Apakah Diet GM Aman Untuk Kesehatan Tubuh ??

ireztia

Diet General Motors (GM) mampu menurunkan berat badan 5-8 kg dalam seminggu. Untuk kamu yang mau menjalankan diet GM, cari tahu dahulu larangan dan anjurannya.

Apa itu Diet General Motors?

Diet GM dirancang untuk menurunkan berat badan sekitar 5-8 Kg dalam satu minggu. Diet GM juga bersifat detoksifikasi serta memperbaiki pola makan serta emosi. Diet GM merupakan program diet selama 7 hari penuh dengan menu jenis makanan yang berbeda setiap harinya. Selama masa diet harus minum air putih minimal 10 gelas setiap hari dan tidak minum alkohol selama program diet berlangsung.

Banyak sekali diet yang sangat membosankan dengan menu yang sama atau tiba-tiba prosinya sangat sedikit. Diet ini rawan gagal karena biasanya kita ga tahan kelaparan, diet GM ini mengganti dan mengatur bahan-bahan makanan yang harus disantap hingga 7 hari.

Diet GM pertama kali diluncurkan untuk para karyawan perusahaan otomotif ternama, yaitu perusahaan General Motors, Amerika Serikat.  Program diet 7 hari ini diuji lapangan oleh John Hopkins Research Center dan hasilnya telah disetujui oleh jajaran manajemen puncak General Motors. Program diet ini berhasil menaikkan derajat kesehatan dan kebugaran jajaran manajemen General Motors, sekaligus menaikkan daya saing produk General Motors

Diet GM merupakan program diet selama 7 hari penuh dengan menu dan bahan yang berbeda setiap harinya. Selama masa diet, kita harus minum air putih minimal 10 gelas setiap hari dan tidak minum alkohol. Diet GM dapat diulang sekali sebulan tanpa mengganggu keseimbangan gizi.

Apa sajakah yang perlu dilakukan selama diet GM?

Hari Pertama: Buah-buahan, kecuali pisang.

Di hari pertama ini kita hanya dibolehkan makan buah-buahan apa saja kecuali pisang. Makanlah hingga kenyang. Sangat disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak buah melon dan semangka yang kandungan airnya tinggi.

Hari Kedua: Sayur-sayuran

Hari kedua kita hanya dibolehkan makan sayur-sayuran. Sayur apa saja baik, segar maupun dimasak sebentar. Bisa dimasak tumis, sup, ataupun rebus dan kukus. Dibuat pecel atau karedok juga boleh asalkan bumbu kacangnya sedikit saja. Tidak ada batasan untuk jumlah ataupun macam sayuran. Makanlah hingga kenyang.

Hari Ketiga: Sayur dan Buah

Di hari ketiga, kita bisa mencampur menu sayuran dan buah-buahan. Tidak ada batasan untuk jumlahnya, yang penting jangan sampai lapar. Tetapi tetap kita tidak boleh mengonsumsi buah pisang.

Hari Keempat: Pisang dan Susu

Di hari keempat, giliran kita harus mengonsumsi pisang sejumlah 8 buah ditambah 3 gelas susu dalam sehari. Makanan lain tidak diperbolehkan. Bila Mama allergi terhadap susu sapi (Lactose intolerance), ganti dengan susu kedelai. Bila tidak suka makan pisang, bias diganti dengan jambu biji masak, kiwi, atau melon.

Hari Kelima: Daging atau Filet Ikan dan Tomat

Menu hari ini adalah 500 g daging sapi dan 6 buah tomat untuk konsumsi tiga kali makan utama. Daging burger atau daging cincang dibolehkan. Jangan lupa konsumsi air putih minimal 10 gelas sehari atau lebih untuk membersihkan sistem pencernaan. Daging sapi bisa diganti dengan daging ayam tanpa kulit atau tempe bagi yang vegetarian.

Hari Keenam: Daging atau Filet Ikan dan Sayuran

Di hari keenam, menu yang wajibnya adalah kombinasi sayuran dan daging atau Ikan (filet) dalam jumlah secukupnya.

Hari Ketujuh: Beras Merah, Jus buah, dan Sayuran

Di hari terakhir, menunya terdiri atas beras merah (beras dengan kandungan serat yang tinggi), jus buah, serta sayuran (segar atau dimasak sebentar).

Hal Penting untuk diingat saat jalani diet GM:

Resep ini cukup dilakukan sekali sebulan. Ya sebulan sekali. Tidak lebih. Kita bahkan  tidak perlu keluar banyak uang dan waktu saat melakukan diet ini. Diet GM bisa menjadi salah satu solusi untuk mereka yang butuh penurunan berat badan secara cepat tanpa harus mengkhawatirkan rasa lapar ataupun bosan.

Diet GM tidak disarankan para ahli

Diet GM dikritik oleh para ahli. Salah satunya Elaine Turner, ilmuwan gizi dari University of Florida. Diet GM memang akan memangkas berat badan cukup signifikan dalam 7 hari. Tapi dampak buruknya, Anda akan kekurangan nutrisi selama menjalaninya.

Belum lagi, ketika stop Diet GM, bobot tubuh Anda akan bertambah dengan cepat. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics yang dikutip Livestrong, diet GM sebaiknya dihindari. Sebab, diet ini tidak menganjurkan olahraga. Hanya klaim bahwa makanan tertentu dapat memicu penurunan berat badan.

Pada akhirnya, cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya adalah dengan mengontrol makan dan olahraga teratur.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply