang dihasilkan kafein mampu melepaskan diri dari otak dan membuat anda bahagia.

  1. Mengurangi resiko Diabetes

Kebanyakan penderita diabetes memiliki kelebihan berat badan lebih. Manfaat kopi untuk diabetes dengan mengkonsumsi kopi sehari mencapai 4 cangkir mampu menurunkan resiko diabetes (bagi yang memiliki kelebihan berat badan). Hal ini terjadi karena asam chlorogenic dan trigonelline yang terkandung dalam kopi meningkatkan produktivitas insulin.

  1. Mengurangi masalah kolesterol

Kolestrol sudah menjadi masalah umum bagi orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan. Pasalnya kandungan makanan yang biasa mereka konsumsi memiliki kandungan kolestrol tinggi. Oleh karena itu, konsumsi kopi instan mampu mengontrol kolestrol anda. Sebab dalam kopi instan, kandungan cafestol dan kahweol sudah diserap dalam kertas.

  1. Pengganti nasi sementara

Konsumsi kopi mampu digunakan untuk mengganti nasi. Sebab kandungan kafein memicu untuk membakar kalori lemak. Sehingga ketika sebelum olahraga anda meminum secangkir kopi, energi yang tersimpan cukup untuk stamina anda. Jadi sangat cocok untuk menggantikan nasi sementara waktu.

Perlu di ingat ketika anda mengkonsumsi kopi :

  • Penambahan gula dan krim cukup

Jika anda menyukai kopi dengan rasa pahit, tentu tidak memerlukan tambahan gula dan krim. Sayangnya jika anda sedang dalam program diet, penambahan gula terlalu banyak juga merusak program diet anda. Untuk itu solusinya tambahi takaran gula cukup saja.

  • Imbangi air putih

Kandungan dalam kopi mampu membuat diri anda dehidrasi. Untuk itu, setelah minum kopi imbangilah diri anda dengan meminum segelas air putih. Hal ini mencegah tubuh anda kekurangan air dan mineral.

  • Barengi makanan penetral

Sudah disebutkan bahwa manfaat kopi untuk diet mampu mencegahn selara makan. Meski begitu lantas anda hanya konsumsi segelas kopi tanpa apapun. Hal ini justru tidak baik untuk anda, bahkan merusak sistem tubuh. Solusinya dengan konsumsi makanan yang mengandung sayuran. Misalnya salad dan buah. Kedua makanan ini mampu melengkapi kebutuhan nutrisi anda.

  • Kendalikan Minum Kopi

Paling susah dilakukan adalah mengendalikan diri untuk tidak meminum kopi. Konsumsi setiap hari ternyata menaikkan resiko penyakit jantung. Kadar kafeinnya bekerja tidak baik pada tubuh jika anda terus-terusan dikonsumsi.

Cara Diet dengan Kopi

  1. Sangat baik apabila setelah sarapan Anda di anjurkan untuk mengkonsumsi kopi dengan tujuan untuk meminimalisir nafsu makan sehingga Anda tidak melakukan konsumsi makan secara berlebih di waktu makan berikutnya. Konsumsilah kopi hijau yang memiliki khasiat untuk diet, daripada Anda mengkonsumsi kopi yang sekedar terasa enak tapi tidak ada khasiatnya. Sama-sama konsumsi kopi, pilih kopi yang ada khasiatnya. Pastikan Anda selalu punya stok bubuk kopi hijau di rumah jika Anda benar-benar serius ingin menurunkan berat badan.
  2. Konsumsilah setelah makan siang. Hampir sama tujuannya ketika minum kopi pada siang hari dengan minum kopi pada pagi hari. Yakni sama-sama menekan nafsu makan untuk waktu makan berikutnya.
  3. Kebiasaan buruk ketika malam setelah makan adalah ngemil. Mengapa? Karena dengan ngemil maka lemak yang ada di dalam tubuh sebagai hasil mengkonsumsi camilan akan menumpuk. Penumpukan lemak ini menjadi sangat maksimal karena setelah ngemil tubuh digunakan untuk istirahat. Tidak ada aktifitas fisik sehingga tidak ada energi yang terbakar. Maka dari itu, gantilah kegiatan ngemil anda dengan minum kopi.
  4. Mengurangi krim dan gula. Yang jelas kedua unsur ini apabila kita konsumsi dalam jumlah yang berlebih akan menciptakan kalori yang tinggi dalam tubuh. Maka kemudian lemak akan semakin banyak. Kedua unsur ini juga yang biasanya banyak terkandung di dalam camilan.
  5. Kombinasikan konsumsi kopi dengan air putih. Apabila anda hanya terus-terusan minum kopi saja tanpa minum air putih yang juga cukup maka tubuh akan mudah sekali kehilangan cairan sehingga mengakibatkan dehidrasi. Hal ini tidak baik juga karena dehidrasi dapat memberikan resiko kesehatan yang tidak baik. Oleh karenanya minumlah air putih setelah Anda minum kopi.

Selain kopi yang sering disebut-sebut bisa untuk diet adalah teh. Sama halnya dengan kopi, teh juga sangat familiar di telinga kita. Bagi seseorang yang sedang atau pernah menjalani sebuah diet, pasti tahu bahwa teh memberi pengaruh terhadap diet. Menyeruput secangkir teh dapat mempengaruhi ukuran pinggang kamu. Karena teh merupakan minuman rendah kalori yang dapat membantu merangsang pembakaran lemak.

Berikut adalah hal yang perlu kamu ketahui tentang pengaruh teh terhadap diet  :

  • Kafein Dalam Teh

Semua jenis teh mengandung kafein di dalamnya, namun berapa besar kadar kafein tersebut tergantung pada bagaimana teh diproses dan bagaimana teh tersebut di seduh.

  • Menambahkan Susu ke Dalam Teh

Jika kamu memilih untuk menambahkan susu ke dalam teh, jenis susu yang Anda tambahkan akan membuat perbedaan dalam diet dan berat badan Anda. Meskipun kamu hanya sedikit dalam menambahkannya, namun minum dua atau lebih setiap hari akan meningkatkan lemak susu.

  • Teh Minuman Rendah Kalori

Jika kamu membeli teh di toko, anda akan mendapatkan teh manis. Oleh karena itu buatlah sendiri teh bebas gula yang dapat membantu Anda mempertahankan berat badan  dan menambah nutrisi pada diet kamu. Jika ingin lebih memiliki rasa, kamu dapat menambahkan lemon atau kayu manis.

Itulah beberapa pengaruh kopi dan teh untuk program diet. Semoga bermanfaat.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply